Info Terminal Bus Di Surabaya | WISESATRAVEL.COM

Info Terminal Bus Di Surabaya

Kota Surabaya telah berkembang menjadi kota metropolitan yang besar, bahkan saat ini Surabaya telah menjadi kota metropolitan terbesar kedua setelah ibu kota Jakarta. Beragam aktifitas tumbuh subur di kota ini mulai aktifitas perdagangan, industri, usaha kecil menengah, pendidikan, jasa dan lain sebagainya, sehingga tidak heran bila Surabaya menjadi pusat perekonomian bagi Indonesia bagian timur. Berbagai sarana pendukung tersedia di kota ini mulai sarana rekreasi dan hiburan, sarana akomodasi yang memadai, bandara internasional, stasiun kereta api maupun terminal bus, semuanya tersedia demi kemudahan anda saat berkunjung ke kota Surabaya. 
Terminal Bus Bungurasih-image jawapos.com

Bagi sobat traveler yang berkeinginan menjelajah kota Surabaya dengan menggunakan sarana angkutan umum atau angkota seperti bus kota dan lyn yang menjadi sarana transportasi antar wilayah di kota Surabaya, berikut kami berikan beberapa info terminal yang ada di kota Surabaya agar sobat-sobat mendapatkan kemudahan saat berkunjung ke kota yang bergelar kota Pahlawan ini, simak infonya dan semoga bisa bermanfaat : baca juga 7 Oleh-Oleh Khas Surabaya

Terminal Bungurasih Surabaya
Terminal Purabaya atau lebih dikenal dengan terminal Bungurasih merupakan terminal utama di kota Surabaya letaknya berada disisi sebelah selatan kota, terminal ini masuk terminal golongan A yang melayani angkutan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan angkutan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP). Terminal Bungurasih sebenarnya masuk ke dalam kabupaten Sidoarjo namun pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya, terminal Bungurasih menempati lahan seluas 120.000 m2. Terminal Bungurasih juga melayani jaringan trayek angkutan kota dengan armada bus kota. 

Terminal Tambak Osowilangun 
Terminal selanjutnya yang ada di kota Surabaya adalah Terminal Tambak Osowilangun (TOW) atau yang lebih dikenal dengan Terminal Osowilangun. Terminal ini termasuk terminal type A yang melayani angkutan antar kota dan dalam kota, jaringan angkutan dalam kota yang dilayani adalah bus dan lyn. Terminal ini berada di sebelah barat laut kota Surabaya berbatasan dengan kabupaten Gresik, terminal Osowilangun menempati lahan seluas 50.000 m2

Terminal Joyoboyo
Terminal Joyoboyo merupakan terminal type B yang menempati lahan seluas 11.134 m2, lokasi terminal Joyoboyo lebih tepatnya berada di Jl. Joyoboyo, kelurahan Sawunggaling, kecamatan Wonokromo kota Surabaya. Terminal Joyoboyo melayani angkutan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan angkutan kota. Trayek yang dilayani menggunakan sarana bus kota dan lyn.  

Terminal Bratang
Terminal berikutnya yang berada di Surabaya adalah Terminal Bratang, terminal ini termasuk dalam terminal type C yang dikelola oleh Dinas Perhubungan kota Surabaya. Lokasi terminal ini berada di Jl. Manyar, kelurahan Barata Jaya, kecamatan Gubeng kota Surabaya, terminal Bratang menempati lahan seluas 2.760 m2. Terminal Bratang melayani angkutan kota saja, dan saran yang dipergunakan adalah bus kota dan lyn.

Selain beberapa terminal yang telah diinfokan kota Surabaya juga memiliki beberapa Sub Terminal yang tersebar di beberapa wilayah diantaranya Sub Terminal Menanggal, Sub Terminal Benowo, Sub Terminal Manukan Kulon, Sub Terminal Balongsari, Sub Terminal Darmo Permai, Sub Terminal Petekan atau Kalimas Barat, Sub Terminal Kenjeran. Disamping Sub Terminal terdapat juga fasilitas transportasi kota yang klasifikasinya lebih kecil yaitu pangkalan angkutan kota atau lyn yang pada umumnya dikelola oleh sebuah "paguyuban" angkutan kota. 

RUTE BIS KOTA

Kode

Rute
 A Purabaya - Ngagel - Semut
 D Purabaya - Bratang
 E2 Purabaya - Joyoboyo
 F Purabaya - Kupang - Raden Saleh - JMP
 P1 Purabaya - Darmo/TP/Siola - Indrapura - Perak
 P3 Sidoarjo -  Dupak - Rajawali - JMP
 P4 Purabaya - Dupak - Perak (Lewat Tol)
 P5 Purabaya - Dupak - JMP (Lewat Tol)
 P6 Purabaya - Kupang - Demak - Tambak Oso Wilangun
 P8 Purabaya - Tambak Oso Wilangun (Lewat Tol)

CAD

Cadangan
Purabaya - Aloha - Bandara Juanda
 PAC 1 Purabaya - Darmo/TP/Siola - Indrapura - Perak / Patas AC
 PAC 8 Purabaya - Tambak Oso Wilangun / Patas AC (Lewat Tol)

2 Responses to "Info Terminal Bus Di Surabaya"

  1. Saya kemarin kehilangan ktp, apakah bus ada yang menemukan. Ktp asal kalimantan tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba konfirmasi ke Poll busnya, bus apa yang dinaiki kemarin.

      Terima kasih sudah berkenan mengunjung website kami

      Hapus