Cara Memulai Bisnis Tour & Travel | WISESATRAVEL.COM

Cara Memulai Bisnis Tour & Travel

Bagaimana Memulai Bisnis Tour & Travel
Berbagai peluang usaha bisa kita jalankan sebagai sarana mewujudkan kesuksesan, salah satunya adalah peluang usaha di bidang Tour & Travel. Mengapa demikian? karena usaha ini mempunyai banyak sekali lini produk atau lini usaha yang bisa kita pasarkan. Pertanyaan yang sering muncul dalam benak kita, bagaimana langkah memulai bisnis travel ini? Langkah untuk memulai bisnis travel ini bergantung kepada skala bisnis yang akan anda jalankan. Untuk usaha travel dengan modal yang benar-benar minim, anda dapat mengawalinya dengan membuka Travel yang hanya menjual tiket pesawat saja. Banyak sekali travel jenis ini karena menjalankan bisnis dengan keterbatasan modal bahkan tanpa modal sama sekali, keuntungan menjalankan travel tiket pesawat anda tidak diharuskan mempunyai kantor yang tetap atau tanpa kantor sekalipun, dapat dimanapun dirumah, di kos-kosan atau dimanapun. Berikut langkah-langkah memulai bisnis Tiket Pesawat dengan Modal yang Minim atau bahkan tanpa Modal alias Gratis!
Bisnis Tour & Travel
Langkah Pertama : Untuk yang mempunyai keterbatasan modal, anda bisa memulai dengan menjadi sub agent dari travel-travel yang sudah mapan yang memberikan kesempatan menjadi sub agen travel tersebut. Berbagai travel besar memberikan kesempatan untuk bergabung menjadi sub agent dengan fasilitas, biaya yang berbeda-beda, serta kemudahan-kemudahan yang bisa kita manfaatkan, namun persyaratan yang paling utama biasanya minimal anda harus memiliki akses internet, hanphone sebagai sarana komunikasi dan promosi serta memiliki rekening di bank sebagai sarana bertransaksi.

Langkah kedua : Bila sudah terdaftar sebagai sub agen, secara langsung anda akan mendapatkan sebuah User ID dan Pasword yang dapat dipergunakan mengakses maskapai, bisa dipergunakan untuk cek harga tiket, cek jadwal penerbangan, booking atau bahkan beberapa di antara travel besar memberikan sebuah system yang memperbolehkan sub agentnya melakukan Issued tiket sendiri, serta dapat mencetak tiket secara langsung. Nah bila anda sudah memiliki User ID dan Pasword serta bisa login kedalam system maskapai, tentunya anda sudah bisa langsung berjualan Tiket Pesawat.

Langkah ketiga : Langkah selanjutnya jika diperkenankan oleh travel yang anda ikuti, anda harus memberikan branding atau nama atas usaha travel anda. Misalnya Travelku, Bintang travel, Bulan Travel dan lain-lain. Namun perlu diingat anda harus benar-benar memberikan nama yang baik, mudah dikenal dan mudah diingat karena ini menyangkut nama bisnis anda.
Sampai disini bila sudah dijalankan, anda patut memperoleh ucapan Selamat karena telah mempunyai bisnis travel sendiri! Namun percayalah ini hanya permulaan, karena perjalanan anda untuk membangun bisnis travel masih sangat panjang.

Langkah keempat : Agar roda bisnis anda bisa berjalan, promosikan travel yang anda miliki dengan membuat brosur, kartu nama, atau mempromosikan melalui media online seperti melalui Facebook, Twitter, Google Plus dan lain-lain, bisa juga melalui media pemasaran gratis di Internet. Anda harus pandai-pandai mengkombinasikan antara promosi secara online dan offline.

Langkah kelima : Bila konsumen mulai berdatangan dan membeli produk jasa anda, berikan pelayanan yang sebaik-baiknya, jangan pernah mengecewakan mereka karena dengan memberikan pelayanan yang terbaik efek yang anda dapatkan akan luar biasa, satu konsumen yang puas dengan pelayanan travel anda akan merekomendasikan kepada teman, saudara, kerabat atau orang yang dikenalnya. Dan begitu juga kerabat, teman, atau saudara konsumen yang tadi akan merekomendasikan kepada yang lain, begitu seterusnya. Pelajari juga kebiasaan konsumen agar anda bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

Langkah Keenam : Kesuksesan anda menjalankan bisnis travel bergantung kepada diri anda sendiri, sambil berproses berupayalah untuk terus belajar karena kita ketahui di awal bisnis travel ini mempunyai lini produk dan lini bisnis yang banyak, seperti penjualan Voucher Hotel, Tiket KA, atau Paket Tour. Pelajari semua dan jual!! Ambil dan manfaatkan peluang ini dengan sebaik mungkin.

Untuk bisnis Travel sekala menengah : Bila seluk beluk menjadi sub agent sebuah travel besar telah anda kuasai dengan baik, anda dapat memulai satu langkah maju kembali dengan mendaftarkan diri sebagai Agen, atau satu tingkatan diatas sub agent. Dimana bila mendaftar menjadi Agen sebuah travel besar biasanya kita akan diberikan panduan system, SOP, kartu nama, marketing brosur, pengurusan perijinan dan lain-lain. Bagi anda yang memilih travel dengan keberadaan kantor yang tetap, harus memperhatikan lokasi yang akan anda pilih sebagai kantor, meskipun hal ini bukan menjadi yang utama namun sedikit banyak akan mempengaruhi target market anda. Namun semuanya kembali kepada anda, sesuaikan dengan baik budget yang anda miliki, jangan sampai dana usaha anda habis hanya untuk menyewa kantor yang mempunyai letak yang strategis tanpa mempertimbangkan biaya-biaya lainnya.
Strategi Marketing Bisnis
Marketing menjadi komponen yang penting dalam semua bisnis, tidak terkecuali dalam bisnis Travel yang anda jalankan. Anda harus pandai-pandai menerapkan strategi marketing baik itu melalui media online seperti pemasaran melalui Website, Facebook, Twitter, Google Plus dan lain-lain, atau strategi marketing offline seperti melalui penyebaran brosur, kartu nama, iklan melalui Koran, radio dan lain-lain. Bila perlu kombinasikan strategi marketing online dan offline agar anda memperoleh hasil market yang maksimal. Karena Bisnis Tour & Travel adalah bisnis dalam bidang jasa, upayakan selalu mengutamakan pelayanan yang terbaik bagi konsumen anda.

Untuk bisnis Tour and Travel sekala besar, Untuk bisnis travel yang mempunyai skala lebih besar anda dapat memulainya dengan membuat badan usaha yang mempunyai kekuatan hukum kemudian mendaftarkan perusahaan anda secara langsung sebagai agen ke maskapai. Modal untuk bisnis dalam skala ini sudah cukup besar, karena anda harus menaruh deposit ke masing-masing maskapai yang besarnya rata-rata Rp. 10 Jutaan. Namun untuk lebih mudahnya anda bisa membeli waralaba bisnis Tour & Travel dari Travel yang sudah benar-benar mumpuni.

Demikian sedikit info bagaimana cara memulai bisnis Tour & Travel, bagi anda yang berkeinginan mempunyai usaha sendiri mengambil peluang usaha dibidang Tour & Travel bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, karena kita tahu lini bisnis yang akan kita jalankan sangat banyak sehingga peluang keberhasilan akan lebih besar. Ambillah peluang ini sekarang juga “kesuksesan bukan hanya dalam angan-angan, tetapi dalam tindakan”

2 Responses to "Cara Memulai Bisnis Tour & Travel"

  1. Baru dari selltiket.com, untuk semua agen selain anda bisa menjual tiket pesawat dan tiket kereta api sekarang anda juga dapat melakukan pembayaran : PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom, pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih telah berkenan mengunjungi website kami, sukses selalu HOTFOREX INDONESIA

    BalasHapus