Merubah Jadwal dan Membatalkan Tiket Kereta Api yang terlanjur di Beli | WISESATRAVEL.COM

Merubah Jadwal dan Membatalkan Tiket Kereta Api yang terlanjur di Beli

Moda transportasi darat terutama kereta api saat ini masih menjadi perimadona bagi masyarakat untuk menggunakan sarana transportasi ini, karena disamping harganya terjangkau kereta api melalui PT. KAI sudah semakin berbenah. PT. KAI selaku pengelola perkereta apian di Indonesia sudah benar-benar berusaha mengutamakan pelayanan demi pengguna sarana transportasi ini. Berbagai peraturan baru di tetapkan,  serta sarana pendukung dibangun dan diperbaiki demi kenyamanan pengguna kereta api. Perlu kita ketahui bersama bahwa tidak hanya tiket pesawat saja yang bisa di rubah jadwal atau dibatalkan penerbangannya, tiket kereta api pun demikian perbedannya mungkin hanpa pada nama penumpang saja, bila kereta api semenjak September 2012 nama penumpang yang tertera dalam tiket sudah tidak bisa di rubah, namun di tiket pesawat masih memungkinkan untuk merubah nama yang tertera dalam tiket. Perubahan jadwal dan pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan di semua kelas, baik ekonomi, bisnis ataupun ekskutif dengan jarak menegah atau jauh. Setelah mengetahui cara merubah jadwal dan membatalkan tiket pesawat yang telah di beli, berikut beberapa langkah dan persyaratan agar kita dapat merubah jadwal dan membatalkan keberangkatan tiket kereta api yang sudah terlanjur kita beli : 
Merubah Jadwal dan Membatalkan Tiket Kereta Api Yang Sudah Terbeli
Perubahan Jadwal Tiket KA
Perubahan jadwal keberangkatan kereta api dapat dilakukan maksimal satu jam atau 60 menit sebelum keberangkatan dan perubahannya harus di lakukan di semua loket stasiun online di Indonesia. Apabila perubahan dilakukan kurang dari waktu tersebut maka tiket dianggap hangus, langkah yang pertama dilakukan adalah mengisi formulir permohonan perubahan jadwal di loket stasiun, dengan menyertakan fotocopy identitas yang berlaku sesuai dengan nama yang tertera dalam tiket. Perubahan jadwal keberangkatan dapat dilakukan pada semua tarif, bila perubahan tiket kereta api dilakukan dengan tarif yang lebih tinggi, maka penumpang harus membayar selisih harga tiket lama denga tiket baru, namun bila perubahan ini menggunakan tarif yang lebih rendah maka akan dianggap sama, jadi tidak ada pengembalian dari selisih harga tiket baru yang lebih murah dengan tiket lama yang lebih mahal. Untuk proses perubahan tiket kereta api dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket.

Pembatalan Tiket KA
Untuk melakukan pembatalan tiket KA hanya bisa dilakukan di semua stasiun online di Indonesia, dan waktu untuk melakukan pembatalan tersebut adalah maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang tertera dalam tiket, bila pembatalan tiket KA kurang dari waktu tersebut tiket dianggap hangus. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir permohonan pembatalan tiket dan menyerahkan tiket yang akan dibatalkan dengan menyertakan fotocopy identitas yang berlaku sesuai dengan nama yang tertera dalam tiket. Biaya administrasi untuk pembatalan tiket sebesar 25% dari harga tiket. Proses pengembalian dana tiket membutuhkan waktu 30-45 hari kerja, dan prosesnya bisa di ambil secara cash atau melalui transfer bank. Jika pengembalian dana tiket diinginkan secara cash pada saat mengisi formulir permohonan pembatalan tiket mencantumkan nama stasiun tempat pengambilan dana tersebut, dan jika menginginkan pengembalian melalui transfer di haruskan mencantumkan nama bank dan nomor rekening pada formulir tersebut.

Demikian sedikit info dari kami, semoga bisa bermanfaat, selalu berhati-hatilah dalam perjalanan karena kejahatan tidak hanya terjadi karena kelengahan kita, tapi juga karena ada kesempatan.

0 Response to "Merubah Jadwal dan Membatalkan Tiket Kereta Api yang terlanjur di Beli"

Posting Komentar