Touring Mengunjungi Pemandian Air Panas Cangar | WISESATRAVEL.COM

Touring Mengunjungi Pemandian Air Panas Cangar

Bagi sobat-sobat traveler yang gemar melakukan touring dengan motor, dapat mencoba rute menantang dari Pacet-Cangar-Batu serta mengunjungi Sumber Air Panas Cangar. Rute jalan yang naik turun dan berkelok-kelok akan menguji nyali dan membawa sensasi tersendiri bagi sobat traveler yang melaluinya. Mengingat jalan yang akan kita lalui cukup berbahaya, ada baiknya sebelum touring dilakukan sobat traveling mengetahui tips touring dengan motor dan yang paling penting mempersiapkan kendaraan yang akan anda bawa sebaik-baiknya. Cek kembali segala perlengkapan mulai mesin kendaraan, oli mesin, rantai, kondisi ban dan terutama rem kendaraan yang akan anda pakai karena bagaimanapun juga keselamatan adalah yang menjadi prioritas utama dalam melakukan aktifitas touring dengan motor. Bila semua persiapan telah sobat traveler lakukan termasuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman untuk menemani saat diperjalanan, kini saatnya untuk melakukan perjalanan yang sebenarnya, akan lebih baik kalau touring dilakukan bersama-sama dengan beberapa teman atau sahabat yang mempunyai kegemaran yang sama agar perjalanan menjadi lebih berwarna, karena akan ada senda gurau dan canda tawa yang menghiasi disaat kita sedang beristirahat. 

Touring Mengunjungi Pemandian Air Panas Cangar
Rute awal yang kita ambil dari Surabaya menuju Krian, di lampu merah setelah pasar atau Ramayana Krian kita mengambil jalan ke kiri yaitu melalui rute Prambon-Mojosari-Pacet. Kondisi jalan dari belokan setelah Ramayana Krian menuju Prambon meskipun terbilang lebar sobat traveler harus berhati-hati karena sedikit bergelombang. Kita ikuti terus rute jalan ini sampai menuju Mojosari, memasuki Mojosari jalanan yang akan tempuh mulai sedikit menanjak namun tanjakan tidak langsung tinggi melainkan landai tetapi terus menanjak sampai dengan memasuki daerah wisata Pacet. Sesampai di bundaran Pacet sobat traveler dapat beristirahat sejenak, sekedar minum atau paling tidak mendinginkan mesin kendaraan untuk beberapa saat. Setelah puas beristirahat sobat-sobat dapat melanjutkan perjalanan dengan rute dari bundaran Pacet mengambil jalan ke kanan dan selanjutkan ke kiri sesuai penunjuk arah jalan ke arah Batu melewati sebuah jembatan besar. Dari rute ini kita akan terus melalui belokan dan kelokan serta tanjakan yang sangat membutuhkan kondisi kendaraan yang prima dan kemampuan mengendarai motor yang baik. Selama perjalanan kita akan dapat melihat pemandangan hutan yang hijau dan menyegarkan mata, bila beruntung kita juga bisa menyaksikan segerombolan kera hutan yang turun ke jalan. Udara yang sejuk akan membuat kita nyaman dalam berkendara, jadi sobat traveler tidak perlu memacu kendaraan kencang-kencang, menikmati perjalanan akan lebih nyaman daripada harus menggeber laju kendaraan. Setelah melewati dua jembatan besar lagi sobat traveler akan menemukan lokasi satu wisata alam yaitu Sumber Air Panas Cangar.

Bila rencana awal adalah mengunjungi Sumber Air Panas Cangar, sobat-sobat dapat langsung memarkir kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan oleh pengelola Wisata Sumber Air Panas Cangar. Wisata Cangar ini lebih tepatnya berada di Dusun Cangar Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu berada di ketinggian 3000 meter diatas permukaan laut, dengan suasana yang nyaman karena berhawa sejuk khas udara pegunungan. Sumber air panas Cangar sendiri berasal dari mata kaki gunung Welirang, rindangnya pepohonon yang berada di sekeliling lokasi air panas Cangar dan kicauan burung hutan akan membuat suasana semakin asri dan permai. Setelah beberapa jam lelah berkendara, berendam di air panas yang mengandung belerang ini dapat menghilangkan pegal-pegal dan akan membuat kita kembali relax. Air Panas Cangar masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo, selain air panas Cangar di sekitar area ini juga banyak ditemukan goa-goa buatan peninggalan masa pendudukan Jepang di Indonesia antara tahun 1942-1945. Puas berendam di air panas Cangar sobat traveler dapat mencoba makanan khas daerah sini yaitu Tape Ketan Hitam atau menyantap makanan lain yang banyak di sajikan di warung-warung yang berada di sekitar lokasi pemandian Cangar. Di weekend hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur dan hari-hari besar pemandian air panas Cangar ini akan banyak dikunjungi berbagai kalangan yang berasal dari kota sekitar Batu, Kediri, Surabaya bahkan kota-kota lain.

Setelah puas berada di lokasi pemandian air panas Cangar sobat traveler dapat melanjutkan perjalanan kembali menuju kota Wisata Batu atau kembali menuju kota Surabaya melalui jalur yang tadi kita lalui menuju Cangar. Selamat menikmati perjalanan touring anda, selalu waspada dan berhati-hati di perjalanan karena keselamatan adalah yang paling utama dari sebuah perjalanan, jangan memaksakan kendaraan anda bila kondisinya memang sudah tidak memungkingkan karena mengingat kondisi jalanan yang berbahaya. Tetap fokus dan selalu lestarikan alam kita dengan tidak membuang sampah sembarangan, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Touring Mengunjungi Pemandian Air Panas Cangar"

Posting Komentar