Tips Memilih Sleeping Bag untuk Perjalanan Anda | WISESATRAVEL.COM

Tips Memilih Sleeping Bag untuk Perjalanan Anda

Bagi sobat traveler yang gemar melakukan perjalanan di alam bebas seperti melakukan aktifitas camping, atau pendakian ke gunung tentu sangat mengenal sekali dengan yang namanya sleeping bag. Sleeping bag merupakan sebuah benda sejenis selimut yang fungsi utamanya adalah menghangatkan badan ketika sedang tidur. Sleeping bagi menjadi barang yang wajib dibawa para petualang ketika melakukan perjalanan di alam bebas mengingat suhu udara yang relative dingin bila kita sedang berada di ketinggian. Ada beberapa jenis sleeping bag yang bisa kita bawa ketika melakukan sebuah perjalanan, berikut tips sederhana memilih sleeping bag yang sesuai dan pas untuk perjalanan anda :

Sesuaikan Pilihan Sleeping Bag dengan Perjalanan Anda
Tips Memilih Sleeping Bag Untuk Perjalanan Anda
Ada beberapa jenis sleeping bag yang bisa anda pilih untuk menemani perjalanan, karena sleeping bag dibuat untuk digunakan pada kondisi dan daerah yang mempunyai cuaca yang berbeda. Pertama adalah sleeping bag yang dibuat untuk daerah yang mempunyai 1-2 season, sleeping bag ini cocok digunakan pada daerah yang panas. Biasanya sleeping bag jenis ini mempunyai berat yang sangat ringan tidak lebih bahkan kurang dari satu kilogram dan desainnya tidak sumpek. Sleeping bag yang kedua yang dibuat untuk daerah yang mempunyai 2 season, sleeping ini dipergunakan saat akhir musim semi sampai awal musim gugur, mempunyai berat rata-rata satu sampai dengan satu setengah kilogram. Sleeping bag selanjutnya yang dibuat untuk daerah yang mempunyai 3 season dan biasa dipergunakan pada awal musim semi sampai musim gugur hingga musim dingin, sleeping jenis ini mempunyai berat antara satu koma empat kilogram sampai dua kilogram. Jenis sleeping yang terakhir adalah jenis yang dibuat untuk 4 season dan biasa dipergunakan pada sebuah ekspedisi pendakian gunung karena di dalamnya terdapat lapisan sintetis tambahan.

Memilih Bahan Sleeping Bag Sesuai Perjalanan Anda
Dari segi bahannya pun sleeping bag dapat dibedakan, ada yang dibuat dengan menggunakan bahan parasit seperti nilon atau polyster, kanvas dan dari kapas. Selain itu ada yang terbuat dari bahan sintetis, polar dan dacron. Untuk sleeping bag yang terbuat dari bahan parasit sangat cocok dipergunakan untuk anda yang biasa bepergian menggunakan kendaraan umum karena sleeping bag jenis ini lebih praktis dan bahannya lebih ringan untuk dibawa-bawa. Sedang yang berbahan sintetis cocok dipakai dan dibawa saat musim hujan, karena bahannya lebih cepat kering bila terkena air. Sleeping bag yang berbahan polar lebih hangat dari yang berbahan dacron, namun sleeping bag berbahan polar lebih berat dari sleeping yang berbahan dacron sehingga akan lebih berat bila di bawa untuk traveling.

Memilih Model Sleeping Bag yang Nyaman Dipakai
Beberapa desain model sleeping bag dapat anda pilih untuk menemani perjalanan selama traveling, ada model yang berbentuk seperti mumi dan sleeping bag jenis ini dibuat sesuai bentuk tubuh sehingga hangat bila dipakai. Desain model berikutnya berbentuk persegi panjang atau biasanya biasa disebut sebagai sleeping bag tiker karena desainnya bisa dibuka melebar sehingga memungkinkan anda bergerak bebas dan leluasa bila menggunakan sleeping bag jenis ini.

Usahakan Meneliti Sebelum Membeli Sleeping Bag
Sebelum benar-benar membeli sebuah sleeping bag ada baiknya anda memeriksa keseluruhan bagian sleeping bag, termasuk mengecek jahitannya temasuk jahitan yang kuat atau tidak, janga lupa juga mengecek bahan dan lapisan dalam atau luar karena beberapa jenis sleeping bag mempunyai bahan yang berbeda di lapisan dalam dan luarnya.

Membeli Sleeping Bag Sesuai Budget Anda
Setelah semua bagian dari sleeping bag anda periksa dan tidak menemukan ada yang cacat seperti berlubang atau robek dan jahitannya tergolong bagus dan kuat, tidak ada salahnya bila anda memilih sleeping bag dengan kualitas terbaik meskipun tentunya harganya lebih dibandingkan dengan sleeping bag kualitas dibawahnya. Namun semuanya tergantung kepada sobat traveler, bila anggaran untuk membeli sleeping bag terbatas upayakan membeli dengan standar pemakaian yang tentunya bisa anda ketahui.

Cukup demikian tips memilih sleeping bag untuk menemani perjalanan sobat traveler sekalian, dan satu lagi bila akan menggunakan sleeping bag ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu dengan membalik bagian dalamnya ke luar terlebih dahulu, hal ini menghindari dan mencegah adanya serangga di dalam sleeping bag yang tentunya akan membuat tidak nyaman ketika anda pakai. Selamat menjalankan aktifitas traveling anda, nikmati dan rasakan sensasinya, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Tips Memilih Sleeping Bag untuk Perjalanan Anda"

Posting Komentar