5 Goa Tereksotis di Indonesia | WISESATRAVEL.COM

5 Goa Tereksotis di Indonesia

Indonesia memang kaya akan keindahan alam yang menawan, mulai pantai, gunung, danau, air terjun bahkan goa yang indah ada di negara kita ini. Semua pesona alam dan keindahannya selalu menarik minat dan antusias pengunjung, baik pengunjung domistik maupun pengunjung mancanegara untuk menikmati sekaligus menjelajah keindahan dan keeksotikan alam kita Indonesia. Bagi para traveler yang gemar berpetualang dan menikmati keindahan alam dari sisi lain yaitu dari dalam tanah atau dari dalam perut bumi, berikut beberapa goa yang mempunyai pemandangan indah dan akan merubah pandangan anda agar tidak hanya menyaksikan keindahan alam Indonesia dari permukaan, tetapi juga menikmati keindahan alam dari perut bumi. Simak infonya,

Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur
Salah satu kota di Jawa Timur, Pacitan dikenal dengan julukan kota 1001 goa. Hal ini bukan hanya sekedar julukan saja, karena memang kota Pacitan memiliki banyak goa yang bisa kita telusuri, salah satunya adalah goa Gong. Goa Gong tepatnya terletak di Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Pacitan. Sesuai dengan namanya, goa Gong mempunyai keunikan sendiri, yaitu stalaktit dan stalakmit yang terdapat dalam goa ini akan menghasilkan bunyi-bunyian seperti gong bila dipukul, hal ini juga yang menjadikan dasar penamaan goa ini sebagai goa Gong. Keindahan goa Gong juga bisa kita lihat dari tatanan goa yang begitu indah, sehingga tidak salah kalau goa ini menjadi goa terindah di kawasan Asia Tenggara. Goa Gong menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan, untuk masuk ke areal goa hanya dipungut biaya sebesar Rp. 6000,-

Gua Tabuhan, Pacitan, Jawa Timur
Masih di wilayah Pacitan, akan kita temukan kembali goa yang tak kalah indahnya dan mempunyai keunikan tersendiri, yaitu goa Tabuhan. Goa Tabuhan selain mempunyai keindahan yang alami juga memiliki keunikan, sesuai dengan namanya Tabuhan, goa ini dapat mengeluarkan suara-suara yang unik, selain suara gong, juga bisa menghasilkan suara bahkan nada sesuai dengan suara gamelan secara lengkap. Untuk lebih menarik para wisatawan agar mengunjungi goa, di dalam goa Tabuhan akan disuguhkan atraksi gamelan oleh para seniman lokal dengan menggunakan stalaktit dan stalakmit yang ada dalam goa, alunan suara gamelan yang merdu akan mengiringi langkah anda untuk menyusuri dan menikmati seluruh areal goa Tabuhan.

Gua Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta
Goa Jomblang, Yogyakarta
Goa yang indah berikutnya adalah goa Jomblang, kita akan bergeser dari Pacitan ke wilayah Yogyakarta. Goa Jomlang terletak di Desa Jetis, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul Yogyakarta, goa Jomlang terkenal dengan sebutan Cahaya dari Surga. Untuk masuk kedalam goa Jomblang kita akan sedikit membutuhkan adrenalin karena goa ini berbentuk goa vertical, sehingga dibutuhkan peralatan standart caving dengan menggunakan taknik single rope. Namun tidak perlu kawatir, karena bagi pemula akan didampingi oleh tenaga profesional untuk masuk kedalam goa ini. Semua perjuangan keras kita untuk bisa sampai kedasar goa Jomlang akan terbayarkan, karena ketika sampai di dasar goa kita akan menyaksikan keindahan yang tidak kita duga sebelumnya, yaitu sebuah hutan rimbun yang ada di dalam goa. Dan pancaran cahaya yang terkenal dengan “Cahaya Surga” yang masuk dari lubang goa akan menambah suasana semakin dramatis dan mencengangkan.

Gua Gajah, Gianyar, Bali
Keindahan goa lainnya akan kita dapatkan dari Goa Gajah di Gianyar, Bali. Namun apa yang kita saksikan akan berbeda dari goa pada umumnya yang lebih mengemukakan dan menawarkan keindahan dari dalam goa. Keindahan Goa Gajah justru tampak elok dari luar, goa yang juga berfungsi sebagai tempat peribadatan umat Budha dan Siwa ini dikelilingi oleh areal persawahan, dan juga sebagai pertemuan dua aliran sungai kecil. Sehingga suasana di goa Gajah memiliki nilai magis bagi masyarakat setempat. Daya tarik utama goa Gajah adalah pada ukiran indah yang terdapat pada dinding luar goa.

Gua Maharani, Lamongan, Jawa Timur
Goa berikutnya yang mempunyai keindahan menawan adalah goa Maharani di Lamongan Jawa Timur. Goa Maharani sudah sangat dikenal keindahannya di kalangan wisatawan, stalaktit dan stalakmit dalam goa yang mempunyai pertumbuhan 1 cm setiap 10 tahun diakui sebagai salah satu yang terunik di dunia. Areal goa Maharani dikelilingi oleh sebuah kebun binatang mini yang juga mempunyai nama yang sama yaitu kebun binatang Maharani, tidak jauh dari tempat ini juga terdapat wisata pantai yang tidak kalah indahnya yaitu Wisata Bahari Lamongan, yang keberadannya juga sudah menjadi salah satu pilihan wisata utama di kota Lamongan.

Semua keindahan alam yang kita miliki tidak akan bertahan lama jika kita tidak berusaha melestarikannya, untuk itu marilah bersama-sama kita jaga karunia Tuhan yang indah ini, agar kita dan anak cucu kita bangga menjadi bagian dari nusantara kita Indonesia.

0 Response to "5 Goa Tereksotis di Indonesia"

Posting Komentar