Mengunjungi Masjid Al-Akbar, Salah Satu Icon Kota Surabaya | WISESATRAVEL.COM

Mengunjungi Masjid Al-Akbar, Salah Satu Icon Kota Surabaya

Bila sobat traveler dari luar kota Surabaya berkunjung ke Kota Surabaya dan menetap selama beberapa hari di kota Pahlawan ini, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu icon lain Kota Surabaya yaitu Mesjid Nasional Al Akbar, yang merupakan masjid megah dan terbesar kedua setelah masjid Istiqlal di Jakarta. Mesjid Al Akbar Surabaya dibangun atas prakarsa dan gagasan Walikota Surabaya pada saat itu yaitu bapak H. Soenarto Soemoprawiro, yang pembangunannya di mulai pada 4 Agustus 1995, dan akhirnya diresmikan oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid pada tanggal 10 November 2000. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dibangun diatas lahan seluas 11,2 hektar dengan luas bangunan 28.509 meter persegi, mempunyai panjang bangunan 147 meter dan lebar 128 meter. Mesjid Al Akbar dibangun dua lantai serta memiliki menara yang dilengkapi dengan lift yang diperuntukkan bagi pengunjung yang berkenan menikmati pemandangan kota Surabaya, dan kota-kota lain di sekitar seperti Sidoarjo dan Bangkalan dari ketinggian menaranya yang mencapai 99 meter. Di hari Sabtu dan terutama Minggu pagi seluruh area Masjid Al Akbar akan dipadati banyak pengunjung, baik untuk sekedar datang berkunjung dan menikmati keindahan bangunan Masjid atau berolahraga karena memang di sekeliling Masjid juga di bangun semacam jogging track bagi pengunjung yang gemar berolahraga.

Masjid Al Akbar Surabaya
Selain jogging track yang dibangun di sekeliling Masjid, Masjid Al-Akbar Surabaya juga mempunyai fasilitas lain, seperti ruang kantor sekretariat, ruang As-Shofa, Al Marwah dengan ukuran luas 36 m X 42 m yang biasanya di sewakan untuk acara-acara khusus seperti pesta pernikahan, seminar dan lain sebagainya, ruangan ini juga dilengkapi dengan AC, Karpet panggung, sound system, spot wifi, ruang ganti dan toilet serta diprediksi dapat menampung sekitar 2000 tamu undangan. Pengunjung Masjid Al Akbar Surabaya dapat menyaksikan keunikan lain yang didapatkan dari bentuk dan desain kubah dengan struktur daun yang diberikan perpaduan warna biru dan hijau gelap yang memberikan kesan damai dan sejuk, bangunan Masjid memiliki bangunan utama dan dua bangunan lain yang saling berhubungan dimana kedua bangunan lainnya mempunyai akses dan dapat menembus langsung ke bangunan utama masjid. Bila kita masih berada diluar Masjid akan kita lihat juga berbagai corak ukiran dan kaligrafi yang menghiasi bagian eksterior masjid. Semua akses atau pintu masuk masjid yang berjumlah 45 buah di buat dari kayu jati yang juga berukir indah. Sedangkan bagian interior masjid didominasi dengan hiasan dan ukiran kaligrafi hampir di seluruh dinding masjid, dan di bagian atas interior ada ornament kaligrafi dengan panjang 180 meter dan lebar satu meter, terdapat juga banyak rak yang berisikan kitab-kitab suci Alqur’an hampir di setiap sudut ruangan.

Setelah puas berkeliling menikmati keindahan bangunan masjid mulai dari bagian eksterior atau masuk dan mengagumi bangunan interior masjid, sobat traveler dapat melepas lelah atau mungkin menikmati berbagai macam makanan yang disajikan oleh berbagai pkl binaan yang berada tepat di depan halaman utama masjid Al-Akbar, atau mencoba menikmati kuliner yang berada disekeliling masjid bila anda berkunjung di hari minggu pagi, karena bila di hari minggu di sekeliling masjid di manfaatkan oleh berbagai pedagang untuk menggelar dagangannya dan menarik minat pengunjung untuk membelinya. Mesjid Al Akbar telah menjadi icon kota Pahlawan Surabaya, selain sebagai sarana beribadah juga sebagai destinasi wisata religi yang bisa menjadi alternative bagi sobat traveler pencinta keindahan bangunan dan arsitektur untuk mengunjunginya. Selamat berkunjung ke Mesjid Al Akbar Surabaya, dan tetaplah menjaga kesopanan dan kesantunan selama mengunjungi masjid ini, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Mengunjungi Masjid Al-Akbar, Salah Satu Icon Kota Surabaya"

Posting Komentar