4 Gunung Terbaik di Indonesia Untuk Aktifitas Camping | WISESATRAVEL.COM

4 Gunung Terbaik di Indonesia Untuk Aktifitas Camping

Mengisi liburan dengan melakukan kegiatan di alam bebas seperti camping dan mendaki gunung adalah aktifitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Dengan camping atau mendaki gunung kita akan bisa menyaksikan keindahan bumi nusantara ini dari ketinggian sebuah gunung atau menikmati alam yang sejuk dan nyaman saat kita berada di hutan. Namun tahukah sobat traveler bahwa tidak semua gunung atau hutan bisa kita jadikan lokasi camping yang nyaman serta melakukan aktifitas dengan baik. Ada beberapa gunung di Indonesia yang bisa kita jadikan lokasi yang nyaman untuk bercamping atau melakukan aktifitas pendakian, 4 diantaranya adalah beberapa gunung di Jawa Barat dan Jawa Timur, simak informasinya :

1. Gunung Semeru, Jawa Timur
Ranu Kumbolo
Gunung Semeru adalah salah satu gunung di Jawa Timur yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Gunung ini mempunyai pemandangan dan panorama yang indah terutama di wilayah danau Ranu Kumbolonya. Untuk mencapai puncak gunung Semeru atau lebih dikenal dengan puncak Mahameru para pendaki biasanya terlebih dahulu beristirahat dan mendirikan tenda di kawasan danau Ranu Kumbolo, setelah melakukan perjalanan dari Ranu Pane. Menikmati keindahan dan panorama danau Ranu Kumbolo dengan mendirikan tenda di sepanjang pinggiran danau adalah sebuah sensasi tersendiri bagi pendaki yang melakukan aktifitas bercamping di wilayah ini, keindahan dan panorama Ranu Kumbolo seakan menyihir kita agar tidak beranjak dari tempat yang indah ini. Untuk mencapai gunung Semeru sobat traveler dapat menuju kota Malang, dari terminal Arjosari kota Malang dilanjutkan naik angkot jurusan ke Tumpang, dari Tumpang dilanjutkan menuju desa Ranu Pane dengan naik Jeep atau menumpang truk sayur.

2. Gunung Rinjani, Lombok
Danau Segara Anak, Rinjani
Gunung selanjutnya yang menarik dijadikan sebagai tempat bercamping adalah gunung Rinjani, gunung Rinjani mempunyai ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah puncak Cartenz dan Gunung Kerinci. Gunung Rinjani berada di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak jarang wisatawan berkunjung ke Propinsi ini hanya untuk bisa mendaki ke gunung Rinjani. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, pemandangan gunung ini sangat indah terutama bila berada dalam kawasan danau Segara Anak yang merupakan salah satu “master piece” dari gunung Rinjani. Bercamping dan menikmati keindahan Danau Segara Anak menjadi salah satu aktifitas favorit para pendaki baik sebelum mencapai puncak gunung ataupun setelah turun dari puncak gunung Rinjani. Jalur pendakian menuju gunung Rinjani bisa dicapai melalui beberapa jalur diantaranya jalur Sembalun, Senaru dan Torean. Beristirahat dan bercamping di area Danau Segara Anak yang mempunyai luas 1.100 hektar akan lebih mengesankan bila anda membawa peralatan memancing, karena di dalam danau terdapat ikan mas, nila dan mujahir yang bisa di pancing dan dimasak atau dibakar setelah mendapatkannya. Untuk mencapai kaki gunung Rinjani anda bisa menuju kota Mataram terlebih dahulu, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil dan langsung menuju ke Sembalun, Senaru atau melalui jalur Torean. Bila menggunakan angkutan umum menuju jalur Sembalun harus transit dulu ke Aikmel, namun bila mengambil dua jalur lainnya dari Mataram ada angkutan langsung ke desa Senaru atau jalur Torean.

3. Gunung Papandayan, Jawa Barat
Bagi pendaki pemula dan para wisatawan yang berniat menghabiskan waktu liburan atau weekendnya di alam bebas dapat mencoba mendaki atau bercamping di gunung Papandayan, gunung ini terletak di kabupaten Garut dan mempunyai ketinggian 2.665 mdpl, dengan medan yang tidak terlalu berat sangat cocok bagi pendaki pemula karena jalurnya yang cenderung landai dan mempunyai pemandangan sangat indah. Bila sobat traveler masih belum mampu atau enggan mencapai puncak gunung Papandayan dapat bercamping di dua tempat favorit para pendaki yaitu Pondok Salada dan Tegal Alun. Kawasan Pondok Salada merupakan sebuah tanah lapang dan padang edelwis yang luas sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat bercamping, disini juga tersedia air bersih yang sangat bermanfaat bagi aktifitas bercamping sobat traveler. Dari Pondok Salada dapat langsung kita saksikan kawasan Hutan Mati, yang banyak terdapat pohon-pohon mati tanpa daun. Tempat selanjutnya yang cocok sebagai tempat bercamping adalah Tegal Alun, yang berupa sebidang tanah yang berkontur dan luas serta banyak ditumbuhi bunga edelwis, kawasan ini sangat indah disaat musim penghujan telah tiba karena terlihat sangat hijau dan subur. Di area atau kawasan ini juga terdapat aliran air bersih yang dapat dipergunakan sobat traveler bila bercamping, namun kondisinya lebih sepi bila dibandingkan dengan bercamping di Pondok Salada. Tegal Alun merupakan kawasan yang hampir sama dengan Alun-alun Suryakencana yang berada di gunung Gede Pangrango. Tidak terlalu susah untuk mencapai gunung Papandayan, dari kota Garut sobat-sobat dapat mencari angkutan menuju daerah Cijulang, dipertigaan Cisurupan mengambil jalan lurus, menuju gunung Papandayan dan akan disambut sebuah papan nama bertuliskan “Selamat Datang di Gunung Papandayan”

4. Gunung Gede, Jawa Barat
Gunung berikutnya yang sangat cocok dijadikan sebagai lokasi camping dan mendaki gunung untuk menghabiskan masa liburan atau weekend terutama bagi masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya adalah gunung Gede Pangrango. Gunung ini berlokasi di Jawa Barat lebih tepatnya berada di tiga kabupaten yakni Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Ada dua jalur utama untuk bisa mencapai puncak gunung Gede Pangrango yaitu melalui jalur Cibodas dan Jalur Putri, jalur Cibodas cenderung lebih landai dan pemandangannya pun lebih indah sehingga bagi sobat traveler yang baru menekuni atau baru memulai hobi mendaki dapat menggunakan jalur ini sebagai pemanasan sebelum menempuh jalur-jalur lain yang lebih ekstrem. Jalur berikutnya adalah rute jalur Putri, dibandingkan dengan jalur Cibodas jalur Putri lebih menantang karena trek di jalur ini lebih terjal namun ada keuntungan lain yaitu bila melalui jalur ini sobat traveler dapat lebih cepat sampai ke Alun-alun Suryakencana dengan ketinggian 2.750 mdpl yang merupakan salah satu tempat dari dua tempat favorit di gunung Gede yang dapat anda jadikan sebagai lokasi bercamping, satu tempat lainnya adalah daerah yang disebut kandang Badak yang berada di ketinggian 2.200 mdpl. Namun biasanya pendaki lebih memilih membuka tenda dan beristirahat di area Alun-alun Suryakencana, karena tempatnya lebih tinggi dan pemandangannya lebih indah berada di tengah-tengah bunga edelwis dengan luas 50 hektare dan mempunyai aliran air yang jernih sehingga sangat bermanfaat bagi aktifitas bercamping dan mendaki.

Aktifitas apapun yang akan anda lakukan di alam bebas sudah tentu harus selalu memperhatikan kebersihan dan kelestarian lingkungan yang akan kita kunjungi, “jangan pernah membunuh apapun selain waktu, jangan pernah mengambil apapun selain foto dan jangan pernah meninggalkan apapun selain jejak kaki”, save our mountain, save our earth.

0 Response to "4 Gunung Terbaik di Indonesia Untuk Aktifitas Camping"

Posting Komentar