7 Biaya Tak Terduga Yang Wajib Diketahui Saat Traveling | WISESATRAVEL.COM

7 Biaya Tak Terduga Yang Wajib Diketahui Saat Traveling

Traveling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, baik bersama-sama keluarga, ataupun dilakukan seorang diri. Para traveler tentunya sudah mempersiapkan segala hal yang mendukung kegiatannya, seperti memesan tiket pesawat, memesan hotel atau penginapan, menentukan destinasi wisata, dan persiapan-persiapan lain agar kegiatan traveling yang akan dilakukan bisa berjalan dengan baik. Namun ada kalanya beberapa hal bisa terlewatkan, seperti menyediakan biaya tidak terduga yang sering tidak terpikirkan oleh traveler, sehingga hal ini mengakibatkan anggaran biaya traveling yang telah direncanakan sebelumnya membengkak dan membebani. Berikut beberapa biaya tidak terduga yang harus diwaspadai para traveler agar tidak terkejut saat traveling :

1. Biaya Membayar Pajak Bandara (Airport Tax)

Biaya tidak terduga pertama yang harus diwaspadai oleh para traveler adalah airport tax atau pajak bandara, sebelum melakukan perjalanan traveling menggunakan pesawat kita akan dihadapkan pada pengeluaran yang seringkali luput dan tidak terpikirkan oleh kita yaitu pajak bandara yang harus dibayarkan setiap penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara. Memang seringkali sangat merepotkan karena harus mengantri beberapa lama hanya untuk membayar airport tax atau pajak bandara. Namun kita harus tetap fokus, jangan sampai hanya karena masalah airport tax kita ketinggalan pesawat, untuk itu ada baiknya kita berangkat lebih awal untuk mengurus airport tax atau pajak bandara ini sebelum jadwal penerbangan kita.
2. Biaya Terlalu Royal Memberi Tips

Memberikan tips atau semacang uang lebih dalam dunia traveling sebenarnya sudah menjadi hal yang wajar dan tidak asing lagi, namun ada kalanya kita harus berhati-hati dan selektif dalam memberikan uang tips atau persenan kepada para pramusaji, pelayan hotel atau pemandu wisata yang membantu dan memperingan kegiatan traveling kita, seperti membawakan barang bawaan, memberikan pelayanan yang baik direstoran atau membantu apapun saat traveling sedang berlangsung. Dengan berhati-hati, selektif atau dengan kata lain kita tidak terlalu royal memberikan tips, secara tidak langsung kita akan menghemat biaya tidak terduga dalam traveling kita. Sebenarnya ada tips mudah untuk meminimalisir pengeluaran untuk biaya tips, salah satunya adalah berusaha mencari informasi mengenai kultur memberikan tips yang berlaku di daerah yang anda tuju, dengan begitu kita akan mengetahui berapa besar biaya yang pantas untuk dikeluarkan bila kita berkeinginan memberikan tips kepada seseorang yang telah berjasa membantu kita.

3. Biaya Tambahan Karena Tidak Ada  Fasilitas Sarapan Gratis di Hotel

Kita harus benar-benar merencanakan semua hal dengan baik sebelum kegiatan traveling kita laksanakan, tidak terkecuali memilih hotel dan penginapan. Ada baiknya sebelum memastikan memilih hotel atau penginapan tertentu untuk tempat menginap, harus dipastikan dahulu fasilitas apa yang kita dapatkan bila kita menginap di tempat tersebut. Termasuk fasilitas sarapan pagi, apa benar hotel yang kita pesan nanti menyediakan menu sarapan pagi gratis bagi tamu atau tidak. Karena tidak semua hotel memberikan fasilitas sarapan gratis kepada tamu, kalaupun ada anda harus membayar biaya tambahan untuk menu sarapan yang anda nikmati. Untuk itu berhati-hatilah agar biaya tidak terduga kita tidak membengkak hanya karena anda tidak mengetahui fasilitas apa saja yang di sediakan bagi tamu yang menginap.

4. Biaya Tambahan Mengakses Internet

Internet memang telah menjadi satu kebutuhan yang penting meskipun anda sedang melakukan kegiatan traveling, keberadan internet sangat dibutuhkan walaupun hanya sekedar sebagai sarana eksis atau berkirim kabar kepada keluarga atau teman dirumah. Seringkali para traveler memanfaatkan fasilitas internet gratis di hotel untuk melakukan penghematan, namun jangan salah karena faktanya tidak semua hotel memberikan fasilitas internet gratis bagi para tamu yang menginap, sehingga mengakibatkan kita harus mencari warnet untuk memenuhi kebutuhan kita akan internet. Sebagaian hotel malah membebankan biaya internet yang diatas rata-rata kepada para tamu yang menginap, kalau sudah begini mau tidak mau kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar biaya internet. Untuk itu sebagai langkah antisipasi, pastikan dulu fasilitas apa saja yang kita dapatkan bila menginap di satu hotel tertentu, jangan sampai biaya tidak terduga kita melonjak karena internet yang mahal.

5. Biaya Penggunaan Air Mineral yang Berlebih

Kegiatan traveling dapat diisi dengan berbagai cara, bisa berdiam diri dan bersantai menyaksikan keindahan pantai, bisa juga melakukan perjalanan hicking atau mendaki gunung. Bagi para traveler yang mengunjungi daerah tropis dan berkeinginan melakukan kegiatan yang lebih berat dan menantang seperti mendaki gunung tentunya konsumsi air mineral akan meningkat, dan hal ini yang sering tidak terpikirkan oleh para traveler. Dengan meningkatnya konsumsi air mineral yang kita pakai, sudah dapat dipastikan biaya tidak terduga yang kita anggarkan akan meningkat juga. Untuk menyiasatinya kita bisa membawa botol mineral isi ulang dari rumah dan mengisinya saat ada di hotel atau mengisi ulang kembali saat melewati sumber air yang mungkin ada pada perjalanan mendaki.

6. Biaya Berbelanja Oleh-oleh yang Tidak Tepat

Membeli Souvenir Saat Traveling
Tidak lengkap rasanya bila kita berwisata kesuatu tempat tanpa kita membeli oleh-oleh atau souvenir khas daerah tersebut. Lokasi wisata memang seringkali di desain sedemikian rupa, dengan counter atau pedagang oleh-oleh disekitarnya, hal ini tentunya untuk menarik minat pengunjung  selain untuk mengunjungi dan menikmati obyek wisata tersebut, tujuan lainnya adalah agar  pengunjung berbelanja oleh-oleh atau souvenir. Bila kita tidak bijak dalam memilih oleh-oleh dan gelap mata dengan memilih banyak oleh-oleh atau souvenir, sudah dapat dipastikan dompet kita akan jebol dan tentunya biaya tidak terduga kita akan semakin membengkak.

7. Biaya Membeli Makanan di Lokasi Wisata

Selain toko souvenir atau oleh-oleh tentunya obyek wisata akan dilengkapi dengan tempat atau stan makanan, namun para traveler jangan pernah tertipu karena meskipun menjual makanan dan minuman yang membuat kita ngiler dan tertarik untuk membelinya, kebanyakan para pedagang di tempat wisata menjual makanan dan minumannya dengan harga yang lebih mahal daripada harga di luar lokasi obyek wisata. Untuk itu bila memang tidak benar-benar terpaksa upayakan untuk tidak membeli makanan dan minuman dilokasi wisata karena harganya akan lebih mahal, bila diperlukan bawa saja bekal dari rumah. Atau bila situasi tidak memungkinkan untuk menahan rasa lapar, usahakan membeli makanan dan minuman diluar lokasi wisata yang anda kunjungi, agar dana traveling anda tidak semakin membengkak.

Agar traveling kita berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, ada baiknya merencanakan segala sesuatunya dengan baik termasuk menyiapkan dan menganggarkan biaya tidak terduga yang mungkin akan tetap ada, walaupun segala sesuatunya telah kita rencanakan dan kita siapkan dengan baik. Selamat traveling dan nikmati sensasinya, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "7 Biaya Tak Terduga Yang Wajib Diketahui Saat Traveling"

Posting Komentar