6 Tips Tetap Aman Saat Berada Di Terminal Bungurasih Surabaya | WISESATRAVEL.COM

6 Tips Tetap Aman Saat Berada Di Terminal Bungurasih Surabaya

Terminal Purabaya atau yang lebih dikenal dengan terminal Bungurasih merupakan salah satu terminal bus tersibuk di Indonesia dengan jumlah penumpang mencapai 120.000 orang per hari. Terminal Bungurasih lebih tepatnya berada di desa Bungurasih Kecamatan Waru, Sidoarjo. Terminal ini melayani rute jarak dekat, menengah dan jarak jauh (AKAP).
Tips Aman Saat Di Terminal Bungurasih Surabaya
Sudah bukan hal aneh lagi jika terminal bus dimanapun berada telah menjadi satu "titik" berkumpulnya tindak dan berbagai modus kejahatan seperti pencopetan, penipuan, percaloan, premanisme dan berbagai hal yang sangat merugikan pengguna moda transportasi darat ini.  Baca juga 4 Tips Aman dan Nyaman Traveling Dengan Bus

Begitu juga dengan terminal Bungurasih Surabaya, meskipun kini terminal Bungurasih telah berubah menjadi semakin baik namun bukan berati kita mengurangsi kewaspadaan saat kita berada di terminal ini, berikut Tips Tetap Aman Saat Berada di Terminal Bungurasih Surabaya versi Wisesa Travel :

1. Hindari Terlalu Mencolok dan Mengundang Perhatian
Bila sobat traveler akan bepergian melalui terminal Bungurasih Surabaya upayakan tidak mencolok dalam beberapa hal seperti berpakaian atau menggunakan perhiasan. Bagi traveler perempuan perpakaianlah yang selayaknya dan sewajarnya, karena hal ini akan menghindarkan diri anda dari godaan tangan-tangan jahil dan pelecehan lainnya yang membuat anda sangat tidak nyaman. Hindari juga menggunakan perhiasan secara perlebihan sehingga seperti toko emas berjalan, hal ini tentu akan mengundang kejahatan menghampiri anda. Bila mempunyai gadget lebih dari satu ada baiknya tidak mengeluarkan semuanya demi keamanan anda sendiri.

2. Jangan Mudah Percaya Dengan Penawaran Orang Yang Tidak Dikenal
Berbagai modus kejahatan sering dialami para traveler ketika berada di terminal Bungurasih, salah satunya adalah modus penipuan. Untuk itu jangan mudah percaya dengan penawaran orang yang baru dikenal saat berada di terminal karena untuk menjerat korban-korbannya mereka seringkali bermanis-manis menawarkan berbagai hal seperti tiket murah dan sebagainya namun ujung-ujungnya anda akan menjadi korban penipuan. Waspadai juga dengan orang yang tiba-tiba sok kenal dengan anda karena bisa jadi ini adalah modus untuk melancarkan aksi penipuan yang akan dilancarkan kepada anda.

3. Mencari Informasi Pada Petugas Yang Berwenang
Bagi sobat traveler yang membutuhkan satu informasi tertentu saat berada di terminal Bungurasih ada baiknya langsung bertanya kepada petugas yang berwenang. Bisa kita jumpai petugas Dishub yang sedang menjalankan tugasnya di pos-pos pantau atau tempat lainnya agar kita bisa memperoleh informasi yang valid mengenai informasi apa yang kita butuhkan. Hindari bertanya ke sembarang orang yang bisa merugikan diri kita sendiri nantinya.

4. Jangan Terlihat Panik Dan Bingung
Terminal Bungurasih merupakan salah satu terminal terbesar di Indonesia, sudah tentu sangat ramai dan padat setiap harinya. Bagi sobat traveler yang baru pertama turun atau naik bus lewat terminal Bungurasih ada baiknya selalu bersikap tenang, jangan panik dan terlihat bingung karena kondisi yang demikian sering dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk menjerat korbannya. Upayakan tetap tenang walau anda baru pertama kali berada di terminal Bungurasih, perhatikan dengan seksama petunjuk arah yang sudah terpasang untuk melanjutkan perjalanan anda, bila memang harus bertanya, upayakan bertanya kepada petugas yang berwenang agra informasi yang anda peroleh bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

5. Biasakan Membeli Tiket Di Loket Resmi Bus
Untuk sobat traveler yang akan bepergian antar kota antar propinsi sebaiknya membeli tiket secara langsung di counter loket resmi penjualan tiket bus yang telah tersedia, jangan pernah membeli melalui calo-calo yang banyak menawarkan tiket di sembarang tempat karena sudah pasti harganya akan lebih mahal dan keasliannya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Berhati-hatilah sebelum benar-benar membeli tiket bus, periksa dengan seksama tujuan, tanggal keberangkatan dan waktu keberangkatan sebelum meninggalkan loket agar bila ada kesalahan bisa segera anda perbaiki dan tidak mengakibatkan kerugian bagi diri anda.

6. Waspadai Tindak Kejahatan Pencopetan
Selalu berhati-hati dan waspada di semua tempat bukan berati kita paranoid terhadap kondisi di sekeliling kita, namun lebih kearah tindakan pencegahan terhadap kemungkinan kejahatan yang akan menimpa diri kita. Begitu juga saat berada di terminal Bungurasih, upayakan menyimpan barang barang berharga kita seperti dompet dan ponsel di tempat yang aman dan selalu dalam pengawasan kita agar kita bisa terhindar dari tindak kejahatan pencopetan.

Kejahatan bisa terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa kita sadari, untuk itu selalu berhati-hati dan waspada menjadi kunci keselamatan dan keamanan bagi diri kita. Demikian Tips Tetap Aman Saat Di Terminal Bungurasih Surabaya, semoga bisa bermanfaat!! Baca juga 5 Tips Menghindari Mabuk Darat Saat Naik Bus


0 Response to "6 Tips Tetap Aman Saat Berada Di Terminal Bungurasih Surabaya"

Posting Komentar