5 Tempat Wisata Populer di Surabaya | WISESATRAVEL.COM

5 Tempat Wisata Populer di Surabaya

Surabaya merupakan ibu kota Propinsi Jawa Timur, yang telah dinobatkan menjadi kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah kota Jakarta. Kota Surabaya memiliki jumlah penduduk 3 juta jiwa dengan pembangunan sarana dan prasarana yang terus berkembang dari hari ke hari, sehingga menjadikan Surabaya sebagai salah satu pusat dalam segi bisnis, perdagangan, industri dan pendidikan di kawasan Indonesia Timur. Meskipun sebagai kota metropolitan kota Surabaya juga mempunyai beberapa tempat atau destinasi wisata yang layak dikunjungi baik bagi wisatawan domistik atau wisatawan mancanegara. Ada beberapa destinasi wisata populer yang bisa di kunjungi bila sobat traveler berkunjung atau mampir ke kota Surabaya, 5 diantaranya adalah :

1. Jembatan Suramadu
Jembatan Surabaya-Madura lebih di kenal dengan nama Jembatan Suramadu, merupakan jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan Pulau Madura. Jembatan ini mempunyai panjang lebih kurang  5.438 meter dengan lebar lebih kurang 30 meter dan di resmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009, menjadi daya tarik wisatawan dengan panorama selat Madura yang cantik dan menawan, melintasi jembatan Suramadu membuat kita serasa berada di Luar Negeri :). Untuk melintasi jembatan Suramadu dikenakan biaya sekali melintas Rp. 3000 bagi kendaraan roda dua, dan Rp. 30.000 untuk mobil. Jalur antara kendaraan roda dua dan mobil dipisahkan oleh pagar setinggi lebih kurang 1 meter, memang sedikit susah untuk mengabadikan perjalanan kita pada saat melintasi jembatan ini karena ada rambu-rambu dilarang berhenti disaat melintasi jembatan ini. Namun dengan melintasi Jembatan Suramadu paling  tidak kita bisa bangga dan tahu bahwa karya besar bangsa ini juga tidak kalah bila dibandingkan dengan bangsa lain di dunia.

2. House of Sampoerna
Obyek Wisata SurabayaHouse of Sampoerna berada di jl. Taman Sampoerna No. 6 Surabaya, merupakan sebuah museum yang menyimpan dan mengabadikan segala perjalanan dan histori tentang rokok di Indonesia. Bangunan ini  di bangun sejak tahun 1862 silam, nampak seperti bangunan Romawi dengan dihiasi 4 pilar berupa rokok. Dahulu bangunan ini adalah sebuah rumah Yatim Piatu yang di kelola oleh Belanda, sampai  akhirnya dibeli oleh pendiri perusahaan rokok raksasa Sampoerna, Liem See Tee pada tahun 1932 dan dipergunakan sebagai area pertama produksi rokok. Terdapat berbagai hal yang dapat kita saksikan dalam House of Sampoerna, diantaranya dimulai dari cerita perjalanan keluarga Sampoerna sampai dengan system produksi rokok secara manual dan tradisional. Hingga sekarang bangunan ini juga di jadikan pabrik rokok salah satu keluaran Sampoerna yakni Dji Sam Soe. Di museum ini kita dapat  juga menyaksikan proses awal pembuatan rokok sampai rokok siap di distribusikan, kita dapat melihat sistem penentuan tembakau serta cengkeh, proses pencampuran bahan, penggulungan dengan tangan, pencetakan kertas rokok sampai sistem pengepakan. Museum ini buka mulai jam 09.00-22.00 WIB dan untuk mengunjungi tempat ini tidak di pungut biaya sama sekali alias gratis.

3. Wisata Hutan Mangrove
Wisata Hutan Mangrove berada di Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya.  Lokasi ini bukan sekedar sebagai pelestarian alam tetapi juga sebagai obyek wisata baru di Surabaya. Di saat perkembangan kota semakin gemerlap Surabaya masih menyisahkan lahan penyelamat lingkungan dari bahaya erosi dan banjir, Surabaya patut berbangga karenannya. Pemerintah kota Surabaya terus berupaya mengembangkan kawasan Hutan Mangrove ini sebagai referensi bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke Surabaya, karena kawasan wisata ini mempunyai potensi untuk menarik pengunjung dengan menikmati keindahan pantai timur Surabaya dan kawasan hutan bakau yang ditumbuhi berbagai jenis mangrove. Untuk menikmati keindahan dan kesegaran udara di hutan Mangrove ini telah dibangun jembatan kayu, yang dapat di pergunakan untuk trekking keliling rimba bakau, pengunjung  juga dapat  berkeliling rimba bakau dan menyusuri sungai-sungai yang membelah rimba dengan menggunakan perahu yang juga merupakan saran di wisata hutan Mangrove ini dengan biaya yang relatif murah hanya Rp. 25.000 untuk Dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak.

4. Taman Bungkul
Taman Bungkul menjadi obyek wisata bagi warga Surabaya khususnya kawula muda dan beberapa pelancong dari luar Surabaya, taman ini berdiri di area seluas 900 meter. Berbagai fasilitas telah dibangun di taman ini untuk melengkapi fasilitas yang telah ada, diantaranya area internet dengan akses internet nirkabel, area atau jalur untuk para penyandang cacat yang pastinya agar mereka juga bisa berekreasi di taman ini. Di sisi sebelah utara Taman juga di bangun area skate park, sebagai fasilitas latihan dan unjuk kebolehan bagi yang mempunyai hobi skate board dan sepeda bmx. Terdapat juga area berjualan makanan dan minuman, setiap hari taman ini ramai di kunjungi kawula muda atau keluarga yang ingin meluangkan waktunya untuk bersantai sejenak. Di hari Sabtu dan Minggu Taman Bungkul sangat ramai oleh pengunjung, meskipun hanya sekedar duduk-duduk santai atau berkeliling seluruh taman. Taman Bungkul merupakan Taman kebanggan warga Surabaya.

5. Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam atau dikenal dengan Monkasel berlokasi di Jl. Pemuda No 39 Surabaya, terletak di samping salah satu sungai utama di kota Surabaya yaitu Kalimas dan bersebelahan dengan Mall PlasaSurabaya, diresmikan pada tanggal 27 Juni 1998. Monumen Kapal Selam merupakan museum dari kapal selam KRI Pasopati 410 yang dahulu dipergunakan dalam pertempuran di laut Aru dalam usaha pengembalian Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi dari tangan penjajah Belanda. KRI Pasopati 410 adalah armada angkatan Laut Indonesia yang di buat pada tahun 1952, terbagi dalam 7 ruangan diantaranya Ruang Terpedo Haluan, Ruang Tinggal Perwira, Ruang Periskop, Ruang ABK, Ruang Diesel Pendorong, Ruang Listrik, dan Ruang Terpedo Buritan. Namun yang sering di kunjungi oleh wisatawan adalah area luncur torpedo serta periskop. Untuk masuk ke museum ini pengunjung dikenakan biaya Rp. 5000 per orang, museum ini sangat baik menjadi sarana pendidikan sekalugus sarana penghibur bagi anda dan putra-putri. Di area ini juga terdapat jogging track dan kios makanan dan minuman, anda bisa juga menikmati sajian musik yang diperdengarkan diarea terbuka Monkasel. Monkasel mulai beroperasi jam 08.00-21.00 WIB di hari Senin s/d Jum’at, dan jam 08.00-22.00 WIB di hari Sabtu-Minggu.

Sebenarnya masih terdapat beberapa tempat tujuan wisata di Surabaya yang tidak kalah keren dibandingkan dengan kelima destinasi diatas, diantaranya Masjid Agung Al-Akbar, Tugu Pahlawan, Wisata Kuliner di sekitar Ampel, Jembatan Merah dan Pantai Ria Kenjeran. Mari kita jaga keindahan dan kenyamanan kota kita tercinta Surabaya :)

0 Response to "5 Tempat Wisata Populer di Surabaya"

Posting Komentar