6 Tips Aman dan Nyaman Naik Taxi | WISESATRAVEL.COM

6 Tips Aman dan Nyaman Naik Taxi

Berbagai sarana transportasi darat bisa di gunakan oleh traveler untuk menunjang kegiatan travelingnya, mulai kereta api, bus, travel ataupun taxi. Taxi lebih sering dipergunakan oleh traveler untuk mengantarkan mereka ke tujuan-tujuan dalam kota, dari dan ke bandara, atau dari dan ke pelabuhan serta ke terminal bus terdekat. Sebagaian orang rela membayar lebih mahal untuk memperoleh keamanan dan kenyamanan dengan naik taxi, karena dinilai lebih mempunyai privasi tersendiri dibanding angkutan umum lainnya. Namun pada kenyataannya, seringkali pilihan untuk menggunakan sarana transportasi ini tidak sesuai dengan harapan. Ada beberapa oknum pengemudi taxi nakal yang mengakibatkan penumpang tidak memperoleh kenyamanan dan keamanan meskipun mereka rela membayar lebih mahal untuk naik taxi. Oknum pengemudi ini seringkali tidak menggunakan argo untuk mengangkut penumpang, berpura-pura tidak mempunyai uang kembalian, atau penumpang sering dilewatkan jalan berputar-putar meskipun ada jalan yang lebih dekat sampai ke tujuan. Dalam kasus tertentu yang pernah terjadi ada pengemudi taxi yang melakukan tindakan kejahatan, melakukan perampokan kepada penumpangnya. Berikut beberapa tips yang bisa menjadi acuan, bagaimana naik taxi agar aman dan nyaman. Ikuti tipsnya dibawah ini :

1. Pesan Taxi di Poll atau Perusahaan Taxi Resmi
Memesan taxi dari pool atau perusahaan taxi menggunakan telepon adalah cara teraman untuk naik sarana transportasi ini, karena dengan memesan melalui telpon semua data pemesanan terecord dalam data perusahaan, seperti nomor lambung dan nomor polisi taxi, sopir yang bertugas menjemput anda dan beberapa data lain yang berkenaan dengan penjemputan penumpang. Namun sebelum memesan taxi melalui telpon ada baiknya anda memastikan perusahaan taxi mana yang akan anda hubungi, berusahalah mencari perusahaan taxi yang telah mempunyai reputasi yang baik dan dapat dipercaya, pilih armada taxi yang memiliki nomor pemesanan dan layanan pengaduan konsumen.

2. Meminta Bantuan Petugas Hotel untuk Memesan Taxi
Bila anda sedang berada di daerah atau di kota lain di luar tempat tinggal anda, tentunya akan sangat sulit untuk mendapatkan informasi perusahaan taxi mana yang mempunyai reputasi yang baik di kota itu. Untuk kasus seperti ini ada baiknya anda meminta bantuan kepada petugas hotel tempat anda menginap atau meminta rekomendasi dari teman, atau saudara yang mungkin bertempat tinggal di kota yang sedang anda kunjungi. Karena biasanya hotel mempunyai langganan atau bekerjasama dengan perusahaan taxi yang telah memiliki reputasi pelayanan yang baik.

3. Memesan Taxi di Panggkalan Resmi
Tips Aman Dan Nyaman Naik Taxi
Selain memesan langsung ke poll atau perusahaan taxi yang kita inginkan, ada beberapa cara lain untuk mendapatkan taxi yang aman. Salah satunya adalah memesan taxi di tempat-tempat pangkalan resminya, seperti di hotel, pusat perbelanjaan atau rumah sakit. Karena pada umumnya taxi yang diijinkan untuk mangkal atau menunggu penumpang di hotel, pusat perbelanjaan atau rumah sakit adalah benar-benar perusahaan taxi yang telah mempunyai reputasi dan pelayanan yang baik. Namun bila terpaksa harus menyetop taxi di pinggir jalan, paling tidak pilihlah perusahaan taxi yang anda tahu mempunyai pelayanan yang bagus. Perhatikan dengan seksama taxi yang akan anda berhentikan, jangan pernah menghentikan sembarang taxi dan cepat-cepat masuk kedalamnya, karena bisa jadi hal ini akan membahayakan anda karena menumpang taxi gelap yang tidak terdaftar di perusahaan taxi yang ada.

4. Berhati-hati Bila Memesan Taxi di Malam Hari
Bila anda harus menggunakan sarana transportasi taxi di malam hari, sebaiknya menghentikan taxi di tempat yang ramai. Perhatikan armada taxi yang telah anda berhentikan, seperti ciri khasnya, logo perusahaan, warna taxi serta nopol dan nomor lambung taxi tersebut. Sebelum anda menutup pintu taxi dan beranjak berangkat perhatikan sejenak ciri-ciri dalam taxi apakah sama dengan taxi pada umumnya, dan tanda pengenal yang tercantum di bagian depan dalam taxi sama dengan wajah pengemudinya, dan perhatikan juga apakah pengemudi juga berpakaian rapi atau tidak. Bila melihat gelagat yang mencurigakan dan ada ketidakberesan, jangan ragu-ragu untuk melakukakan pembatalan dengan sopan dan tegas. Namun bila sudah terlanjur naik dan melihat ada ketidakberesan mintalah taxi tersebut berhenti di tempat yang ramai agar bila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan banyak pihak-pihak yang akan membantu kita.

5. Persiapkan Uang Recehan
Untuk mengantisipasi oknum pengemudi taxi nakal, sebelum menggunakan sarana transportasi ini ada baiknya anda mempersiapkan uang pecahan. Agar ketika anda sampai di tempat tujuan bisa membayar taxi sesuai harga yang telah tercantum dalam argo taxi, jadi tidak ada alasan oknum taxi untuk nakal untuk mengatakan tidak ada kembalian atau apapun. Dan jangan pernah menerima pembulatan argo, karena biasanya sopir taxi nakal membulatkan harga diatas angka Rp. 5.000,-. kecuali anda memang berkeinginan memberikan tips kepada pengemudi taxi tersebut.

6. Pesan Taxi Resmi Bandara
Bila anda berada dibandara dan berniat menggunakan transportasi taxi untuk melanjutkan aktifitas traveling, usahakan memesan dan memilih taxi resmi bandara yang telah di sediakan di pintu kedatangan penumpang. Jangan pernah menerima tawaran dari calo untuk menumpang taxi gelap, karena hal ini sangat rawan terjadi tindak kejahatan pemerasan dan perampasan seperti yang telah banyak terjadi. Di beberapa bandara sudah disediakan counter taxi yang telah mempunyai reputasi yang baik, anda tinggal menyebutkan kepada petugas counter tujuan yang anda inginkan maka akan muncul tarif resmi yang harus anda bayar bila menggunakan sarana transportasi ini.

Sarana transportasi apapun yang anda pergunakan sudah seharusnya tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan, begitu juga bila menggunakan taxi sebagai sarana transportasi traveling anda. Bila anda rela membayar mahal sudah sepatutnya anda memperoleh keamanan dan kenyamanan di dalamnya. Selamat traveling dan nikmati sensasinya

0 Response to "6 Tips Aman dan Nyaman Naik Taxi"

Posting Komentar