5 Tips Aman Memilih Jasa Ekspedisi | WISESATRAVEL.COM

5 Tips Aman Memilih Jasa Ekspedisi

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang pesat membawa dampak yang luar biasa bagi pelaku bisnis Online & UMKM dimana pun berada. Saat ini aktifitas mengirim barang menjadi hal yang biasa terjadi, karena siapa pun bisa berperan sebagai penjual dan pembeli tanpa terkendala wilayah dan teritorial


Jasa Pengiriman atau Ekspedisi memegang peranan terpenting dalam pendistribusian produk-produk UMKM dan pebisnis online ke seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga tidak heran terjadi persaingan ketat diantara perusahaan ekspedisi untuk mendapatkan pelanggan yang menggunakan jasa ekspedisinya
Tps Aman Memilih Jasa Ekspedisi

Namun tahukah sobat-sobatku semua, apa pun ekspedisi yang kita pilih untuk mengirimkan barang atau dokumen milik kita harus benar benar bisa menunaikan tugas dan kewajibannya dengan baik. 

Bila kita salah pilih ekspedisi akibatnya akan sangat fatal, barang atau dokumen yang kita percayakan kepada mereka akan hilang entah kemana, tidak tentu rimbanya. 

Berikut Tips Aman Memilih Jasa Ekspedisi, agar sobat-sobat lebih selektif, yuk simak infonya :

1.Pastikan Lokasi Kantor Yang Jelas
Untuk mempercayakan barang & dokumen milik kita kepada pihak lain dalam hal ini Jasa Ekspedisi atau perusahaan yang sejenisnya kita harus benar-benar memastikan lokasi kantornya yang jelas, agar bila ada keterlambatan atau permasalahan dalam hal pengiriman kita bisa tahu harus mencari info dan solusinya kemana. 

Beberapa Ekspedisi besar seperti Lion parcel selalu memberikan info alamat AGEN atau POS Resmi mereka di setiap kecamatan dalam satu kota. Info bisa diakses di website resmi Lion parcel pada menu agen dengan memasukkan Nama Kecamatan dan Klik Enter, akan muncul POS atau AGEN yang ada di wilayah tersebut lengkap beserta alamat dan Mapsnya, sehingga bisa dengan mudah diketahui lokasinya.

2.Pilih Yang Memiliki Menu Cek Ongkir & Cek Pengiriman Online
Setelah mengetahui jelas lokasi kantor atau POS resmi dari ekspedisi, ada baiknya memilih jasa pengiriman atau ekspedisi yang memiliki menu Cek Ongkir & Cek Pengiriman online, sehingga saat mengirimkan barang kita sudah memiliki gambaran berapa besar ongkir yang akan kita bayar dan bila barang sudah dalam proses pengiriman kita bisa tahu histori pengiriman melalui menu Cek Pengiriman. Tujuannya agar kita bisa cek keberadaan barang dan terus memantaunya hingga barang kiriman kita sampai di tujuan.

3.Pilih Yang Memberikan Ongkos Kirim Terhemat
Setiap jasa pengiriman atau ekspedisi tentu berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan setianya termasuk memberikan Ongkos Kirim yang hemat. 

Ada 2 kriteria utama dalam penentuan ongkir oleh sebuah ekspedisi yang pertama adalah armada pesawat untuk pengiriman antar pulau dan yang kedua jaringan pengiriman antar daerah dalam satu wilayah. Bila kedua komponen ini terpenuhi sudah bisa dipastikan ekspedisi ini akan memberikan ongkir yang hemat untuk pelanggan setianya.

4.Kemas Barang Dengan Baik 
Biasanya ekspedisi menghitung Ongkir berdasarkan Berat barang dan Dimensi atau volume (Panjang x Lebar x Tinggi). Jadi sebaiknya bila akan mengirim barang pastikan barang sudah di kemas dengan baik dengan mempertimbangkan besarnya kemasan agar tidak juga kena perhitungan volume. Pastikan juga paket barang sudah dilapisi plastik atau wrapping, agar kondisi barang bisa tetap kering bila terkena air. 

Untuk barang-barang tertentu seperti elektronik, pengemasan barang harus lebih prepare lagi, biasanya ditambahkan packing dengan kayu agar kondisi dan keamanan barang tetap terjaga.

5.Pilih Ekspedisi Yang Memiliki Ketepatan Waktu
Setiap perusahaan jasa pengiriman atau ekpedisi memiliki Standar Operational Procedure (SOP) yang berbeda beda. Penentuan Estimasi waktu kirim barang tentu sudah melalui kajian dan pertimbangan yang mendalam hingga akhirnya diterbitkan waktu perkiraan kirim barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Sebelum memilih ekspedisi ada baiknya kita juga mempertimbangkan estimasi waktu pengiriman barang dan ketepatan dari waktu kirim tersebut. Saat kita cek Ongkir ada informasi yang menyatakan bahwa estimasi pengiriman misal memakan waktu 3-4 hari. Kita juga harus mempunyai keaktifan untuk memantau proses pengiriman hingga barang sampai tujuan.

Namun bila kita anggap estimasi waktu terlalu lama, kita bisa memilih pelayanan lain yang bisa memberikan estimasi waktu pengiriman lebih cepat, misalnya di ekspedisi Lion parcel ada layanan One pack yang memberikan jaminan kirim barang hari ini, besok sudah sampai. Tentunya dengan Ongkir yang disesuaikan dengan pelayanan.

Tips Aman Memilih Jasa Ekspedisi sudah kami sampaikan, kini keputusannya ada di tangan sobat-sobat sekalian. Tinggal bagaimana memilih ekspedisi yang menurut anda terbaik, tentunya dengan ongkir terhemat untuk mengirimkan barang dan dokumen milik kita. Jangan salah pilih yaa!!


0 Response to "5 Tips Aman Memilih Jasa Ekspedisi "

Posting Komentar