Menikmati Keindahan Waduk Selorejo | WISESATRAVEL.COM

Menikmati Keindahan Waduk Selorejo

Salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali destinasi wisata adalah kota Malang dan Batu, bila anda berkunjung ke kedua kota ini jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, yaitu waduk atau bendungan Selorejo yang berada di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Pembangunan waduk ini mulai dirintis pada tahun 1963, dan selesai ditahun 1970 yang kemudian diresmikan oleh Presiden saat itu, Presides Suharto pada 22 Desember 1970. Ngantang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Malang yang berbatasan langsung dengan Kediri, dan di sebelah barat berbatasan dengan Blitar, untuk yang berbatasan dengan Blitar ditandai dengan bukit Selokurung yang membentang dari utara ke selatan yang juga di kenal sebagai lokasi Makam Pangeran Trunojoyo salah seorang keturunan Sultan Agung Hanyokrokusumo dari Kesultanan Mataram. Udara di daerah Ngantang relative sejuk dan cenderung dingin di pagi hari karena dikelilingi oleh 4 gunung sekaligus, yaitu gunung Kelud, gunung Kawi, gunung Anjasmoro dan Gunung Arjuno, Kecamatan Ngantang berada di ketinggian 600 mdpl. Dahulu kala desa Ngantang adalah sebuah daerah yang mendapatkan penghargaan dalam hal kesetiaan selama perang melawan Kerajaan Jenggala dari Sri Maharaja Jayabahaya yang merupakan Raja dari Kerajaan Kadiri (Panjalu) yang berkuasa tahun 1135-1157 seperti yang tertulis dalam Prasasti Ngantang (1035).

Menikmati Keindahan Waduk Selorejo
Waduk Selorejo seperti layaknya cermin yang menawarkan keindahan refleksi alam, langit yang cerah, pohon-pohon yang rindang, jembatan gantung yang menghubungkan dua sisi, pegunungan yang nampak hijau di sekeliling, sungguh cerminan alam yang indah dan sayang bila kita lewatkan untuk menyaksikannya. Untuk mengunjungi waduk Selorejo dapat menggunakan berbagai sarana transportasi darat karena memang akses jalan yang baik, mulai kendaraan roda dua, kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum dari arah kota Malang bisa naik angkot dari terminal Arjosari menuju terminal Ladungsari Malang, dari terminal Ladungsari dilanjutkan naik bus kecil jurusan Kediri atau Jombang dan turun di pertigaan desa Selorejo, dari pertigaan ini bisa naik ojek atau naik angkot menuju lokasi waduk Selorejo, begitu juga sebaliknya bila kita berangkat dari kota Kediri atau Jombang. Sebelum diperuntukkan sebagai tempat wisata waduk Selorejo berfungsi menampung aliran sungai Kunto yang merupakan anak sungai Brantas dan sungai Kwayangan agar dapat terhindar dari banjir, namun saat ini waduk Selorejo juga difungsikan sebagai area wisata, irigasi atau pengairan, budidaya perikanan dan juga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dari waduk ini menghasilkan listrik yang dapat menerangi seluruh wilayah di Kecamatan Ngantang.

Keindahan yang masih alami menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke waduk Selorejo, bila anda berkenan menginap di areal ini juga terdapat villa-villa yang langsung menghadap ke waduk dan lokasinya berada di areal sebelah kanan waduk Selorejo, karena memang waduk Selorejo dibangun dengan memisahkan sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan waduk yang dihubungkan oleh sebuah jembatan gantung. Sensasi bila kita melewati jembatan yang tertuliskan tanggal 20 Januari 1976 ini luar biasa, sekali melangkah jembatan yang memisahkan kedua sisi ini akan bergoyang-goyang, begitu seterusnya sampai kita sampai atau berada disisi yang lain. Area waduk Selorejo di sisi sebelah kiri juga dilengkapi dengan fasilitas bermain anak-anak, area kuliner yang menjajakan berbagai masakan khas waduk Selorejo dan juga oleh-oleh khas dari waduk Selorejo. Di pagi hari panorama yang indah akan bisa kita lihat disekitar waduk ini, kabut yang seringkali menutupi area waduk, pendar sinar matahari yang mulai menampakkan cahaya kuning berkilau, berbagai aktifitas warga setempat seperti menjala ikan dan mengayuh sebuah perahu kecil untuk pergi ke kebun jambu yang memang banyak terdapat disekeliling waduk Selorejo merupakan pemandangan unik sekaligus menarik yang bisa kita nikmati, di areal waduk juga banyak penduduk setempat yang menyewakan perahu bila kita berkeinginan berkeliling waduk dari air. Semua aktifitas yang akan kita lakukan saat mengunjungi waduk Selorejo akan semakin asyik dan menyenangkan bila anda berkunjung bersama keluarga, sahabat, teman atau orang-orang istimewa dalam hidup anda, selamat berkunjung dan menikmati keindahan waduk Selorejo, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Menikmati Keindahan Waduk Selorejo "

Posting Komentar