5 Destinasi Wisata yang Layak Dikunjungi di Banyuwangi | WISESATRAVEL.COM

5 Destinasi Wisata yang Layak Dikunjungi di Banyuwangi

Propinsi Jawa Timur dikenal mempunyai berbagai destinasi wisata alam yang indah, mulai gunung, pantai, danau, air terjun, goa bawah tanah, bahkan wisata bawah laut yang mempesona ada di propinsi ini. Sebut saja kota Banyuwangi yang merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur dan sebagai kota pembatas antara Jawa Timur dan Pulau Bali, kota yang berada di ujung paling timur pulau Jawa ini menyimpan berbagai potensi alam yang luar biasa indah dan banyak mengundang wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi kota Banyuwangi. Bagi sobat traveler yang belum mempunyai rencana dimana akan menghabiskan liburan dan mengisi akhir pekan, kota banyuwangi dapat menjadi alternative pilihan yang layak karena beberapa destinasi wisata alamnya yang indah dan mempesona. Berikut 5 destinasi wisata di Banyuwangi yang bisa menjadi tujuan anda :

1. Kawah ijen, Banyuwangi
Kawah Ijen, Destinasi Wisata di Banyuwangi
Kawah Ijen mempunyai daya tarik yang menawan bagi siapapun yang berkeinginan mengunjungi kota Banyuwangi. Kawah Ijen terletak di kawasan gunung Ijen yang mempunyai ketinggian 2.368 mdpl dan merupakan bagian dari Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang lebih tepatnya berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Licin Banyuwangi dan Kecamatan Klobang yang masuk wilayah administratif  kota Bondowoso. Keindahan Kawah Ijen dengan api birunya sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara, karena hanya ada dua di dunia dan salah satunya adalah api biru Kawah Ijen. Kelelahan menggapai puncak gunung Ijen akan terbayarkan dengan keindahan api biru yang mempesona dari bibir kawahnya, yang biasa disaksikan di waktu dini hari antara jam duaan sampai dengan jam 3 an menjelang pagi. 

2. Taman Nasional Baluran, Banyuwangi
Destinasi berikutnya yang layak dikunjungi di Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Baluran merupakan salah satu tempat konservasi flora dan fauna yang dilindungi. Taman Nasional ini lebih tepatnya berada di sebagian wilayah Situbondo dan Banyuwangi, untuk bisa mencapai Taman Nasional Baluran aksesnya cukup mudah, dari Banyuwangi anda bisa mengambil rute ke Batangan, dan kemudian dilanjutkan ke Beko. Taman Nasional Baluran menawarkan keindahan alam yang menakjubkan sehingga sangat direkomendasikan bagi sobat traveler yang sangat menyukai destinasi wisata alam dan mengagumi keindahan alam.

3. Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi
Destinasi menarik dan layak dikunjungi di kota Banyuwangi berikutnya adalah Taman Nasional Alas Purwo yang berada di sekitar kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Taman Nasional Alas Purwo merupakan suatu kawasan hutan hujan dataran rendah yang didalamnya terdapat berbagai flora seperti hutan bambu yang merupakan tanaman dominan di kawasan ini serta 584 jenis flora yang lain terdiri dari rumput, herba, semak, liana, dan pohon.  Terfapat juga fauna liar seperti rusa, banteng, macan tutul, babi hutan, kera abu-abu, Lutung, Biawak dan lain-lain. Hutan yang masih alami dan berbagai flora dan fauna yang menghuninya menjadi daya tarik tersendiri bagi Taman Nasional Alas Purwo.

4. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi
Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata di Banyuwangi
Bagi sobat traveler yang sangat menyukai keindahan pantai, berkunjung ke Banyuwangi menjadi tujuan yang tepat. Karena beberapa pantai yang cantik dan indah ada di Banyuwangi, salah satunya adalah Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Pantai ini berada di desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai Pulau Merah terkenal dengan sebuah bukitnya yang hijau dan bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai, dan bisa dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut. Di bukit tersebut juga terdapat sebuah Pura yang biasa dijadikan sebagai tempat melaksanakan upacara Mekiyis bagi warga sekitar yang beragama Hindu. Taman Nasional Alas Purwo dikelola oleh Perum Perhitani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

5. Pantai Teluk Hijau (Green Bay), Banyuwangi
Satu lagi pantai yang keren bagi anda pencinta keindahan dan panorama yang cantik di Banyuwangi, pantai ini bernama Pantai Teluk Hijau (GreenBay). Pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri dengan pasir putih yang lembut dan batu karangnya yang indah, pantai Teluk Hijau berada di areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi atau berjarak sekitar 90 kilometer dari kota Banyuwangi. Mengunjungi pantai ini akan membuat pikiran kita kembali fresh karena pemandangannya yang masih alami dan indah.

Indonesia memang negara yang indah, dari Aceh sampai Papua terdapat berbagai keindahan alam yang mempesona, sehingga Indonesia sering menjadi tujuan wisata bagi wisatawan dunia. Tugas kita adalah tetap menjaga kelestarian semua kekayaan alam yang kita miliki bukan hanya untuk kita, tetapi demi anak cucu kita agar mereka juga bangga menjadi bagian dari nusantara yang indah ini.
 

0 Response to "5 Destinasi Wisata yang Layak Dikunjungi di Banyuwangi"

Posting Komentar