8 Tips Terhindar dari Kecopetan Saat Berwisata | WISESATRAVEL.COM

8 Tips Terhindar dari Kecopetan Saat Berwisata

Berwisata adalah kegiatan yang menyenangkan, namun seringkali dalam berwisata kita di hadapkan pada hal-hal yang tidak menyenangkan seperti menjadi korban kejahatan “si tangan trampil” atau copet saat berwisata. Kehilangan barang-barang seperti Paspor, uang dan barang berharga lainya sungguh kejadian yang tidak mengenakkan. Waktu yang seharusnya kita habiskan untuk menikmati keindahan tempat wisata, harus kita gunakan untuk mengurus segala sesuatu yang menyangkut kejadian ini di kantor polisi atau pihak yang berwajib lainnya. Berikut tips sederhana agar anda terhindar dari kejahatan pencopetan selama berwisata :

1. Selalu berhati-hati dan waspadalah
Meskipun anda sedang menikmati dan menyaksikan segala keindahan di tempat wisata, faktor kehati-hatian dan kewaspadaan harus selalu di perhatikan, jangan sampai anda lengah sehingga menjadi korban kejahatan ini. Selalulah waspada bila berada di tempat-tempat ramai, terutama tempat-tempat umum seperti café, bandara, restoran, atau subway bila bepergian keluar negeri.

2. Tinggalkan barang-barang berharga
Bila anda menginap di hotel ketika berwisata, ada baiknya meninggalkan barang-barang berharga seperti perhiasan dan uang dalam jumlah yang banyak di hotel, namun bila merasa hotel kurang aman anda bisa menitipkan barang-barang berharga tersebut pada pihak hotel yang biasanya menyediakan safe deposit box (khususnya hotel yang berbintang) dan pastikan hanya anda yang mengetahui nomor dan kunci pembukanya.

 3. Bawa Barang Berharga yang Memang Tidak Bisa Ditinggalkan
Tips Terhindar Dari Kecopetan saat berwisata
Ada beberapa barang tertentu yang memang tidak bisa di tinggalkan ketika anda berwisata, terutama saat berada di luar negeri. Barang-barang tersebut seperti paspor dan kartu kredit. Sebagai langkah antisipasi dan pecegahan barang-barang tersebut sebaiknya di taruh di satu tas khusus yang bisa di taruh di leher atau bisa juga di taruh di ikat pinggang berkantung (money belt) sehingga dapat kita awasi dengan mudah untuk menghindarkan dari “tangan-tangan jahil”.

4. Jangan Menyimpang Barang Berharga di Tas Punggung
Sebagai langkah pencegahan dan demi keamanan sebaiknya jangan menyimpan Paspor dan kartu kredit serta uang yang kita bawa di tas punggung (backpack) ataupun tas tali (strapbag), karena ketika lengah akan sangat mudah dimanfaatkan oleh para pencuri untuk mengambilnya dengan cara menyilet tas-tas tersebut.

5. Bawa Uang Secukupnya
Persiapkan sejumlah uang seperlunya untuk rencana jalan-jalan anda, usahakan di taruh di dalam kantung yang mudah dijangkau, sehingga pada saat membutuhkan tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan dompet dan membukanya di tempat-tempat ramai.  

6. Perhatikan Ketika Anda Duduk
Untuk menghindari kejahatan “si tangan trampil” atau para pencopet, ketika sedang duduk baik itu duduk di bangku taman, restoran ataupun didalam bus serta angkutan umum lainnya jangan pernah menaruh tas yang berisi barang-barang berharga di bawah kursi atau di bagian sisi anda, karena ketika anda lengah para pencopet akan dengan mudah mengambil tas anda. Melilitkan tas di bangku ketika duduk juga tidak di rekomendasikan, karena hal ini juga memberikan peluang kepada pencopet untuk mengambil tas anda dengan memotong talinya. Yang paling aman di lakukan adalah menaruh tas yang berisi barang-barang berharga tersebut tepat di pangkuan anda.

7. Jangan Memperlihatkan Pandangan Kosong
Pelaku kejahatan biasanya sangat jeli untuk memilih korbannya, untuk itu jangan pernah memperlihatkan wajah yang ragu-ragu, takut atau bingung, karena hal ini akan semakin mengundang pelaku kejahatan untuk meneruskan aksinya. Tetaplah tenang dan usahakan selalu percaya diri meskipun anda baru pertama mengunjungi suatu tempat sekalipun, pasanglah muka tegas agar orang yang berniat melakukan kejahatan kepada anda berpikir 2 kali untuk meneruskan aksinya.

8. Jangan Terlalu Paranoid
Tujuan kita berwisata adalah untuk menikmati tempat atau obyek wisata yang kita kunjungi, jangan terlalu takut berlebihan atau paranoid mengunjungi tempat-tempat baru, dengan catatan kita selalu berhati-hati dan waspada terhadap segala hal yang memungkinkan palaku kejahatan melancarkan aksinya. Bila pergi bersama rombongan, sebaiknya jangan terlalu jauh meninggalkan rombongan kita, karena bila ada kejadian pencopetan atau pencurian rombongan kita bisa segera memberikan bantuan.

Menikmati travelling atau berwisata memang sangat menyenangkan, namun kita harus tetap waspada terhadap segala hal agar terhindar dari kejahatan. Selamat berwisata, tetaplah berhati-hati dan selalu waspada.

0 Response to "8 Tips Terhindar dari Kecopetan Saat Berwisata"

Posting Komentar