Menikmati Alam Di Camping Ground Pet Bocor | WISESATRAVEL.COM

Menikmati Alam Di Camping Ground Pet Bocor

Menghabiskan waktu weekend atau liburan tidak harus pergi ke tempat-tempat yang jauh, bisa saja menikmati liburan dengan berkunjung ke destinasi wisata yang berada dekat dengan tempat tinggal kita seperti mengunjungi kebun binatang, museum atau destinasi wisata lainnya. Bagi sobat traveler yang gemar menikmati keindahan alam khususnya yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya bisa melakukan aktifitas hiking atau hanya sekedar kemping di beberapa camping ground seperti di Dlundung Trawas, Kakek Bodo atau di camping ground Pet Bocor. Pet Bocor sebenarnya adalah salah satu pos pendakian menuju gunung Arjuno-Welirang, namun tidak jarang area ini dipergunakan para pendaki atau pencinta alam untuk beristirahat mendirikan tenda dan menginap.
Area camping Ground Pet Bocor-image mytripandadventureblog.wordpress.com

Area camping Ground Pet Bocor banyak ditumbuhi pohon pinus dan beberapa vegetasi khas gunung lainnya, namun dibeberapa tempat sudah ditebang sehingga di siang hari area ini akan terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Area ini dinamakan Pet Bocor karena memang ada sebuah saluran air yang mengalir dari sebuah pipa air yang dipergunakan sebagai sumber air bagi siapapun yang menginap dan kemping di area ini. Bila kita memilih lokasi agak ke kiri dan masuk kedalam, akan bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu disekitar wilayah area Tretes dan sekitarnya. Pada momen tertentu seperti weekend hari Sabtu dan Minggu atau masa liburan sekolah area Pet Bocor banyak sekali dipergunakan sebagai lokasi kemping bagi muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu di alam.

Berbagai aktifitas bisa kita lakukan bila kita kemping di area camping ground Pet Bocor, seperti  bercengkrama dengan teman atau sahabat dalam satu rombongan, memainkan game-game, bernyanyi bersama serta melakukan aktifitas lainnya. Karena sebagai jalur pendakian yang sering dilintasi para pendaki menuju puncak gunung Arjuno dan Welirang sobat-sobat bisa saling bertegur sapa dengan pendaki lain yang melintas, ada sebuah warung kecil disisi sebelah kanan jalur yang bisa anda pergunakan untuk nongkrong atau sekedar memesan makanan kecil dan kopi panas. Keheningan malam dan suara binatang malam akan menemani anda menghabiskan malam panjang di camping ground Pet Bocor. Bila pagi sudah menjelang sobat-sobat dapat melakukan aktifitas lain yang lebih menantang, yaitu mengunjungi air terjun alap-alap yang juga masih masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) R. Soerjo. Rute yang harus dilewati untuk mengunjungi air terjun Alap-Alap adalah mengambil jalan di belakang warung Pet Bocor, melintas ke arah kanan sampai bertemu dengan camping Ground Kakek Bodo. Dari camping ground Kakek Bodo mengambil rute ke kiri terus mengikuti jalur sampai bertemu dengan air terjun Alap-Alap. Baca juga : Air Terjun Alap-Alap, Keindahan dan Ketenangan Yang Tersembunyi.

Lokasi camping ground Pet Bocor mudah dijangkau, bila sobat traveler dari Surabaya, bisa menggunakan kendaraan pribadi, roda dua atau kendaraan umum. Bila mempergunakan kendaraan umum dari Surabaya bisa naik bus jurusan Surabaya ke Malang, dan turun di terminal Pandaan. Dari terminal Pandaan dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan pedesaan L-300 dan turun di perijinan pendakian Arjuno-Welirang di belakang hotel Surya Tretes. Setelah melakukan perijinan dapat langsung menempuh rute dibelakang perijinan atau langsung menuju rute belakang hotel Surya, berjalan mengikuti rute yang sudah ada, dan ambil rute ke sebelah kiri menuju camping ground Pet Bocor. Jalur ini mungkin akan sedikit membuat anda terkejut, apalagi yang belum pernah melakukan aktifitas hiking, meskipun tidak jauh namun jalur ini cukup menguras tenaga dengan tanjakan dan tikungan yang menanjak. Dari perijinan ke lokasi Pet Bocor bisa ditempuh antara 30 menit-45 menit bergantung kepada fisik anda msing-masing. Selamat berkunjung ke camping ground Pet Bocor, nikmatilah alam secara bijak, dan selalu bawa sampah anda turun kembali karena alam dan gunung bukanlah tempat sampah!!


0 Response to "Menikmati Alam Di Camping Ground Pet Bocor"

Posting Komentar