5 Tips Menghindari Mabuk Darat Saat Naik Bus | WISESATRAVEL.COM

5 Tips Menghindari Mabuk Darat Saat Naik Bus

Transportasi yang bisa kita gunakan untuk kegiatan traveling sangat beragam, mulai pesawat, kereta api, kapal laut, travel ataupun bus. Semuanya mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bila kita memilih sarana transportasi bus untuk mendukung kegiatan traveling kita ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kita bisa nyaman naik bus dan tidak mabuk dalam perjalanan, sehingga begitu sampai di tempat tujuan yang kita inginkan kita bisa benar-benar sehat dan bisa menikmatinya tidak dibatasi oleh kondisi tubuh kita yang kurang sehat karena mabuk perjalanan. Berikut tips agar tidak mabuk darat saat naik transportasi bus :

1. Pilih Tempat Duduk di Bangku Depan atau Tengah

Tips Menghindari Mabuk Saat Naik Bus
Biasanya sarana transportasi bus antar kota antar provinsi menjual tiket berdasarkan nomor bangku, untuk menghindari mabuk darat saat naik bus usahakan memilih nomor tempat duduk di bagian depan atau paling tidak di tengah, hindari memilih bangku di bagian belakang karena kemungkinan mabuk akan lebih besar bila kita mendapatkan duduk di bagian belakang bus. Dibagian belakang bus juga terdapat mesin yang mengakibatkan daya dorong bus lebih terasa. Disamping itu bila duduk dibagian belakang kita akan sering mencium aroma yang tidak sedap karena letak tempat duduk berada di dekat toilet dan menjadi lalu-lalang orang bila pergi ke toilet bus.

2. Menyediakan Cemilan yang Manis di Tas

Di saat menggunakan sarana transportasi bus untuk traveling usahakan untuk membawa dan menyediakan cemilan, bisa roti-roti yang manis atau permen beraroma mint karena hal ini akan berguna bila anda mengalami mual dalam perjalanan. Selain itu cemilan manis juga bisa menjadi penolong disaat lapar mulai melanda anda.

3. Memilih Makanan yang Tidak Banyak Santan

Perjalanan menggunakan bus biasanya bisa lebih dari setengah hari atau bisa satu dua hari bila jarak yang di tempuh antar kota dan antar provinsi, untuk menghindari mabuk darat dalam perjalanan sebisa mungkin kita makan makanan yang tidak mengandung banyak santan pada saat bus berhenti untuk istirahat dan memberikan kesempatan para penumpangnya untuk makan dan minum di satu tempat tertentu. Karena santan bisa membuat perut kita mudah mual dan mengakibatkan mabuk perjalanan, alternative lainnya kita bisa mengkonsumsi buah-buahan untuk menghindari dan mengurangi kemungkinan mabuk darat.

4. Usahakan Jangan Terlalu Lama Menunduk

Lamanya perjalanan bila kita menggunakan sarana transportasi bus akan membuat kita bosan, salah satu cara mengatasi kebosanan adalah dengan membaca buku, memainkan ponsel, Blackberry atau sarana lainnya sehingga fokus kita pada benda-benda tersebut. Bila hal ini kita lakukan dalam jangka waktu yang lama dan terus dalam posisi menunduk serta jarak pandang yang dekat akan menyebabkan perut kita mual karena indera keseimbangan kita terganggu oleh pergerakan bus yang sedang melaju. Untuk mengatasi rasa mual dalam perut yang mengakibatkan mabuk darat dalam perjalanan, usahakan untuk merefresh pandangan anda dengan cara melepaskan pandangan keluar dan melihat titik pandang  yang jauh agar mata kita bisa kembali beradaptasi dengan pergerakan bus yang cepat sehingga kita merasa nyaman lagi.

5. Membawa Obat Anti Mabuk dan Minyak Angin

Tips yang terakhir adalah jangan lupa membawa obat anti mabuk dan minyak angin, karena kedua benda sakti ini sangat berguna bila anda melakukan traveling dengan bus. Bila anda sudah terbiasa mengkonsumsi obat anti mabuk, minumlah obat ini sebelum perjalanan dengan bus di mulai. Dan disaat pusing melanda dalam perjalanan pergunakan minyak angin untuk dioleskan pada kepala dan bisa juga dihirup agar mengurangi rasa pusing. Saat ini banyak dijual minyak angin dengan berbagai aroma terapi yang bisa meredakan sakit kepala.

Sarana transportasi apapun yang kita gunakan untuk melakukan traveling akan terasa sangat nyaman apabila kita bisa menikmati perjalanan yang sedang kita lakukan, karena semuanya bergantung kepada diri kita yang menjalani perjalanan tersebut. Cobalah traveling sebelum terlambat, Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "5 Tips Menghindari Mabuk Darat Saat Naik Bus "

Posting Komentar