Air Terjun Nglirip dan Legenda Putri Rupawan | WISESATRAVEL.COM

Air Terjun Nglirip dan Legenda Putri Rupawan

Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang mempunyai banyak sekali potensi wisata yang masih perlu dikembangkan dan diperkenalkan kepada dunia luar sebagai salah satu sumber pendapatan dari sektor pariwisata. Salah satunya adalah destinasi wisata air terjun Nglirip di Kota Tuban, Jawa Timur. Air terjun Nglirip lebih tepatnya berada di desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban atau berjarak kurang lebih 38 Km ke arah barat kota Tuban. Air terjun Nglirip mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dan lebar 28 meter, selain menyajikan keindahan yang masih alami dengan vegetasi yang di dominasi pohon jati serta beberapa tanaman hutan lainnya, di kawasan wisata air terjun Nglirip ini juga masih menyimpan sebuah legenda yang bercerita tentang seorang puteri cantik yang menunggu sang pujaan hatinya dan dipercaya masyarakat setempat masih terus menunggu sampai saat ini. Karena terkadang juga muncul penampakan baik di area air terjun atau di kawasan hutan sekitar air terjun Nglirip seorang puteri cantik yang sedang bermain air terjun, atau sedang membatik. Konon memang ada sebuah goa di dalam air terjun yang dipergunakan sebagai tempat tinggal sang puteri. Terlepas dari benar atau tidaknya, cerita ini telah berkembang dan terus menjadi legenda serta masih dipercaya oleh masyarakat setempat.
 
Air Terjun Nglirip Dan Legenda Putri Menawan
Untuk mencapai dan mengunjungi air terjun Nglirip sebenarnya mempunyai akses yang mudah, karena berada di jalur alternative sehingga bisa di capai dengan kendaraan roda dua atau kendaraan pribadi. Bila sobat traveler mengunjungi air terjun Nglirip dari arah Kota Tuban maka jalur yang harus di ambil rute ke arah Kecamatan Merakurak, kemudian menuju arah Montong, dari Montong langsung menuju arah Singgahan yang merupakan lokasi air terjun Nglirip. Bila Menuju air terjun Nglirip melalui Tuban, setelah melewati wilayah Kecamatan Montong akan melalui semacam terowongan sepanjang 300 meter dengan hamparan tebing-tebing batu yang cukup tinggi di kanan- kirinya. Dan dilanjutkan melewati kawasan hutan yang di dominasi dengan tanaman pohon jati, sengon, mahoni dan beberapa tanaman hutan lainnya, di kawasan ini juga akan banyak di jumpai sumber air yang jernih dengan debit air yang melimpah tiada henti meski sedang musim kemarau. Namun bila sobat traveler mengambil rute dari kota Bojonegoro atau Jatirogo maka jalur yang harus ditempuh menuju arah kecamatan Parengan-perempatan Anjlok, dan diteruskan mengambil rute menuju Montong yang berjarak kurang lebik 2 km. Untuk akses menggunakan kendaraan umum masih sedikit susah, karena angkutan yang melalui rute-rute ini masih sangat minim hanya beroperasi sampai dengan jam 11 siang saja. Selain mengunjungi air terjun Nglirip sobat traveler yang menyukai segala sesuatu yang berbau mistik dapat mengunjungi makam Mbah Jabbar yaitu sebuah makam yang dikeramatkan oleh penduduk setempat yang lokasinya berada di seberang jalan dekat air terjung Nglirip. Untuk mengunjungi makam ini kita harus melalui dan menaiki beberapa undak-undakan karena makam Mbah Jabbar berada di tanah gundukan yang cukup tinggi. 

Air Terjun Nglirip sebenarnya merupakan sebuah bendungan irigasi yang airnya mengalir ke daerah yang lebih rendah, diatas air terjun terdapat sebuah jembatan penghubung antar kampung yang di buat dari besi yang kokoh, sobat traveler dapat berada diatas jembatan ini dan menikmati keindahan alam di sekitar area air terjun Nglirip yang masih menawan dengan hutan-hutan yang masih hijau dan aliran air terjun yang panjang membentuk sebuah sungai di bawah. Air Terjun Nglirip masih sangat membutuhkan pengembangan dan penanganan yang lebih serius dari pemerintah setempat karena masih belum ada fasilitas yang memadai, namun bila tempat ini dikembangkan dan di kelola dengan baik bukan tidak mungkin suatu saat nanti akan menjadi alternative destinasi wisata yang menarik khususnya di kota Tuban dan tentunya akan semakin menambah pemasukan pemerintah daerah dari sektor pariwisata. Selamat berkunjung dan menikmati keindahan air terjun Nglirip, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda

0 Response to "Air Terjun Nglirip dan Legenda Putri Rupawan"

Posting Komentar