7 Tempat Menarik Yang Bisa Dikunjungi Saat Traveling Ke Magelang | WISESATRAVEL.COM

7 Tempat Menarik Yang Bisa Dikunjungi Saat Traveling Ke Magelang

Kota Magelang merupakan salah satu kota di propinsi Jawa Tengah yang juga dikenal memiliki berbagai tempat-tempat menarik yang bisa di kunjungi. Magelang identik dengan kota seribu bunga, kota ini terbagi menjadi 2 wilayah yaitu regional kota Magelang dan Kabupaten Magelang.


Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi saat sobat traveler sedang berada di kota Magelang, berikut 7 Tempat Menarik di Kota Magelang yang bisa dikunjungi :

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur
Siapa yang tidak mengenal candi Borobudur, hampir semua traveler baik di dalam dan luar negeri mengenal Candi Borobudur, Candi Budha terbesar yang ada di Indonesia bahkan di dunia yang juga mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan sejarah dunia.

Candi Borobudur di bangun pada abad ke 14 Masehi terdiri dari 502 arca Budha, dikelilingi dengan 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Budha duduk bersila yang berada persis di tengahnya. Candi Borobudur baru di ketemukan kembali oleh sejarawan asal Inggris bernama Sir Thomas Stamford Rafles pada tahun 1814. 

Bagi sobat traveler yang ingin ke Candi Borobudur cukup mudah, bila menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju ke arah jalan Jogja - Magelang, dari arah ini sudah banyak petunjuk jalan yang akan menuntun perjalanan kita ke arah Candi Borobudur. Sedang bagi yang menggunakan kendaraan umum dari terminal bus di kota Magelang bisa naik bus langsung ke jurusan Magelang - Borobudur. Candi Borobudur di buka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 30.000, untuk dewasa dan Rp. 12.500, untuk anak usia di bawah 6 tahun.

Baca juga : Cara Mudah Menuju Malioboro Dari Stasiun Tugu Yogyakarta

2. Punthuk Setumbu
Puntuk Setumbu merupakan spot terbaik di Magelang untuk menyaksikan matahari terbit, lokasi Punthuk Setumbu berada di ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut (mdpl), lebih tepatnya berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. 

Dari ketinggian dapat kita saksikan keindahan Candi Borobudur di waktu pagi hari, dengan diselimuti udara pagi hari yang sejuk akan semakin memanjakan mata anda menikmati indahnya sunrise di kawasan Punthuk Setumbu. 

Untuk bisa berada di area Punthuk Setumbu sobat traveler dikenakan tiket masuk Rp. 15.000, Punthuk Setumbu mulai dikenal saat ada seorang fotografer profesional yang bisa mengabadikan Candi Borobudur yang menakjubkan saat sunrise dari kawasan ini, sebelumnya kawasan ini adalah ladang milik warga sekitar.  Saat terindah menyaksikan sunrise di Punthuk Setumbu adalah sekitar jam 5.00 pagi, jadi bila sobat traveler ingin mendapatkan momen yang menakjubkan harus berangkat paling tidak 20 menit sebelum waktu sunrise karena harus menempuk perjalanan trekking menuju puncak Punthuk Setumbu

3. Gereja Ayam
Gereja Ayam merupakan sebuah bangunan yang difungsikan sebagai rumah doa, pada awal pembangunannya, pemilik bangunan ini, Daniel Alamsjah merancang bangunannya dengan model burung merpati, namun setelah selesai bangunannya malah menyerupai ayam. Sehingga hingga saat ini dikenal sebagai Gereja Ayam

Bangunan Gereja Ayam menyerupai Ayam yang sedang duduk dengan mahkota di kepalanya, karena keunikan bangunannya banyak wisatawan lokal maupun dari luar negeri yang mulai berkunjung ke tempat ini. Gereja Ayam lebih tepatnya berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang. 

4. Ketep Pass
Ketep Pass Magelang
Tempat menarik berikutnya di Magelang adalah Ketep Pass yang merupakan oyek wisata alam kegunungapian yang sangat baik untuk sarana edukasi, rekreasi dan penelitian, Ketep Pass lebih tepatnya berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketep Pass berada di lahan seluas 8.000 meter persegi dengan berbagai fasilitas yang dibangun sebagai sarana pendukung bagi siapapun yang berkunjung ke obyek wisata alam kegunungapian ini. 

Ada 2 Gardu Pandang berupa Gazebo yang bisa dipergunakan untuk menyaksikan keindahan gunung Merbabu dan Merapi serta area persawahaan warga sekitar. Selanjutnya ada Volkano Theather atau bisa juga disebut bioskop mini yang menayangkan film dokementer aktifitas gunung Merapi dari tahun ke tahun, serta dokumentasi letusan gunung Merapi terdasyat yang pernah terjadi. 

Tidak hanya itu di area Ketep Pass juga terdapat Volkano Center yang berisikan berbagai dokumen kegunungapian, miniatur gunung Merapi, hingga berbagai jenis batu sebagai bukti letusan dari tahun ke tahun. Untuk masuk area obyek wisata alam kegunungapian Ketep Pass sobat traveler dikenakan biaya masuk Rp. 7.500 per orang dan tambahan biaya Rp. 7.000 untuk memutar film dokumenter gunung Merapi di Volkano Theater. Bila sobat traveler ingin jelas menyaksikan panorama gunung Merapi, Merbabu dan gunung gunung lain disekitarnya dapat menyewa sebuah teropng yang telah di sediakan.

5. Alun-Alun Kota Magelang
Bila sobat traveler berkunjung ke kota Magelang, jangan lupa mampir ke Alun-Alun kota Magelang. Alun-Alun kota Magelang bisa dikatakan sebagai icon kota Magelang dan pusat kegiatan publik yang sering dipergunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti upacara hari besar kenegaraan hingga konser musik. 

Alun-Alun kota Magelang dikelilingi dengan berbagai bangunan sarana pelayanan publik seperti Kantor Pos di sebelah timur, kantor Polisi di sebelah barat, lebih ke barat lagi akan kita lihat bangunan Mesjid Agung kota Magelang lengkap dengan menara yang tinggi di halamannya.

Namun yang lebih unik lagi, Alun-Alun kota Magelang juga di anggap sebagai simbol kerukunan antar umat beragama karena ada beberapa tempat peribadatan yang di bangun di sekitar Alun-Alun, ada Mesjid, Gereja, dan Klentheng. 

Bila sobat traveler melaju dari Semarang, memasuki kawasan Alun-Alun Kota Magelang akan disambut dengan kegagahan Patung Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kuda, sangat menarik untuk dijadikan sebagai obyek berselfia ria.

6. Gunung Andong
Bagi sobat traveler yang hobi berpetualang, saat berkunjung ke kota Magelang dapat berpetualang dan melakukan trekking ke Gunung Andong. Gunung Andong mempunyai ketinggian sekitar 1,463 mdpl, gunung ini mempunyai bentuk yang unik menyerupai sebuah perisai sehingga banyak yang penasaran untuk menyaksikannya langsung dari ketinggiannya. 

Bila sudah sampai di puncaknya sobat traveler dapat menyaksikan keindahan yang luar biasa mirip dengan suasana negeri di awan. Lautan awan seakan menjadi penghubung antara gunung Andong dengan gunung-gunung yang lain disekitarnya, luar biasa indahnya.

7. Taman Kyai Langgeng
Tempat menarik selanjutnya yang bisa dikunjungi saat traveling ke Magelang adalah Taman Kyai Langgeng, Taman ini oleh masyarakat Magelang lebih dikenal sebagai Taman Bunga. Lokasi tepatnya berada di Jalan Cempaka No. 6 Kota Magelang-Jawa Tengah, berdiri di lahan seluas 27 hektar dan disebut sebagai satu-satunya taman terbesar di kota Magelang.

Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Taman Kyai Langgeng, beberapa diantaranya seperti rumah joglo, rumah apung, becak air, arena bermain dan masih banyak lagi. Saat pertama masuk ke area Taman Kyai Langgeng mungkin sobat traveler bisa mengira ini adalah sebuah kebun binatang. Memang benar di area Taman Kyai Langgeng juga dipelihara beberapa hewan dan tanaman langkah sehingga menambah nilai tersendiri bagi Taman ini. 

Nah sobat traveler, 6 Tempat Menarik yang bisa dikunjungi saat traveling ke Magelang sudah kami infokan, walau sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain yang bisa di kunjungi seperti Rumah Kamera, Candi Umbul, Pecinan Magelang, Curug Silawe, Air Terjun Sekar Langit, Grojogan Kedung Kayang dan beberapa tempat lainnya.

0 Response to "7 Tempat Menarik Yang Bisa Dikunjungi Saat Traveling Ke Magelang"

Posting Komentar