7 Oleh-Oleh Khas Surabaya | WISESATRAVEL.COM

7 Oleh-Oleh Khas Surabaya

Traveling dan bepergian mengunjungi satu daerah tentu belum lengkap jika belum merasakan kuliner khas dan membawa oleh-oleh khas dari daerah yang dikunjungi. Begitu pula bila sobat traveler berkunjung ke kota Surabaya, kota yang mendapat julukan sebagai kota Pahlawan dan sebagai kota metropolitan terbesar kedua setelah ibu kota Jakarta ini juga memiliki beragam kuliner dan oleh-oleh khas yang bisa anda bawah sebagai buah tangan setelah mengunjungi kota ini. Beberapa kuliner yang menjadi ciri khas kota Surabaya yang bisa anda nikmati diantaranya Rujak Cingur, Sate Kelopo, Tahu Tek, Semanggi Suroboyo, Lontong Balap dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu kota Surabaya juga mempunyai oleh-oleh khas yang bisa anda bawa sebagai buah tangan setelah puas berjalan-jalan dan menikmati kota Pahlawan Surabaya. Oleh-oleh khas Surabaya yang sangat cocok sebagai buah tangan diantaranya :

1. Almond Crispy Chesee
Oleh-Oleh Khas Surabaya
Oleh-oleh dari kota Surabaya yang lagi hits dan populer adalah Almond Crispy Chesee, oleh-oleh yang berupa cemilan ini mempunyai 3 varian rasa yang bisa dipilih oleh sobat traveler yaitu Original, Coklat dan Green Tea. Kesemua varian mempunyai ciri khas yang bisa dinikmati, dan sudah tentu bisa membuat anda ketagihan bila sekali mencoba cemilan ini :). Untuk bisa mendapatkan cemilan Almond Crispy Chesee sebenarnya banyak sekali yang menjualnya, namun yang paling terkenal adalah di gerai Wisata Rasa yang ada di jalan Jemursari No. 164 Surabaya. Saking terkenalnya cemilan ini sehingga juga banyak kita temukan dalam penjualan makanan online hingga keluar kota.

2. Lapis Surabaya atau Spikoe
Oleh-oleh Surabaya yang satu ini juga banyak juga di jual di kota-kota lain di luar Surabaya dan tetap menggunakan nama Lapis Surabaya. Lapis Surabaya bisa anda nikmati dengan beragam varian pilihan diantaranya Original, Black Forest, Kenari, Kismis, Pandan dan Mocca. Sobat traveler yang berkenan membeli oleh-oleh Lapis Surabaya dapat langsung meluncur ke wilayah Rungkut lebih tepatnya ke Jl. Rungkut Mapan Barat 4 No. BD 25 Surabaya, ditempat ini menyediakan Lapis Surabaya atau Spikoe dengan resep kuno, dan dijamin rasanya tidak akan mengecewakan anda.

3. Sambal Bu Rudi
Bagi sobat traveler yang sangat menyukai yang pedas-pedas, oleh-oleh Sambal Bu Rudi bisa dijadikan buah tangan pilihan. Ada beberapa rasa sambal yang bisa dipilih di oleh-oleh Sambal Bu Rudi diantaranya Sambal Ijo, Sambal Bajak, Sambal Terasi, Sambal Ikan Peda, Sambal Bawang dan lain sebagainya. Kelezatan rasa sambal yang fresh dan mnatap membuat gerai oleh-oleh Sambal Bu Rudi yang ada di Jl. Dharmahusada No. 140 Surabaya dipadati pengunjung setiap harinya, ada yang berkunjung untuk mencicipi secara langsung sambalnya atau untuk membeli sambal sebagai oleh-oleh, disini gerai Sambal Bu Rudi juga tersedia berbagai oleh-oleh khas lainnya yang bebas dipilih oleh para sobat traveler, so tunggu apa lagi!

4. Bikang Peneleh
Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang dapat langsung disantap di tempat adalah Bikang Peneleh, bila sobat traveler bertanya kepada orang Surabaya tentang oleh-oleh apa yang cocok dijadikan buah tangan saat akan meninggalkan kota Pahlawan ini, tentu banyak yang merekomendasikan Bikang Peneleh sebagai salah satu alternatifnya. Rasanya yang membuat lidah bergoyang serta warnanya yang berwarna-warna akan menarik siapapun untuk mencicipinya, tidak hanya sampai disini sobat traveler juga bisa menyaksikan cara pembuatan Bikang Peneleh secara langsung, dan setelah matang bisa langsung menyantapnya karena makanan ini sangat enak bila dinikmati dalam kondisi masih panas. Oleh-oleh Bikang Peneleh bisa anda dapatkan di Jl. Peneleh No. 32-34 Surabaya.

5. Kerupuk Kenjeran
Satu lagi oleh-oleh khas dari Surabaya yang bisa membuat anda merindukan kota ini kembali adalah Kerupuk Kenjeran. Bagi anda yang sangat menyukai makanan yang renyah dan kriuk-kriuk Krupuk Kenjeran dapat menjadi pilihan yang menggoda. Untuk bisa menikmati kriuk dan renyahnya Kerupuk Kejeran anda bisa langsung meluncur ke pantai Kenjeran Surabaya. Di sepanjang jalan sebelum sampai pantai akan terdapat banyak pedagang yang menjajakan berbagai macam Kerupuk Kenjeran atau krupuk seafood ini, salah satu krupuk yang terkenal adalah Kerupuk Teripang dan Kerupuk Terung. Anda bisa mendapatkan kedua kerupuk ini dalam kemasan atau yang langsung kiloan. Beragam kerupuk kenjeran juga di jual dalam bentuk mentah sehingga anda bisa membawanya dengan mudah sebagai oleh-oleh.

6. Siropen Telasih
Oleh-oleh khas Surabaya lainnya yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan adalah Siropen Telasih, Siropen Telasih adalah sirup khas Surabaya yang bisa anda dapatkan di Jl. Mliwis No. 5 Surabaya. Siropen Telasih dibuat dari gula asli tanpa pemanis yang sudah diproduksi sejak tahun 1923, sehingga sobat traveler tidak perlu kuatir batuk setelah mengkonsumsi sirup ini. Ada beberapa pilihan rasa bila sobat trveler berkenan menjadikan Siropen Telasih sebagai buah tangan diantaranya adalah rasa Leci, Cocopandan, Jeruk Kepruk dan beberapa varian rasa lainnya. Tertarik dengan oleh-oleh ini langsung saja meluncur ke TKP!

7. Kaos Cak-Cuk Surabaya
Oleh_oleh Khas Surabaya
Bila sobat traveler menginginkan oleh-oleh lain selain makanan dan minuman, dapat meluncur langsung ke Jl. Dharmawangsa No. 35 Surabaya, disini tersedia Kaos Cak-Cuk yang merupakan kaos asli Surabaya dan dikenal dengan motif yang menggambarkan kota Surabaya dengan bahasa jenaka. Tidak hanya kaos saja yang disediakan di counter Kaos Cak-Cuk tetapi juga berbagai souvenir yang cantik dan menggoda hati diantarnya tas, mug, patung, magnet, pin dan souvenir lainnya yang sangat cocok sebagai buah tangan sobat-sobat anda dirumah.

Sudah puas mengetahui kuliner dan oleh-oleh khas kota Surabaya, ayo tunggu apa lagi segera meluncur dan kunjungi kota Pahlawan Surabaya bersama keluarga dan sobat-sobat anda, Ayo pesan Tiket dan Hotel di Wisesatravel, Sahabat Perjalanan Anda.

2 Responses to "7 Oleh-Oleh Khas Surabaya"

  1. Jangan lupa Kue Blinjo dan Kue Mente juga FavoritOleh Oleh Surabaya

    BalasHapus
  2. Siappp mas URRAMA STEVE, Terima kasih sudah berkenan mampir dan berkunjung ke website kami. Sukses selalu mas URRAMA STEVE

    BalasHapus