5 Tips Bersnorkeling Aman Bagi Pemula | WISESATRAVEL.COM

5 Tips Bersnorkeling Aman Bagi Pemula

Keindahan alam bawah laut Indonesia juga menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan, baik domistik maupun wisatawan mancanegara. Ada beberapa spot yang bisa dipergunakan untuk menikmati keindahan alam bawah laut melalui snorkeling, salah satunya seperti di pulau Karimunjawa, atau di Bunaken. Semua orang bisa menikmati keindahan bawah laut melalui snorkeling, akan tetapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya sebelum bersnokling atau memutuskan terjun ke dunia bawah laut memperhatikan beberapa hal demi keselamatan dan kelancaran kegiatan ini, karena snorkeling juga merupakan salah satu kegiatan olahraga air yang menantang dan mengandung resiko. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan bagi yang baru pertama mencoba snorkeling :

Hindari Menyewa Peralatan Snorkeling Yang Tidak Standar dan Murah
Tips Bersnokling Bagi Pemula
Bila anda baru mencoba bersnorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut, ada baiknya menghindari atau tidak menyewa peralatan snorkeling yang murah. Karena bisa jadi dengan harga yang murah kualitas peralatan yang anda sewa akan jauh dari standart yang diperkenankan untuk melakukan snorkeling, perlu diingat pada dasarnya snorkeling adalah olahraga air yang berbahaya. Jadi bila baru mencoba melakukan snorkeling upayakan anda menyewa peralatan yang sesuai dengan standar meskipun harga sewanya sedikit lebih mahal demi keselamatan anda saat melakukan snorkeling.

Berlatih Dahulu untuk Membiasakan Diri
Satu hal yang perlu diingat bagi para pemula atau yang baru pertama mencoba snorkeling, upayakan sebelum kegiatan snorkeling yang sebenarnya dilakukan berusahalah untuk berlatih terlebih dahulu, bisa di kolam renang atau di pantai yang dangkal. Jangan terburu-buru langsung terjun ke spot snorkeling karena semuanya butuh penyesuaian dan pelatihan yang kontinyu, agar anda tidak kaget saat berada di spot snorkeling yang sesungguhnya.

Mempelajari Skill Dasar Snorkeling dan Bahaya Yang Dihadapi di Lautan
Ada baiknya sebelum berlatih snorkeling dan melakukan kegiatan snorkeling yang sesungguhnya, anda belajar dan mengetahui skill serta pengetahuan dasar tentang snorkeling, seperti cara mengolah nafas, taknik mengambang, hingga mempelajari kondisi lingkungan sekitar serta bahaya yang akan dihadapi pada saat anda melakukan kegiatan snorkeling. Hal ini sangat bermanfaat karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ketika sedang berada di lautan, yang paling penting dan mendasar dalam bersnorkeling adalah tetap tenang.

Memilih Lokasi Snorkeling Dengan Hati-hati
Bagi anda yang baru pertama mencoba menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkeling, ada baiknya memilih lokasi snorkeling di pantai yang berombak kecil agar bisa melakukan snorkeling dengan tenang. Setelah dirasa cukup mahir serta bisa menguasai situasi pada saat snorkeling, barulah mulai mengekplorasi tempat snorkeling yang lebih menantang seperti di tengah lautan dan lain sebagainya. Namun pastikan anda bersnorkeling dengan seseorang yang mempunyai kemampuan yang mumpuni dan ekspert di bidang ini, hindari bersnorkeling seorang diri.

Jangan Pernah Merusak dan Mengambil Biota Laut
Tujuan anda bersnorkeling adalah untuk menikmati keindahan alam bawah laut, jadi sudah seharusnya dan menjadi kewajiban anda untuk tetap menjaga kelestarian biota bawah laut. Jangan pernah menyentuh, apalagi mengambil terumbu karang atau makluk hidup apapun yang berada di sekitar anda, karena snorkeling yang baik adalah mengamati dan menikmati keindahan alam bawah laut saja.

Indonesia merupakan negara kaya, berbagai destinasi wisata alam bisa kita temukan di negara kita ini. Untuk itu marilah bersama-sama melestarikan alam titipan Tuhan ini, bukan hanya demi kita, tetapi demi anak cucu kita, agar mereka juga bangga menjadi bagian negara Indonesia. Selamat bersnorkeling dan nikmati sensasinya, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "5 Tips Bersnorkeling Aman Bagi Pemula"

Posting Komentar