5 Budaya Asli Indonesia Yang Terkenal di Dunia | WISESATRAVEL.COM

5 Budaya Asli Indonesia Yang Terkenal di Dunia

Negara Indonesia memang dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang indah mulai gunung, pantai, danau, air terjun, bahkan keindahan bawah laut yang mempesona ada di negara kita ini. Disamping itu negara kita Indonesia juga dikenal mempunyai beragam seni dan budaya yang membuat negara ini mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak di miliki bangsa manapun di dunia. Hampir di setiap daerah akan kita dapatkan kebudayaan dan tradisi yang berbeda-beda sehingga menghadirkan keunikan tersendiri yang membuat banyak wisatawan terutama wisatawan dari luar negeri sangat antusias mengunjungi Indonesia. Ada beberapa budaya asli Indonesia yang sangat terkenal sampai mancanaegara, dan sudah sepatutnya kita berbangga hati karena telah menjadi bagian nusantara ini. Beberapa budaya yang dimaksud diantaranya :

Kerajinan Batik
Siapa yang tidak mengenal Batik, ya batik Indonesia telah mendapat pengakuan diluar sana dan sangat terkenal di mata dunia. Sehingga pada tahun 2009, tepatnya tanggal 2 Oktober 2009 salah satu badan di dunia UNESCO menyatakan bahwa teknik serta pengembangan motif Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan dan juga budaya lisan. Dengan penghargaan ini sudah seharusnya kita berbangga menjadi bagian dari Indonesia karena salah satu budaya kita telah terkenal dan di akui oleh dunia Internasional, untuk itu pemerintah mencanangkan bahwa tangga 2 Oktober sebagai hari Batik Nasional.

Wayang
Wayang, Budaya Asli Indonesia Yang Terkenal Di Dunia
Budaya Indonesia lainnya yang terkenal di mata dunia adalah Wayang, pada awalnya wayang ini adalah kesenian yang berkembang di pulau Jawa dan Bali semenjak ratusan tahun yang lalu, yang dipergunakan sebagai sarana penyebaran agama Islam di Indonesia. Dan ketika masyarakat Indonesia menyukai Wayang, maka Wayang telah menjadi satu tradisi tersendiri bagi bangsa Indonesia. Banyak sekali masyarakat atau warga negara asing yang tertarik dengan Wayang dan mempelajari Wayang sebagai sarana untuk lebih mengenal Indonesia.

Reog Ponorogo
Reog adalah salah satu kesenian dari Ponorogo, Jawa Timur yang merupakan tradisi dari masyarakat dan sudah terkenal sampai mancanegara. Pagelaran kesenian Reog sering ditampilkan sebagai sarana untuk lebih mengenalkan kesenian asli Indonesia. Salah satu bentuk Reog adalah berupa muka macan yang berbulu merak yang sering menceritakan mengenai penyelamatan seorang gadis, sungguh kaya negara kita ini. Selain destinasi wisata alam yang mempesona, seni dan kebudayaannya yang beragam menjadi anugerah tersendiri bagi bangsa ini.

Musik Angklung
Selain beberapa budaya yang telah dijelaskan di atas, Indonesia masih memiliki budaya yang terkenal sampai mancanegara salah satunya adalah Angklung. Angklung merupakan satu alat musik yang berasal dari Jawa Barat dan telah menjadi tradisi yang keberadaannya masih di jaga sampai sekarang. Alat music Angklung bila dimainkan memunculkan nada-nada yang indah, alat musik ini bisa dimainkan sendiri atau secara bersama-sama. Banyak sekali masyarakat dari luar negeri tertarik dan mempelajari alat musik asli Indonesia ini, sudah seharusnya kita berbangga hati akan hal ini.

Tari pendet
Tari Pendet, Budaya Asli Indonesia Yang Terkenal Di Dunia
Pulau Bali selain terkenal sebagai pulau Dewata karena keindahan alamnya yang mempesona, sebut saja pantai Kuta, Sanur, Ulu Watu, Legian, Seminyak, Pantai Pandawa dan masih banyak lagi. Bali juga termasyur dengan budayanya, salah satunya adalah Tari Pendet yang merupakan tarian khas masyarakat Bali. Pagelaran Tarian Pendet seringkali mengundang antusias wisatawan terutama wisatawan asing untuk menyaksikannya, mereka kagum akan gerakan tarian yang indah serta nilai budaya tinggi yang terkandung didalamnya

Tidak salah bila Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit terutama bagi wisatawan mancanegara, selain keindahan dan pesona alamnya yang mengagumkan, negara kita juga mempunyai seni dan budaya yang beragam yang membuat ciri khas Indonesia semakin dikenal di dunia. Yang menjadi tugas kita saat ini adalah tetap terus menjaga kelestarian alam, sni, dan budaya Indonesia yang beragam, agar anak cucu kita juga bangga menjadi bagian Nusantara tercinta ini.

0 Response to "5 Budaya Asli Indonesia Yang Terkenal di Dunia"

Posting Komentar