Daftar Negara yang Membebaskan Visa untuk Warga Negara Indonesia | WISESATRAVEL.COM

Daftar Negara yang Membebaskan Visa untuk Warga Negara Indonesia

Traveling adalah moment yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, apalagi kalau kita mempunyai kesempatan untuk melakukan traveling keluar negeri, meskipun pada kenyataannya negara kita bisa jadi mempunyai obyek wisata lebih indah, terutama wisata alamnya dari negara lain diluar sana. Namun dengan berwisata keluar negeri, kita akan lebih bisa menghargai dan mencintai negara kita yang juga indah ini. Setelah kita mempersiapkan segalanya termasuk tiket pesawat dan hotel atau penginapan, kita juga harus berusaha mendapatkan informasi negara-negara mana saja yang bisa kita kunjungi tanpa menggunakan Visa. Karena kita tahu seringkali pengurusan Visa yang sulit dan berbelit akan menghambat para traveler bila berkeinginan traveling ke luar negeri. Namun yang perlu di ingat oleh para traveler yang memanfaatkan bebas Visa kunjungan adalah masa berlaku Paspor, karena semua negera yang membebaskan Visa kunjungan meminta masa berlaku Paspor minimal 6 bulan. Berikut daftar negara yang membebaskan Visa untuk WNI ketika berkunjung ke negaranya :

1. Negara-negara di Benua Asia Tenggara

Negara Bebas Visa Bagi WNI
Hampir semua negara-negara di Asia Tenggara membebaskan traveler dari Indonesia untuk tidak mengurus visa atau bebas visa sepenuhnya bila mengunjungi atau traveling ke negara mereka. Negara di Asia Tenggara yang membebaskan pengurusan visa adalah Malaysia, Filipina, Laos, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam dengan bebas Visa kunjungan masing-masing 30 hari setiap negara, Myanmar dan Brunai Darussalam dengan bebas visa kunjungan masing-masing 14 hari.

2. Negara di Kawasan Benua Amerika

Bila traveler Indonesia menginginkan berkunjung ke negara-negara di Benua Amerika harus sedikit menggigit jari, karena hanya sebagian kecil negara di benua Amerika yang membebaskan Visa bagi traveler dari Indonesia, bahkan seperti negara Brazil, Argentina, Amerika Serikat dan beberapa negara besar lainnya masih belum membebaskan visa kunjungan bagi turis asal Indonesia, tidak tahu kenapa padahal turis asal Indonesia kan baik-baik ya, hehehe. Di benua Amerika turis dan traveler asal Indonesia hanya bisa mengunjungi beberapa negara yang membebaskan visa kunjungan diantaranya ke Haiti, Chili, dan Kolumbia dengan durasi kunjungan selama 90 hari, bahkan pemerintah Kolumbia memberikan kelonggaran 90 hari lagi bagi traveler Indonesia yang ingin memperpanjang masa kunjungannya. Sedang negara Peru memberikan bebas visa kunjungan selama 183 hari bagi traveler asal Indonesia.

3. Negara-negara Benua Afrika

Untuk negara-negara di kawasan Benua Afrika, catatan asosiasi penerbangan dunia IATA (internasional Air transport Association) hanya dua negara yang membebaskan traveler dari Indonesia untuk tidak mengurus visa bila mengunjungi negaranya, negara yang di maksud adalah Maroko dan Gambia. Khusus Maroko, pemerintahannya membebasan visa berkunjung bagi pengunjung atau traveler dari Indonesia karena berkaitan dengan sejarah 50 tahun yang lalu, dimana saat itu Raja Mohammed V memberikan hadiah khusus kepada Presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang telah melakukan kunjungan pertama kalinya ke Maroko, dan hadiah tersebut rupanya masih berlaku sampai sekarang :)

4. Beberapa Negara di Benua Asia

Meskipun Indonesia masuk dalam kawasan negara di benua Asia, ternyata tidak semua negara di benua ini membebaskan visa kunjungan untuk traveler dari Indonesia, tidak diketahui kenapa penyebabnya? apa ada yang aneh dengan paspor Indoenesia. Kebanyakan hanya negara-negara di benua Asia Tenggara saja yang membebaskan visa kunjungan untuk WNI. Untuk negara di kawasan benua Asia yang membebaskan visa kunjungan untuk WNI diantaranya Palestina, yang mempunyai hubungan kedekatan khusus dengan Indonesia. Dan Baru-baru ini Jepang juga membebaskan visa kunjungan ke negaranya bagi WNI, namun khusus pemilik paspor elektronik saja yang diberikan kebebasan visa. Kondisi khusus lainnya bila kita berkunjung ke Tiongkok, kita masih membutuhkan visa untuk berkunjung ke sana. Sedang ke Hongkong, Hainan dan Macau kita bebas visa kunjungan.

5. Negara-negara Kepulauan di Benua Amerika

Ada beberapa negara kecil lagi yang memberikan fasilitas bebas visa bagi traveler asal Indonesia, namun tidak tahu kenapa paspor Indonesia masih belum bisa menarik negara-negara besar di Eropa dan Amerika untuk memberikan fasilitas bebas visa bagi traveler kita. Bebas visa bisa kita dapatkan di negara kepulauan di benua Amerika seperti Saint Vincent dan Grenadies dengan masa kunjungan selama 1 bulan. Republik Dominika memberikan bebas visa bagi traveler dari Indonesia selama 21 hari, sedangkan Kepulauan Fiji yang sangat terkenal dengan pantai tropisnya memberikan bebas visa lebih lama kepada traveler Indonesia yaitu selama 4 bulan. Negara kecil lainnya yang memberikan bebas visa kepada WNI adalah Niue, Cook Island, South Ossetia, Bermuda, Transnistria dan Northen Cyprus.

Sebenarnya  paspor Indoesia masih cukup ampuh karena bisa dipergunakan mengunjungi 56 negara lainnya tanpa harus mengurus visa kunjungan, meskipun 29 diantaranya berada di kawasan Asia Tenggara, sebagian kecil benua Amerika, bagian kecil benua Asia dan negara-negara kepulauan di benua Amerika. Kemanapun tujuan traveling anda, hal yang terpeting adalah menikmatinya. Selamat traveling dan nikmati sensasinya.

0 Response to "Daftar Negara yang Membebaskan Visa untuk Warga Negara Indonesia"

Posting Komentar