Cangar..Rute Alternatif Menuju Kota Wisata Batu | WISESATRAVEL.COM

Cangar..Rute Alternatif Menuju Kota Wisata Batu

Kota Batu-Malang memang dikenal sebagai salah satu kota wisata yang mempunyai berbagai destinasi wisata yang bisa kita kunjungi sebut saja Sengkaling, Songgoriti, Selecta, Jatim Park I dan II, Secret Zoo, Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS) dan beberapa destinasi wisata alam seperti Coban Rondo, Coban Talun dan lain-lain. Jadi tidak heran pada saat-saat tertentu seperti weekend, liburan hari-hari besar, libur akhir tahun maupun liburan sekolah kawasan wisata Batu akan diserbu pengunjung yang berasal dari kota-kota yang berada di sekitarnya. Sehingga luapan pengunjung tidak akan bisa di bendung, dan efeknya sudah pasti kemacetan yang mendera sepanjang perjalanan menuju kota wisata ini. Namun sobat traveler khususnya yang berasal dari kota Surabaya dan kota-kota sekitarnya harus berpikir sedikit jernih :D karena kemacetan bukanlah sebuah penghalang untuk tetap bisa berkunjung ke kota wisata Batu Malang, masih banyak jalan menuju Roma..begitu kata sebuah pribahasa yang biasa kita dengar :).

Dengan kondisi geografis yang berdekatan dengan kota-kota lain di sekelilingnya, kota Batu memang menjadi satu kota tujuan yang bisa diakses dari manapun, bisa dari kota Kediri, Jombang, Blitar, atau dari kota Surabaya, Gresik, Lamongan dan kota-kota lain. Khusus dari kota Surabaya, Gresik, Lamongan dan kota lain di sekitarnya, kota wisata Batu-Malang selain bisa diakses dari jalur utama kota Surabaya ke Batu-Malang juga dapat di akses melalui kota Mojekerto melalui jalur Cangar. Jalur ini merupakan jalur alternatif yang sering dipergunakan oleh semua orang bila jalur utama Surabaya ke Malang mengalami kemacetan yang padat. Namun perlu diingat, jalur Cangar adalah jalur pegunungan dengan kontur jalan yang turun dan naik serta berkelok-kelok, sehingga kesiapan sarana transportasi yang anda pergunakan harus benar-benar diperhatikan baik itu menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau kendaraaan roda dua. Karena bila sarana transportasi yang anda pergunakan tidak layak atau tidak dalam kondisi yang prima sudah bisa dipastikan anda akan mengalami kesusahan sendiri karena kendaraan mogok di tengah perjalanan, dan dalam kondisi yang ekstrem bisa mengalami kecelakanaan dalam perjalanan yang tentunya kondisi ini sangat tidak anda inginkan bukan? 

Rute Alternatif Cangar-images kompasiana.com
Jalur alternatif Cangar menuju kota Batu bisa ditempuh dari Surabaya-Krian-Prambon-Mojosari-Pacet, dari Bundaran Pacet mengambil rute ke kanan selanjutnya mengambil jalan ke kiri melewati jembatan besar pertama atau biasa di sebut jembatan kali Kromong. Dari sini rute tanjakan akan terus anda lalui sehingga kesiapan kendaraan dan lebih lebih keahlian driver yang berpengalaman sangat anda butuhkan. Melewati desa pertama kita akan bertemu dengan satu kawasan yang banyak terdapat warung-warung di sebelah kiri jalan. Setelah melalui kawasan warung-warung ini sobat traveler akan di hadapkan kembali pada tanjakan memasuki hutan dengan sebelah kanan dan kiri ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang, namun pada saat musim hujan bisa juga rawan longsor. Rute jalan dengan hamparan pepohonan akan terus kita lalui dan kita akan menemukan kembali jembatan besar yang biasa di pergunakan para traveler yang melintasi jalur ini untuk beristirahat. Sebelumnya juga akan kita temukan wana wisata air terjun Coban Watu Ondo, bagi yang memiliki waktu luang bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun ini. Setelah puas beristirahat perjalanan dapat kita lanjutkan, dengan melalui rute tanjakan yang masih berada di kawasan hutan Tahura R. Soerjo sampai kita temukan wana wisata pemandian air panas Cagar, dari pemandian ini terdapat lagi satu tanjakan yang lumayan tinggi yang harus kita lalui sampai bertemu sebuah bangunan pabrik yang tidak terpakai dan merupakan tanjakan terakhir bila kita melalui rute Cangar dari arah Pacet Mojokerto. Rute selanjutnya berupa turunan yang berkelok-kelok hingga sampai alun-alun kota wisata Batu.

Menuju kota wisata Batu melalui rute Cangar sangat mengasyikkan, karena sepanjang perjalanan kita akan dapat menyaksikan panorama hutan dan gunung yang masih hijau alami, serta areal perkebunan sayur mayur yang menghampar hampir di sepanjang jalan mendekati kota Batu, ditambah lagi rute jalan yang turun naik dan berkelok-kelok seakan memberikan sensasi sendiri bagi kita yang melaluinya. Namun perlu benar-benar diperhatikan bahwa rute alternatif ini sangat membutuhkan kesiapan baik kesiapan kendaraan yang kita pergunakan maupun kesiapan mental dari para drivernya karena kita akan dihadapkan pada rute jalan yang menantang, jadi harus benar-benar meminimalkan kesalahan agar kita bisa tetap selamat sampai tujuan di kota Batu. Dan yang paling utama jangan pernah sekali-kali memaksakan kondisi kendaraan anda, bila kondisi kendaraan memang sudah tidak memungkinkan ada baiknya anda memutar kembali rute anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri anda dan keluarga tercinta. Selamat menikmati rute perjalanan melalui rute Cangar, tetap berhati-hati dan selalu lah waspada dengan segala kondisi.

0 Response to "Cangar..Rute Alternatif Menuju Kota Wisata Batu"

Posting Komentar