Mengunjungi Desa-desa Indah di Nusantara | WISESATRAVEL.COM

Mengunjungi Desa-desa Indah di Nusantara

Negara kita Indonesia memang dikaruniai banyak tempat-tempat yang indah, mulai pantai, danau, air terjun, gunung dan berbagai tempat yang indah lainnya dibumi nusantara ini. Semua keindahan ini menjadi anugerah yang tetap harus kita jaga kelestariannya, disamping berbagai keindahan alami yang telah banyak kita lihat, ada beberapa tempat yang mungkin sering terlupakan namun juga mempunyai pesona yang tidak kalah mengagumkan dengan tempat-tempat atau wisata alam yang sudah banyak dikenal orang. Pesona yang dimaksud adalah keindahan sebuah desa, ya sebenarnya banyak sekali desa-desa di bumi nusantara ini yang mempunyai keindahan menakjubkan bila kita mengunjunginya. Pedesaan yang selalu identik dengan letak yang terpencil, suasana yang sepi, minim berbagai sarana dan prasarana serta bangunan rumah-rumah yang masih tradisional mungkin membuat sebagian orang enggan dan bosan tinggal di sebuah pedesaan. Namun apa jadinya bila anda berkunjung ke beberapa desa ini dan menyaksikan panorama serta keindahan desa yang alami, berhawa sejuk, berudara segar dengan berbagai pepohonan yang membuat suasana menjadi sangat rindang, suara kicauan burung yang selalu menemani di pagi hari, dan suara jangkrik di malam hari, mungkin anda akan berubah pikiran dan membuat betah tinggal di desa. Berikut beberapa desa yang akan membuat betah dan merubah pikiran anda untuk tinggal di desa :

Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur
Desa Sembalun
Siapa yang tidak mengenal gunung Rinjani, semua petualang di Nusantara ini mungkin berkeinginan mengunjungi gunung yang satu ini, Desa Sembalun adalah salah satu desa yang mempunyai keindahan dan letaknya berada tepat di kaki gunung Rinjani, karena letaknya berada tepat di kaki Rinjani desa Sembalun menjadi persinggahan wajib bagi para pendaki sebelum memulai petualangan mendaki gunung Rinjani. Panorama desa Sembalun yang hijau dengan hamparan ladang pertanian yang luas akan membuat semua orang terkagum-kagum menyaksikannya, bangunan rumah-rumah adat tradisonal yang masih tetap berdiri kokoh dengan keunikan lantainya terbuat dari kotoran sapi akan banyak kita jumpai di desa ini. Penduduk desa Sembalun juga masih memegang erat budaya nenek moyang, salah satunya adalah melaksanakan upacara adat Ngayu-Ngayu yang merupakan ritual memanggil hujan dan sebagai penghormatan kepada alam. Dan satu lagi yang membuat desa Sembalun menjadi semakin istimewa, yaitu di desa ini terdapat sebuah makam salah satu tokoh penyebar agama Islam di Desa Sembalun yang dikenal sebagai Reban Bande.

Desa Tuktuk Siadong, Sumatera Utara
Desa indah berikutnya berada di tanjung pulau Samosir yang terletak di danau Toba, Sumatera Utara. Desa ini bernama desa Tuktuk Siadong, keistimewaan desa ini adalah pemandangannya yang indah dan asri, dengan panorama danau Toba yang sangat luas. Bila sobat traveler berkeinginan mengeksplor pulau Samosir sangat disarankan untuk mampir dan mengunjungi desa ini. Desa Tuktuk Siadong juga menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan terutama bagi wisatawan mancanegara, hal ini terbukti dengan tercantumnya nama desa Tuktuk Siadong di buku panduan wisata kelas Internasional. Selain keindahan alam yang asri desa Tuktuk Siadong juga memiliki daya tarik lain yaitu dari segi budaya, dimana masih banyak arsitektur rumah tradisional dan kesenian tradisional dari penduduk asli desa Tuktuk Siadong Batak Toba.

Desa Juhu, Kalimantan Selatan
Desa indah selanjutnya yang bisa membuat kita berpaling dari kota dan tinggal di desa adalah desa Juhu yang berada di Kalimantan Selatan. Desa Juhu lebih tepatnya berada di pegunungan Meratus, yang masuk wilayah Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah Propinsi Kalimantan Selatan. Untuk bisa mencapai desa ini memang dibutuhkan perjuangan ekstra, karena memang letaknya yang berada jauh di pedalaman hutan. Dari desa terdekat untuk bisa sampai ke desa Juhu dibutuhkan waktu tempuh paling cepat10 jam perjalanan, tetapi jangan pernah berharap ada kendaraan dan menemukan sarana jalan yang layak untuk menuju desa Juhu. Namun semua perjuangan yang anda lakukan untuk bisa sampai di desa Juhu akan terbayar lunas ketika anda sudah sampai di desa ini, panorama alam yang indah dengan udara yang sejuk serta rindangnya pepohonan yang mengelilingi desa akan membuat suasana menjadi lebih rindang dan asri. Desa Juhu ini adalah tempat tinggal suku Dayak Meratus yang dikenal mempunyai keramahan terhadap orang luar yang berkunjung ke desa ini.

Desa Argosari, Lumajang, Jawa Timur
Desa Argosari
Satu lagi desa indah yang akan membuat kita terpesona bahkan mungkin betah tinggal di desa ini adalah desa Argosari. Desa Argosari berada di wilayah Kecamatan Senduro, yang berjarak kurang lebih 40 km dari kota Lumajang. Keindahan dan pemandangan yang menakjubkan menjadi daya tarik desa ini, luasnya perkebunan sayur-mayur yang berpadu dengan alam pegunungan Semeru dan puncak Mahameru menjadikan desa ini sangat indah dan layak untuk dikunjungi. Desa Argosari juga menjadi salah satu desa wisata dan lintasan jalur menuju gunung Bromo, meskipun jalur lewat desa ini tidak setenar bila kita mengunjungi Bromo lewat Pasuruan atau Probolinggo. Pemandangan yang nyata dan benar-benar indah akan kita saksikan bila kita mengunjungi desa ini, dari kejahuan juga akan kita lihat lautan pasir dan Kaldera gunung Bromo yang dikelilingi awan, bila sobat traveler beruntung dapat juga menyaksikan keindahan sunrise dan sunset di desa Argosari ini.

Semua keindahan yang dianugerahkan Tuhan kepada negara kita tercinta ini, sudah seharusnya kita jaga dan selalu kita lestarikan bersama keberadaannya, bukan hanya demi kita semata, melainkan demi anak cucu kita nanti agar mereka juga bangga telah menjadi bagian dari nusantara yang indah ini, selamat berkunjung ke desa-desa yang indah di nusantara dan nikmati segala sensasinya, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.


0 Response to "Mengunjungi Desa-desa Indah di Nusantara"

Posting Komentar