6 Tips Packing Carier yang Benar | WISESATRAVEL.COM

6 Tips Packing Carier yang Benar

Dalam bahasan sebelumnya Tips Bagi Pendaki Pemula telah sedikit kami singgung bagaimana menata barang bawaan dengan baik agar dalam pendakian, tas yang kita panggul tidak terasa berat dan nyaman dibawa sehingga bisa menghemat energi untuk terus melakukan perjalanan mencapai tujuan kita di puncak gunung. Sebenarnya ada berbagai macam teknik untuk menata barang bawaan kita dalam tas carrier, karena tidak ada aturan baku yang menjadi standar bagi pendaki untuk menata barang bawaan, semuanya mengikuti selera masing-masing, namun tetap harus ada tekniknya. Wisesatravel akan sedikit memberikan tips bagaimana cara packing barang bawaan dengan baik berdasarkan tingkat kebutuhannya selama perjalanan, berikut tipsnya

Tips Packing Carier yang Benar
  1. Sebelum mulai memasukkan barang bawaan sebaiknya matras yang kita bawa kita masukkan secara melingkar dalam tas carier hal ini berfungsi untuk menjadi frame tas agar penataannya lebih rapi, dan usahakan dilapisi dengan tas plastik seukuran tas carier yang tahan air. 
  2. Selanjutnya mulai masukkan barang bawaan yang dalam perjalanan tidak seberapa diperlukan penggunaannya, misalnya sleeping bag, pakaian ganti, perlengkapan tidur taruhlah di bagian paling bawah karena baru akan digunakan malam hari atau pada saat kita ngecamp atau membangun tenda. 
  3. Selajutnya barang yang kita masukkan lagi adalah berbagai macam perlengkapan memasak seperti nesting, kompor dan bahan bakar (seperti gas elpiji tabung kecil, spirtus atau parafin) serta logistik, namun ada baiknya logistik yang di bawa bisa ditata sedemikian rupa agar lebih menghemat ruang dalam tas kita. Misalnya memasukkan beras, telur, gula, kopi dan minuman sachet lainnya kedalam nesting (tempat memasak). Manfaatkan seefisien mungkin setiap ruang dalam tas kita. Perlu diingat juga harus dipisahkan antara barang-barang yang berbau menyengat/bahan kimia tertentu seperti bahan bakar harus dipisahkan dari makanan dan minuman lainnya.
  4. Memperhatikan keseimbangan antara bawaan kita di sisi tas sebelah kanan dan sebelah kiri adalah hal yang penting dilakukan, karena hal ini berguna agar bagian pundak lebih nyaman saat mengangkat rangsel. Selain itu juga memudahkan kita menjaga keseimbangan saat kita melewati medan yang rawan atau pinggiran sebuah jurang. Usahakan agar semua barang bawaan bisa dimasukkan dalam tas, jangan ada yang menggelantung diluar tas, karena akan mengganggu kosentrasi kita di saat barang tersebut tersangkut sesuatu di perjalanan.
  5. Letakkan bawaan terberat seperti tenda dibagian atas carier kita, hal ini dimaksudkan agar seluruh beban berada di pundak, bukan berada di pinggang atau punggung. Karena bagian pundak tubuh kita lebih kuat dibandingkan pinggang atau punggung. Membagi berat seimbang dipundak kiri dan kanan secara merata akan membuat kita merasa lebih nyaman dalam mengangkat beban, jangan memaksakan pundak kanan atau pundak kiri kita mengangkat beban yang lebih berat. Barang lain yang perlu ditaruh dibagian atas carier kita adalah raincoat atau jas hujan, karena cuaca di gunung sering berubah-ubah, hal ini memudahkan kita mengambilnya disaat cuaca berubah menjadi mendung dan turun hujan.
  6. Bawalah sebuah tas tambahan kecil untuk membawa barang-barang yang bisa tiba-tiba dipergunakan dalam perjalanan, seperti Hp, Kamera, obat-obatan P3K, makanan dan minuman ringan atau barang keperluan pribadi lainnya seperti topi, senter dll.

                               Tatanan dalam gambar seperti di bawah ini

Cara Packing

Demikian 6 tips dari wisesatravel untuk anda, semoga bisa bermanfaat. Ribuan langkah yang akan kita tempuh, dimulai dari satu langkah kita. Cobalah traveling sebelum terlambat :)

0 Response to "6 Tips Packing Carier yang Benar"

Posting Komentar