Museum Gajah Museum Terbesar Di Asia Tenggara | WISESATRAVEL.COM

Museum Gajah Museum Terbesar Di Asia Tenggara

Memasuki musim penghujan bukan berarti kegiatan traveling kita harus berhenti, hanya saja memang harus sedikit mengurangi kegiatan mengunjungi tempat-tempat wisata outdoor seperti mengunjungi wisata alam, mendaki gunung dan wisata lain yang sifatnya diluar ruangan karena mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu dan bisa jadi sangat membahayakan serta beresiko bagi keamanan dan keselamatan kita. Namun jangan berkecil hati, aktifitas traveling tetap bisa kita lakukan dengan mengunjungi destinasi wisata indoor, salah satunya adalah mengunjungi museum. Berwisata ke museum juga bermanfaat sebagai sarana pendidikan bagi anak-anak dan sudah tentu biayanya akan lebih terjangkau dibandingkan traveling mengunjungi destinasi wisata lainnya.

Museum Gajah Jakarta
Salah satu museum yang bisa kita kunjungi adalah museum Republik Indonesia atau lebih dikenal sebagai museum Gajah karena di halaman depan museum ini terdapat sebuah patung Gajah dari perunggu yang merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailang yang pernah berkunjung ke museum ini pada tahun 1871. Museum ini lebih tepatnya berada di Jl. Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat. Museum Gajah adalah museum pertama dan terbesar yang ada di Asia Tenggara. Museum ini merupakan sebuah gedung peninggalan Belanda yang dipergunakan sebagai sarana pembelajaran beragam warisan budaya dan sebagai pusat informasi kultural yang sifatnya rekreatif, juga berfungsi sebagai tempat pelestarian berbagai peninggalan budaya bangsa Indonesia. Sampai saat ini museum Gajah mempunyai catatan koleksi peninggalan sebanyak 141.899 benda yang meliputi 7 kategori yaitu kategori Sejarah, Geografi, Prasejarah, Keramik, Etnografi, Arkeologi, Numismatik & Heraldik. 

Bagi sobat traveler yang berminat mengunjungi museum Gajah dapat berkunjung setiap hari kecuali hari Senin dan hari-hari besar nasional karena museum ini tutup, waktu berkunjung di museum Gajah setiap hari :
Selasa s/d Jum'at buka pukul 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu museum buka pada pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk biaya masuk ke museum sangat terjangkau, biaya masuk untuk pengunjung perorangan Dewasa Rp. 5.000, anak-anak Rp. 3.000,-. Sedangkan untuk pengunjung rombongan minimal 20 orang, harga tiket masuk untuk dewasa Rp. 3.000, dan anak-anak (TK s/d SMA) harga tiket rombongan hanya Rp. 1.000,-. Tiket untuk pengunjung mancanegara adalah Rp. 10.000.

Untuk mencapai Museum Nasional atau museum Gajah sangatlah mudah, karena berbagai sarana transportasi bisa dipergunakan untuk mengunjungi museum ini mulai sarana trasnportasi roda dua, kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum bisa naik bus Trans Jakarta Koridor I jurusan Blok M menuju ke kota dan turun di halte Monumen Nasional. Pada hari-hari libur sekolah museum Nasional atau museum Gajah akan sangat dipadati pengunjung terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang berkeinginan mempelajari sejarah masa lampau. Traveling tidak harus mengunjungi tempat-tampata yang jauh, mengunjungi museum pun bisa menjadi sarana traveling yang menyenangkan, selain bisa menambah ilmu, biayanyapun lebih terjangkau. Selamat berwisata ke Museum Gajah, nikmati kebersamaan anda bersama keluarga, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Museum Gajah Museum Terbesar Di Asia Tenggara"

Posting Komentar