Minuman Khas Dan Unik Asli Indonesia | WISESATRAVEL.COM

Minuman Khas Dan Unik Asli Indonesia

Negara kita Indonesia tidak hanya terkenal dengan keindahan alam serta keanekaragaman budayanya, namun juga dari segi kuliner yang telah mendunia seperti rendang, gudeg, sate, nasi goreng dan lain-lain serta berbagai minuman yang dikenal secara tradisonal dan menjadi favorit bagi para penikmatnya. Minuman yang biasa kita konsumsi seperti air putih, teh, kopi, jus buah mungkin sudah biasa bagi kita untuk menikmatinya, tetapi ada beberapa minuman dari beberapa daerah yang mungkin asing bagi kita ketika menikmatinya karena memiliki keunikan dan kekhasan dari daerah asalnya. Yang tentunya patut dicoba ketika kita traveling dan berkunjung ketempat asal minuman itu. Beberapa minuman yang khas dan unik dari beberapa daerah tersebut diantaranya :

Bir Pletok, Betawi
Bir Pletok Khas Betawi
Penduduk Indonesia mayoritas memeluk agama Islam yang tidak memperbolehkan penganutnya untuk meminum alkhohol, namun bukan berarti tidak ada kreatifitas untuk menciptakan minuman yang hampir mirip. Bir Plethok salah satu bukti kreatifitas masyarakat yang patut diapresiasi. Minuman khas Betawi ini dibuat dari rempah-rempah dan tumbuhan yang berkhasiat bagi kesehatan diantaranya gula, sereh, jahe, kapulaga, kayu manis dan kayu secang sebagai pewarna merah pada bir Plethok ini, dibutuhkan juga jahe gajah yang sudah tua agar menghasilkan bir Plethok kualitas "Jos". Selain menyegarkan rasanya, bir ala Betawi ini juga bisa menghangatkan tubuh bagi yang meminumnya. Bagi penikmat dan penggemar bir Plethok Betawi minuman ini biasa di konsumsi disaat bersantai dan bercengkrama dengan teman-teman, coba deh pasti ketagihan, hehehe 

Ie Boh Timon, Aceh
Bagi yang tinggal di Aceh tentunya sangat familiar dengan dengan minuman yang bernama Ie Boh Timon, karena minuman ini menjadi favorit bagi masyarakat Aceh. Namun bagi yang tinggal diluar Aceh mungkin minuman ini masih asing, namun layak di coba ketika para traveler berkunjung ke Aceh. Minuman Ie Boh Timon terbuat dari mentimun sayur yang telah dikupas dan diparut lalu dicampur dengan air, gula pasir, jeruk nipis, atau madu. Minuman ini di minum untuk menetralisir masakan Aceh yang mengandung banyak kolesterol seperti masakan gulai kambing. Di saat bulan puasa minuman Ie Boh Timon menjadi minuman primadona dan favorite untuk berbuka puasa.

Kopi Rarobang, Maluku
Menikmati kopi dengan gula dan susu merupakan hal yang sudah biasa pagi para traveler. Namun apa jadinya kalau pembuatan kopi diracik dengan kenari yang disangrai, taburan jahe, gula pasir, daun pandan, kayu manis dan cengkeh. Olahan diatas adalah minuman khas dan unik dari daerah Maluku, namanya kopi Rarobang. Kopi Rarobang sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin, karena rasa hangat dari racikan jahe dan bahan-bahan lainnya akan membuat tubuh kita hangat disaat menikmati kopi Rarobang ini, nikmat dan layak sekali untuk dicoba.

Kopi Joss Jogja, Jogjakarta
Kopi Joss Khas Yogyakarta
Satu lagi minuman yang unik dan khas adalah kopi Joss Jogja, penyajian kopi ini sangat unik karena menggunakan arang yang panas disaat mensajikannya walaupun terdengar aneh namun Kopi Joss Jogja telah memiliki ciri khas sendiri. Konon arang panas yang dimasukkan kedalam kopi dapat menetralisir kafein dalam kopi sehingga sangat aman bagi siapapun yang berkeinginan menikmatinya. Kopi Joss Jogja ini juga sudah mendapat pengakuan dari berbagai penggemar kopi baik dari kalangan pemuda, tua, orang biasa, seniman dan budayawan bahwa Kopi Joss Jogja memiliki rasa yang tidak kalah bila dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Kopi Joss Jogja ini biasa dinikmati diangkringan sambil bercengkrama dan menikmati jajanan khas Jogjakarta lainnya.

Indonesia memang kaya akan berbagai hal, keindahan alam yang mempesona, kebudayaan maupun kuliner yang tentunya menjadi ciri khas negara kita di dunia. Untuk itu mari bersama-sama kita lestarikan Indonesia, bukan untuk kita, tapi demi anak cucu kita. Jayalah Indonesiaku :)

2 Responses to "Minuman Khas Dan Unik Asli Indonesia"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Minuman Khas Dan Unik Asli Indonesia " .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Explore Indonesia by Universitas Gunadarma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke website kami, semoga bisa bermanfaat..badeway websitenya juga mantab LEO LEO. Sukses selalu dan semoga bisa menjadi sumber info bagi yang membutuhkan..

      Hapus