Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur | WISESATRAVEL.COM

Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Jawa Timur merupakan satu propinsi di Indonesia yang berada di ujung paling timur pulau Jawa, propinsi ini dikenal mempunyai berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Sehingga tidak akan pernah ada habisnya bila kita mengeksplore destinasi wisata yang ada di Jawa Timur, bahkan beberapa diantaranya sudah terkenal dan mendunia seperti Gunung Bromo dengan sunrise dan sunsetnya, Gunung Semeru dengan panorama alam dan Danau Ranu Kumbolo yang sangat indah, Kawah Ijen dengan api birunya, Air Terjun Madakaripura dengan kemegahannya. Tidak hanya itu, Jawa Timur masih memiliki berbagai destinasi khususnya destinasi wisata alam yang menarik untuk di kunjngi, salah satunya adalah Pantai Klanyar di wilayah Pacitan.

Pesona Pantai Klanyar Pacitan Jawa Timur
Pantai Klanyar lebih tepatnya berada di desa Kalak Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 40 km sebelah barat dari pusat kota Pacitan, atau berjarak sekitar 110 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Klanyar merupakan satu destinasi wisata yang masih sepi, sehingga hanya ramai wisatawan saat weekend atau musim liburan baik liburan sekolah, liburan hari besar atau liburan akhir tahun. Pantai ini masih menjadi bagian dari pantai selatan yang dikenal mempunyai ombak yang sangat besar, pantai Klanyar mempunyai hamparan pasir putih dengan air lautnya berwarna biru bergradasi putih dan cukup jernih, dipinggiran pantainya terdapat banyak batu karang. Bahkan ada satu batu karang yang menjadi ciri khas pantai Klanyar, batu karang raksasa ini menyerupai Sphinx. Beberapa batu karang yang tersebar hampir di semua pinggiran pantai mempunyai sebuah celah, dan uniknya ketika ombak datang air akan masuk dari bawah dan menyembur ke atas seperti air mancur bahkan semburannya bisa mencapai ketinggian 10 meter. Semburan air keatas akan disertai suara seperti siulan dan berlangsung secara terus menerus sehingga akhirnya fenomena ini disebut sebagai seruling laut.

Selain pasir putih yang membentang sepanjang pantai, dan batu karang di pinggiran pantai, di sepanjang pantai Klanyar juga banyak tumbuh pohon kelapa, terdapat beberapa gubug yang beratapkan daun kelapa kering yang bisa dipergunakan sekedar berteduh dari terik matahari. 

Fasilitas yang tersedia
Di area pantai Klanyar sudah tersedia toilet umum dan beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman sederhana, namun di area pantai ini belum terdapat penginapan yang dipergunakan sebagai sarana akomodasi. Jadi bagi sobat traveler yang berkeinginan menginap di area pantai Klanyar ada baiknya membawa tenda atau perlengkapan sendiri, dan jangan lupa membawa bekal makanan dan logistik sendiri karena menjelang malam warung-warung yang berada di area pantai lebih memilih tutup.

Akses Menuju Pantai Klanyar
Pantai klanyar dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan roda dua, lokasinya ke arah barat sejauh 40 km dari pusat kota Pacitan dan bisa ditempuh dengan berkendara kurang lebih satu jam perjalanan. Atau bisa di tempuh dari kota Yogyakarta dengan berkendara 3 jam perjalanan atau menempuh jarak sejauh 110 km dengan melewati rute Yogyakarta-Wonosari-Wonogiri-Pacitan.

Tiket Masuk Kawasan Wisata
Untuk bisa berada di kawasan pantai Klanyar, pengunjung dikenakan biaya masuk obyek wisata sebesar Rp. 3.000..murah bukan?

Bila sobat traveler belum punya destinasi wisata mana yang harus dikunjungi saat weekend atau liburan nanti, pantai Klanyar Pacitan bisa menjadi salah satu rekomendasi. Selain alamnya yang masih asli, pantai dan pasir putihnya yang indah sobat traveler juga dapat menikmati fenomena alam Seruling Laut yang sering terjadi di pantai ini. Selamat menikmati traveling anda, kunjungi wisata Indonesia saja, karena Indonesia sangat indah.

0 Response to "Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur"

Posting Komentar