Manfaat Mendaki Gunung | WISESATRAVEL.COM

Manfaat Mendaki Gunung

Bagi sobat Wisesatravel yang menyukai kegiatan atau aktifitas di alam bebas seperti mendaki gunung, harus sedikit berbangga hati :). Karena hobi mendaki gunung selain dapat menyaksikan keindahan dan menikmati panorama alam Indonesia dari ketinggian ternyata juga mempunyai manfaat lain yang sangat berguna bagi tubuh dan fikiran kita. Manfaat mendaki gunung ini tentunya baru bisa dirasakan bila kita benar-benar melakukan aktifitas ini dengan persiapan dan perencanaan yang matang dan tidak melakukannya dengan asal-asalan yang malah akan mengakibatkan cedera bagi kita. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktifitas mendaki gunung diantaranya :

Menyegarkan Pikiran kembali
Mendaki gunung dan menikmati alam yang hijau membuat pikiran kita kembali fresh, alam yang indah dan hamparan pepohonan yang kita temui selama perjalanan secara tidak langsung akan membuat hati dan fikiran kita kembali segar. Lelah dan letih selama perjalanan akan tergantikan dengan menyaksikan keindahan alam yang akan kita saksikan dari ketinggian gunung yang kita gapai. Hawa yang sejuk, malam yang dingin serta suasana dan kondisi yang tenang serta damai membuat kita bisa merasakan sensasi lain yang tidak akan kita dapatkan bila kita berada di perkotaan.

Melatih Kesabaran
Manfaat Mendaki Gunung
Perjalanan atau jalur yang akan kita lalui saat mendaki gunung tentu tidak akan semudah bila kita berjalan di jalanan umum, kondisi medan dan jalur yang akan kita lalui sudah tentu terjal, naik, turun, licin dan bisa jadi berbatu. Ketahanan fisik memegang peranan penting saat melalui kondisi medan seperti ini, dan bila berkeinginan mencapai puncak gunung kita tentunya dituntut bersabar, bersabar untuk melangkah setapak demi setapak melalui jalur pendakian agar bisa  menggapai impian kita puncak gunung. Hal ini secara tidak langsung akan mengajarkan kepada kita bagaimana kita bisa bersabar menghadapi satu kondisi tertentu.

Belajar Mengambil Keputusan
Kondisi dan situasi terutama cuaca yang bisa cepat berubah-ubah saat mendaki gunung mengharuskan kita mempunyai keberanian untuk mengambil keputusan yang tepat demi keselamatan diri sendiri atau teman-teman seperjalanan, dengan berbagai pertimbangan untuk menghindari resiko cedera saat mendaki. Dengan belajar mengambil keputusan yang tepat saat situasi yang kritis, kita akan belajar bagaimana mengelola hati dan pikiran kita agar menghasilkan suatu keputusan yang benar-benar tepat dan bermanfaat, minimal bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Melatih Kemandirian Diri
Mendaki gunung bukanlah kegiatan atau aktifitas yang ringan, berbagai resiko bisa kita hadapi saat mendaki, seperti kedinginan, kemungkinan tersesat, atau mungkin kelaparan. Untuk itu mau tidak mau kita harus belajar hidup mandiri saat mendaki. Memasak atau membuat makanan sendiri, meskipun sebelumnya belum pernah kita lakukan. Berusaha dengan akal dan pikiran kita untuk bertahan dari dinginnya cuaca atau mempersiapkan diri bertahan hidup bila kita dihadapkan pada situasi tersesat saat mendaki gunung. Semuanya harus berusaha kita lakukan sesuai kemauan sendiri, tanpa ada paksaan dari siapapun, meskipun teman seperjalanan bisa jadi melakukan tugas kita.

Membuat Tubuh Menjadi Bugar
Dengan sering beraktifitas mendaki gunung, tubuh dan fisik kita akan menjadi lebih prima dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, karena terbiasa menempuh perjalanan jauh berjam-jam atau bahkan berhari-hari dengan berjalan kaki. Tubuh kita akan lebih memiliki imunitas dan daya tahan dari berbagai penyakit. Dan tentunya pikiran kita selalu dalam kondisi fresh, karena sering traveling dan menikmati keindahan alam yang indah. Namun semuanya harus dilakukan dengan perencanaan dan persiapan yang baik, agar bisa meminimalkan resiko cedera saat mendaki gunung.

Kegiatan dan aktifitas mendaki gunung memang menyenangkan untuk dilakukan, selain bisa melihat dan menikmati keindahan alam dari ketinggian, kita juga memperoleh beberapa manfaat lain seperti yang telah di ungkapkan versi Wisesatravel.com. Namun perencanan dan persiapan seperti cara packing carier yang benar dan tips bagi pendaki pemula harus benar-benar kita perhatikan, agar pendakian kita bisa mencapai tujuan yang kita inginkan yaitu mencapai puncak gunung. Mendakilah sebelum terlambat dan nikmati sensasinya :)

2 Responses to "Manfaat Mendaki Gunung "

  1. Sangat berguna dan bermanfaat untuk calon pendaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Sobat telah mengunjungi kami, memang banyak sekali manfaat dari olah raga mendaki ini, mudah2an olahraga ini semakin digemari..Sukses selalu buat sobat Manfaat Hiking

      Hapus