5 Pantai Menawan Di Pacitan | WISESATRAVEL.COM

5 Pantai Menawan Di Pacitan

Pacitan adalah salah satu wilayah di Propinsi Jawa Timur, lebih tepatnya berada di ujung barat daya propinsi Jawa Timur. Pacitan berbatasan langsung dengan beberapa wilayah lainnya, di sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo, di sebelah timur dengan Kabupaten Trenggalek, di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, dan di sebelah barat dengan Kabupaten Wonogiri propinsi Jawa Tengah. Meskipun Pacitan dikenal sebagai kota Seribu Goa namun Pacitan juga mempunyai pantai-pantai ciamik yang menawan dengan keindahan panorama alamnya. Bila sobat traveler berkunjung ke Pacitan jangan lupa juga mengunjungi pantai-pantai yang indah dan menawan di sana. Berikut 5 pantai menawan yang bisa anda kunjungi saat berada di Pacitan :

Pantai Klanyar
Pantai Klanyar Pacitan
Pantai Klanyar merupakan pantai yang terindah di Pacitan menurut pendapat banyak orang, karena memang pemandangan alam dan panoramanya begitu cantik dan menawan. Pantai ini lebih tepatnya berada di desa Kalak, Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa Timur. Pantai Klanyar berjarak sekitar 40 km arah barat pusat kota Pacitan, atau berjarak 110 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Klanyar mempunyai hamparan pasir putih dengan air laut berwarna biru bergradasi putih jernih. Di pinggiran pantai Klanyar terdapat banyak batu karang, bahkan ada satu batu karang yang besar menyerupai Sphink dan menjadi ciri khas pantai Klanyar. Ada keunikan yang bisa kita dapatkan saat berkunjung ke pantai Klanyar, beberapa batuan karang yang berada di pinggiran pantai mempunyai celah, dan di saat ombak datang air akan masuk kedalamnya dan menyembur ke atas, bahkan semburannya bisa mencapai ketinggian 10 meter. Semburan air ke atas akan diikuti suara seperti siulan dan berlangsung terus menerus sehingga sering disebut sebagai seruling laut. Baca juga Pantai Klanyar Pacitan Jawa Timur.

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo Pacitan-image anekatempatwisata.com
Pantai menawan di Pacitan berikutnya adalah pantai Banyu Tibo, dalam bahasa Jawa Banyu Tibo diartikan air jatuh. Pantai Banyu Tibo lebih tepatnya berada di desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini juga mempunyai hamparan pasir putih dan batu karang seperti pada umumnya pantai di Pancitan. Lokasi pantai Bayu Tibo sangat unik karena berada di bawah tebing dan yang lebih menarik lagi  terdapat air terjun yang mengalir dari tebing tersebut dan alirannya langsung mengalir ke laut, sehingga membuat pantai Banyu Tibo semakin menawan dan indah. Area di pantai Banyu Tibo sebenarnya tidak terlalu luas, saat air laut pasang kita hanya dapat menyaksikan keindahan laut dari atas tebing, namun disaat air laut sedang surut kita dapat bermain-main langsung di bawah tebing dan di pinggiran pantai. Panorama pantai yang indah bisa menjadi sarana hunting foto bagi sobat traveler yang menyukai keindahan alam.

Pantai Srau
Pantai Srau Pacitan-images eastjava.com
Pantai Srau merupakan salah satu pantai di Pacitan yang masih alami dan perawan sehingga belum banyak yang mengunjungi. Pantai ini lebih tepatnya berada di desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Pacitan. Pantai Srau memiliki 3 lokasi pantai, di sebelah timur biasa dipergunakan sebagai tempat menyaksikan matahari terbit, di sebelah barat untuk menyaksikan matahari tenggelam dan di bagian tengah untuk menyaksikan pemandangan laut lepas. Untuk mencapai pantai Srau masih sangat sulit karena belum ada transportasi umum yang menuju kesana, sehingga bila sobat traveler ingin mengunjungi pantai ini harus menggunakan sarana transportasi sendiri. Sepanjang perjalanan anda akan melewati pinggiran hutan yang hijau, dan rindang. Di area pantai Srau terdapat tebing-tebing yang masih alami dan ditumbuhi banyak tanaman khas pantai, banyak pula terdapat pulau-pulau kecil tidak berpenghuni yang setiap saat dihantam ombak. Karena ombak yang begitu besar, di beberapa kawasan pantai ini terdapat larangan untuk berenang, namun janga kuatir sobat traveler masih bisa bermain air dan berenang di bagian paling barat pantai ini. 

Pantai Buyutan
Masih di area wilayah Kecamatan Donorejo terdapat sebuah pantai yang sangat indah dan menawan, pantai Buyutan namanya. Pantai Buyutan lebih tepatnya berada di desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Pantai Buyutan mempunyai hamparan pasir putih yang sangat lembut sehingga nyaman di telapak kaki, lokasi yang cocok untuk bermain pasir dan air. Untuk menuju pantai Buyutan perjalanan awal kita akan melewati areal persawahan  yang hijau lengkap dengan gubuk-gubuk petani sehingga menghadirkan panorama landscape yang menawan. Namun rahasia sebenarnya adalah ketika kita sudah sampai di ujung paling selatan areal persawahan ini, sebuah pantai yang menawan dan eksotik  bisa kita saksikan, dengan hamparan pasir putihnya di sepanjang pantai dan air lautnya yang biru benar-benar menghadirkan pemandangan dan panorama yang menawan, sayang bila di lewatkan saat sobat traveler berkunjung ke Pacitan.

Pantai Karang Bolong
Pantai yang menawan lainnya di Pacitan adalah pantai Karang Bolong, masih di Kecamatan Donorejo yang merupakan salah satu daerah di Pacitan yang dikenal mempunyai pantai-pantai yang indah. Pantai Karang Bolong lebih tepatnya berada di kelurahan Sendang, Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan. Pantai Karang Bolong dikelilingi oleh batu karang yang semakin menambah keindahan pantai ini, seluruh keindahan pantai dapat kita saksikan dari atas batu karang yang berdiri kokoh di pinggiran pantai. Memang pantai Karang Bolong tidak setenar pantai Klanyar yang sudah terkenal, namun keindahan danpanoramanya tidak akan kalah bila dibandingkan dengan pantai Klanyar. Sehingga bisa menjadi rekomendasi saat sobat traveler berkunjung ke Pacitan. 

Pacitan memang satu daerah di Propinsi Jawa Timur yang mempunyai berbagai keindahan alam khususnya pantai dan goa-goa yang menawan. Bila sobat traveler masih bingung memilih pantai mana yang akan di kunjungi di Jawa Timur, tidak usah ragu kunjugi saja Pacitan dengan pantai-pantainya yang menawan. Baca juga 5 Goa Tereksotis Di Indonesia

0 Response to "5 Pantai Menawan Di Pacitan"

Posting Komentar