Tips Traveling ke Bali Saat Hari Raya Nyepi | WISESATRAVEL.COM

Tips Traveling ke Bali Saat Hari Raya Nyepi

Pulau Bali merupakan destinasi favorit bagi wisatawan baik wisatawan domistik maupun mancanegara, banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi saat berada di Bali beberapa diantaranya seperti pantai Kuta, Seminyak, Sanur, Pandawa, Tanah Lot, Pura Besakih, Tajung Benoa, Pura Uluwatu, Pantai Dreamland, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Ubud dan masih banyak destinasi wisata lainnya. Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat musim liburan, baik liburan sekolah, hari-hari besar dan terutama liburan akhir tahun. Pesona pulau Bali memang membuat siapapun selalu ingin berkunjung ke pulau seribu Pura ini, namun apakah sobat traveler pernah berkunjung ke Bali saat Hari Raya Nyepi? Baca juga Tips Liburan Hemat ke Bali
Suasana Nyepi Di Bali-image by klasemen.co

Suasana Nyepi Di Bali-image by klasemen.co
Kita tahu bersama saat hari Raya Nyepi seluruh umat Hindu di Bali akan merayakannya dengan tapa brata penyepian dan melakukan 4 pantangan dari kepercayaan Hindu yaitu Amati Karya (tidak bekerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Tentu saja sebagai pendatang di Bali wisatawan baik domistik maupun wisatawan mancanegara harus menghormati, dan mentaati aturan yang ditetapkan saat Hari Raya Nyepi sedang berlangsung. Wisatawan tidak bisa bepergian leluasa seperti saat hari-hari normal, karena pada saat Hari Raya Nyepi situasi dan kondisi di Bali memang diciptakan hening dan sunyi agar umat Hindu bisa merayakan Hari Raya Nyepi dengan khidmat. 

Trus apa menariknya berkunjung ke Bali saat Nyepi, jangan salah justru di saat Nyepi sedang berlangsung Bali akan mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga pengunjung ke Bali pada saat Hari Raya Nyepi tidak pernah sepi. Ada beberapa tips bagi wisatawan saat traveling ke Bali pada saat Hari Raya Nyepi, berikut traveling ke Bali Saat Nyepi :

Jangan Pesan Tiket Pesawat Sehari Sebelum Hari Raya Nyepi
Saat Nyepi sedang berlangsung semua orang tidak terkecuali para wisatawan tidak diperbolehkan bepergian kemanapun, dan untuk membantu kondisi ketertiban saat Nyepi polisi adat atau Pecalang akan mengawasi disetiap sudut jalan di Bali. Untuk itu bila berkeinginan menikmati kunjungan ke Bali saat Nyepi upayakan tidak memesan tiket satu hari sebelum hari Raya Nyepi berlangsung, apalagi kedatangan di Bali lewat jam 19.00 WITA. Karena seluruh jalan di Bali ditutup sehingga sobat traveler akan kesulitan mencapai hotel atau penginapan yang telah di pesan, sopir taxi hanya bisa mengantar anda sampai tempat terdekat dan anda harus berjalan kaki menuju ke hotel. Hal in karena ada pawai ogoh-ogoh yang merupakan rangkaian acara dari Hari Raya Nyepi.  

Siapkan Obat-Obatan, Makanan dan Minuman
Karena pada saat Nyepi berlangsung sudah bisa di pastikan semua toko akan tutup, ada baiknya anda menyediakan perbekalan dari rumah atau membeli di sekitar penginapan sehari sebelum Nyepi. Pastikan anda membawa atau menyediakan obat-obatan terutama bagi yang memiliki penyakit khusus seperti maag, alergi atau asma. Jangan lupa juga menyediakan makanan dan minuman ringan agar anda tidak kelaparan saat perayaan hari raya Nyepi sedang berlangsung. Jangan lupa juga menyediakan uang cash secukupnya karena pada saat Nyepi semua ATM di Bali akan dimatikan.

Taati Area Jalan-Jalan Anda
Pantangan yang harus dijalankan saat Nyepi salah satunya adalah Amati Lelungan atau tidak bepergian, hal ini tidak hanya berlaku untuk masyarakat Bali saja melainkan berlaku untuk semua orang termasuk wisatawan yang sedang berada di Bali pada saat hari raya ini. Ketertiban pelaksanaan Nyepi akan diawasi setiap saat oleh polisi adat atau Pecalang, sehingga jangan coba-coba untuk melanggar ketentuan yang telah ditetapkan pada hari raya Nyepi. Namun meskipun demikian sobat traveler masih dapat berjalan-jalan selama masih diarea hotel atau penginapan yang anda pesan. Siapkan pakaian renang karena anda masih bisa berenang sampai sore di hotel bila hotel anda menyediakan fasilitas tersebut. Untuk menghindari kebosanan bawa juga komik, atau novel serta mainkan game yang ada di gadget anda.

Jangan Menyalakan Lampu Sembarangan Dan Membuat Gaduh
Saat berkunjung ke Bali di hari Raya Nyepi kita memang harus mentaati peraturan yang ada untuk menghormati perayaan Nyepi, salah satunya adalah tidak menyalakan lampu sembarangan. Meskipn berada di hotel kita tidak bisa menyalakan lampu sembarangan harus dibuat lebih temaram, serta tirai kamar harus tertutup rapat agar cahaya tidak sampai keluar dan bila hotel tempat anda menginap mempunyai balkon tidak diperbolehkan menyalakan lampu di balkon tersebut. Satu hal lagi meskipun ada berada di kamar hotel yang sifatnya adalah privasi anda tidak diperkenankan mendengarkan musik dan menyetel tv keras keras untuk menghormati semua orang yang menjalankan hari raya Nyepi. 

Menghubungi Pihak Hotel Bila Anda Sakit
Kita tentunya tidak menginginkan sakit menimpa diri kita, namun bila kejadian ini benar-benar terjadi pada diri kita saat peringatan Nyepi sedang berlangsung di Bali. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter dan segeralah menghubungi pihak hotel tempat anda menginap. Mereka akan membantu anda menghubungi rumah sakit terdekat untuk mengirimkan Ambulance menjemput anda. Karena pada saat Nyepi di Bali yang diperbolehkan bepergian hanya mobil Ambulance dari rumah sakit. 

Mengunjungi Bali saat Hari Raya Nyepi tentu mempunyai sensasi sendiri bagi anda yang sudah pernah merasakannya, pada hari-hari biasa pulau Dewata Bali akan dipenuhi oleh kerlap-kerlip lampu di semua tempat, namun pada saat Nyepi berlangsung cobalah ke luar dari kamar meskipun masih berada di lingkungan hotel, cobalah lihat dan perhatikan dengan baik bagaimana suasana malam di Bali yang hanya diterangi sinar bulan dan bintang yang begitu indah. Tertarik mengunjungi pulau Bali silahkan pilih hotel terbaik di Bali sekarang

0 Response to "Tips Traveling ke Bali Saat Hari Raya Nyepi"

Posting Komentar