Pesona Pantai Ngliyep Kabupaten Malang | WISESATRAVEL.COM

Pesona Pantai Ngliyep Kabupaten Malang

Propinsi Jawa Timur masih menyimpan keindahan yang menawan tidak hanya gunung Bromo, Semeru, Kawah Ijen, pantai Papuma, pantai Teluk Merah Banyuwangi, pantai Pelang Trenggalek, pantai Balekambang, air terjun Madakaripura dan berbagai destinasi wisata alam lainnya. Ada satu lagi pesona keindahan wisata alam di Jawa Timur yaitu pantai Ngliyep yang berada di Malang. Pantai Ngliyep lebih tepatnya berada di kecamatan Donomulyo, berjarak kurang lebih 62 km dari pusat kota Malang. Pantai ini menawarkan pesona keindahan yang menawan, lokasi pantai yang berhadapan langsung di tepi Samudera Hindia menjadikan pantai Ngliyep mempunyai pemandangan yang sangat indah. Sobat traveler tidak perlu jauh-jauh ke luar pulau untuk menyaksikan keindahan dan panorama sebuah pantai yang indah, cukup datang dan berkunjung ke pantai Ngliyep maka akan anda dapatkan pesona keindahan pantai yang tidak kalah dengan pantai-panyai lainnya. 

Panorama Keindahan Pantai Ngliyep
Mengunjungi pantai Ngliyep bersama keluarga akan menjadi acara liburan yang menyenangkan, bermain pasir, menikmati deburan ombak yang bergulung-gulung dan menyaksikan sunset akan membawa sensasi tersendiri bagi anda dan keluarga yang berlibur. Pantai Ngliyep sudah bisa di kunjungi semenjak tahun 1980 karena akses jalan menuju pantai ini sudah diaspal, bila anda berkeinginan mengunjungi pantai Ngliyep dengan kendaraan umum dapat menggunakan angkutan umum mikrolet dari kota Malang. Jalur angkutan yang dipilih adalah jalur GN 1 yaitu jalur angkutan Gadang-Ngliyep lewat Donomulyo, atau jalur GN 2 jalur angkutan Gadang-Ngliyep lewat Sumbermanjing Kulon, yang saat ini dikenal sebagai kecamatan Pagak. Sebenarnya pantai Ngliyep lebih dikenal terlebih dahulu dari pantai Balekambang atau pantai Sendang Biru, awalnya pantai ini ditemukan oleh seorang perantau dari Yogyakarta bernama mbah Atun pada tahun 1919, dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 1951. Pada era tahun 1980-an pantai Ngliyep merupakan salah satu destinasi favorit di kota Malang, namun sayangnya saat ini pantai Ngliyep tidak dikelola dengan baik karena ada persengketaan antara pemerintah daerah dengan Perum Perhutani. 

Teluk Puteri Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep mempunyai luas area sekitar 10 ha yang meliputi wilayah hutan lindung, area wisata dan lahan parkir. Pengunjung di pantai Ngliyep akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah, dengan hamparan pasir putih yang luas, serta area bermain yang ditumbuhi pepohonan yang ridang, membuat siapapun betah berlama-lama di area pantai ini. Deburan ombak yang bergantian mengalun membuat setiap orang yang berkunjung seakan mengantuk dan tertidur atau dalam bahasa Jawa liyep-liyep. Oleh karena itu pantai ini dinamakan pantai Ngliyep karena suasana pantai yang tenang dan panorama yang indah, dengan hembusan semilir angin laut yang beriring dengan alunan deburan ombak seakan menghipnotis siapapun yang berkunjung ke pantai ini sehingga bisa mengantuk bahkan tertidur. Pantai ini juga dikelilingi tebing-tebing yang curam dengan hamparan hutan tropis di sekitarnya. Masih disekitar pantai Ngliyep terdapat sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang, yang didalamnya terdapat sebuah petilasan dan biasa di kunjungi peziarah yang berniat mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Tidak jauh dari pantai Ngliyep, tepatnya berada di sebelah kiri pantai Ngliyep terdapat sebuah teluk yang tidak kalah indahnya dengan pantai Ngliyep, teluk ini biasa disebut teluk Putri. Untuk mencapai teluk Putri pengunjung cukup berjalan ke arah sisi sebelah kiri pantai, dan kemudian naik keatas sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi. Teluk ini dinamakan teluk Putri karena hamparan pasir putih yang menyelimuti area teluk sepanjang hampir 100 meter sangat bersih dan halus menyerupai kulit seorang Putri yang halus dan lembut, ketebalannya mencapai 40 centimeter. Namun pengunjung teluk Putri harus berhati-hati karena seringkali ombak yang datang sangat besar sehingga membahayakan keselamatan, untuk itu dianjurkan untuk tidak berada di bibir pantai tetapi hanya berada di pasir putih.

Alam yang begitu tenang, deburan ombak yang bersahutan berpadu dengan keindahan pasir putih ditepi pantai menjadi daya tarik yang tidak tergantikan sehingga pantai Ngliyep sangat ramai dikunjungi terutama pada saat weekend dan liburan hari-hari besar. Karena pesona pantai Ngliyep begitu menawan menggoda siapapun untuk berkunjung ke salah satu pantai yang menjadi bagian dari pantai selatan ini. Selamat berlibur ke pantai Ngliyep, nikmati kebersamaan anda dengan keluarga tercinta, tetaplah menjaga kebersihan dan selalu berhati-hati di manapun anda berada.

Sumber Info : wikipedia.org

0 Response to "Pesona Pantai Ngliyep Kabupaten Malang "

Posting Komentar