7 Bangunan Bersejarah di Indonesia | WISESATRAVEL.COM

7 Bangunan Bersejarah di Indonesia

Indonesia adalah negara yang mempunyai berbagai keanegaragaman budaya, bahasa, tradisi dan berbagai obyek wisata yang menarik. Baik obyek wisata alam, wisata budaya maupun wisata bangunan bersejarah yang kesemuanya menjadi daya tarik dan icon bagi daerah yang memilikinya. Keindahan dan keanegaragaman Indonesia sangat menarik wisatawan terutama mancanegara untuk menikmatinya, karena Indonesia mempunyai kelebihan dan keunikan yang tidak dimiliki negara manapun di dunia. Ada beberapa bangunan bersejarah yang terdapat di Indonesia dan menjadi icon wisata bagi daerah tempat bangunan tersebut berada, 7 diantara bangunan bersejarah tersebut diantaranya : 

1. Istana Maimun


Istana Maimun Medan
Istana Maimun merupakan warisan dari Sultan Deli Makmum Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang selesai dibangun sekitar tahun 1888. Bangunan bersejarah ini tepatnya terletak di kawasan jl. Brigjen Katamso Kota Medan, Sumatera Utara. Arsitektur yang unik dan di dominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu menjadi daya tarik utama dari Istana Maimun. Desain balairung atau ruang tamu, pintu, jendela masih dipengaruhi budaya Eropa, di tangga depan terdapat prasasti yang bertuliskan huruf latin, dengan bahasa Belanda. Semua keindahan bangunan dapat dilihat dari singgasana, kursi, meja, almari dan lampu yang bercorak Eropa. Di dalam Istana Maimun terdapat beberapa koleksi seperti foto keluarga, dan berbagai macam senjata kuno, terdapat juga ruang tahanan yang ada di dalam Istana ini. Pengunjung bisa menikmati kemegahan dan kejayaan Kesultanan Deli di masa lampau dengan menyaksikan secara langsung berbagai peninggalan yang masih ada di Istana Maimun.

2. Masjid Raya Medan 

Tidak jauh dari lokasi Istana Maimun terdapat sebuah mesjid yang besar, lebih dikenal sebagai Masjid Raya Medan. Bangunan ini juga merupakan peninggalan di masa Kesultanan Deli, selesai dibangun sekitar tahun 1906. Pada masa Kesultanan Deli, Sultan Makmun Al Rasyid masjid ini masih difungsikan sebagaimana mestinya yaitu sebagai tempat beribadah umat muslim di Medan. Bangunan masjid yang kokoh, dengan kubah yang rata dan dihiasi bulat sabit dipuncaknya, serta menara yang berdiri dan menjulang tinggi kelangit semakin menambah kemegahan dan kereligiusan masjid ini. Masjid Raya Medan memiliki nilai estetika seni yang tinggi dengan lukisan cat minyak berupa bunga dan tumbuhan yang menghiasi dinding, plafon dan tiang-tiangnya yang kokoh.


3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Jakarta
Bangunan bersejarah lainnya yang masih ada sampai saat ini adalah Masjid Istiqlal, dan bangunan masjid ini menjadi salah satu bangunan yang terkenal di Jakarta. Masjid Istiqlal didirikan oleh Presiden pertama negara kita Ir. Soekarno, dan merupakan peninggalan sejak tahun 1978. Menempati areal seluas 9,5 hektare bangunan ini kokoh berdiri dan mampu menampung jamaah sebanyak 200.000 orang. Masjid Istiqlal dibangun sebagai hasil karya arsitek asli orang Indonesia bernama F. Silaban, dan pernah menjadi yang terbesar di benua Asia Tenggara, dan sampai sekarang menjadi kebanggaan umat Islam khususnya warga ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal mulai dibangun sekitar tahun 1951 pada awal-awal kemerdekaan negara kita, dan diyakini menyimpan lambing kemerdekaan seperti dengan nama bangunannya. Kubah raksasa berwarna putih yang dimiliki Masjid Istiqlal bentuknya mirip bola yang dibelah menjadi dua, bangunan masjid dibangun dengan gaya arsitek modern Internasional. Masjid Istiqlal juga dilengkapi dengan dua menara yang menjulang tinggi seperti pada umumnya masjid yang ada di dunia. Tinggi menara masjid Istiqlal mencapai jumlah ayat yang terdapat pada kitab suci Al Qur’an. Keunikan lain yang bisa kita jumpai yaitu di Mesjid Istiqlal juga terdapat sebuah beduk raksasa, yang pernah dinobatkan sebagai bedug terbesar di Indonesia.

4. Masjid Agung Palembang

Satu lagi bangunan bersejarah yang bisa kita kunjungi sebagai obyek wisata adalah Masjid Agung Palembang. Masjid Agung Palembang terletak tidak jauh dari Plaza Benten Kuto Besak, kota Palembang, Sumatera Selatan. Masjid Agung Palembang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo atau lebih tepatnya pada tahun 1738, dan dipercaya sebagai sebagai bangunan tempat beribadah yang terbesar pada zamannya. Bangunan Masjid Agung Palembang dirancang oleh arsitek Eropa, namun juga dibubuhkan sedikit sentuhan ornament Cina pada wajah masjid. Perpaduan dan alkuturasi kebudayaan yang menarik dan indah tersebut dapat kita saksikan dengan melihat lengkungan limas dan ornament Cina pada sejumlah bangunan atapnya, hal ini menjadi ciri khas Masjid Agung Palembang sehingga menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung menyaksikan salah satu bangunan bersejarah ini.


5. Gedung Sate

Gedung Sate Bandung
Gedung Sate di kota Bandung adalah salah satu bangunan bersejarah yang masih terjaga kelestariannya sampai saat ini, dibangun pada masa kolonia Belanda. Pada masa Hindia Belanda bangunan ini awalnya disebut Gouvernements Dedrijven. Dirancang oleh arsitek ternama lulusan Fakultas tehnik Delf Nederland bernama Ir.J.Gerber bersama anggota timnya, dan selesai dibangun sekitar tahun 1924. Gedung Sate dibangun dengan gaya arsitektur zaman Renaissance Itali, dilengkapi dengan bangunan monument dibagian depan gedung, dan juga benda-benda bersejarah dibagian menaranya. Gedung Sate menjadi daya tarik wisata terutama dikota Kembang Bandung, karena bentuk ornament bangunannya menyerupai tusuk sate dipuncak menara utamanya.
  
6. Lawang Sewu

Bangunan bersejarah yang bisa dijadikan tujuan wisata lainnya adalah Lawang Sewu, berdiri di kawasan Simpang Lima Semarang. Nama Lawang Sewu sebenarnya bukan nama asli yang diberikan kepada bangunan ini, melainkan nama yang telah melegenda karena banyaknya pintu yang terdapat pada bangunan gedung kuno ini, Lawang Sewu mempunyai arti “seribu pintu”. Lawang Sewu dahulu merupakan sebuah perusahaan kereta api milik Belanda yang bernama NV Nederlandsch Indische Spoorweg Mastshappij yang dibangun dan menjadi salah satu karya konstruksi arsitektur terbaik milik Prof. Jacob K. Klinkhamer dan rekannya B.J Oudang. Lawang Sewu telah ditetapkan oleh Pemerintahan Kota Semarang sebagai salah satu bangunan bersejarah dan dibawah Perlindungan, bangunan ini juga menjadi saksi sejarah meletusnya perang yang berlangsung lima hari antara Angkatan Muda Kereta Api melawan kompetai dan Kido Buati, Jepang.


7. Taman Sari

Taman Sari merupakan sebuah bangunan areal pemandian yang terletak di Yogyakarta, mulai dibangun sejak Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Areal pemandian ini merupakan komplek bangunan yang sangat permai dan menjadi salah satu aset milik Keraton Yogyakarta. Taman Sari atau lokasi yang memiliki makna taman bunga yang indah di desain sebagai Tempat Sultan Yogyakarta dan anggota keluarganya mengasingkan diri. Bangunan yang dibangun dengan perbaduan budaya Portugis, Belanda, Cina, Jawa, Hindu, Budha, Kristen dan Islam didesain sedemikian rupa sehingga siapa saja yang berada didalamnya akan merasakan ketenangan yang tidak didapatkan ditempat lain. Di dalam bangunan Taman Sari juga terdapat kolam mungil dengan air mancurnya yang bening, dikelilingi pepohonan berbunga sehingga semakin menambah kesejukan dan keasrian tempat ini. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat peristirahatan yang penuh dengan kedamaian.

Indonesia memang negara yang penuh keanekaragaman, tidak hanya budaya, tradisi, bahasa dan alamnya, banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah yang mempunyai nilai seni yang tinggi yang bisa dijadikan obyek wisata dan obyek edukasi bagi kita semua. Selamat mengunjungi bangunan bersejarah pilihan anda, dan nikmati sensasinya

2 Responses to "7 Bangunan Bersejarah di Indonesia"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " 7 Bangunan Bersejarah di Indonesia " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Arsitektur by Universitas Gunadarma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih LEO LEO telah mengunjungi website kami, semoga bisa menjadi sedikit tambahan info buat website LEO LEO. Sukses selalu dengan websitenya dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan :)

      Hapus