Menikmati Sunrise Di Puncak Suroloyo | WISESATRAVEL.COM

Menikmati Sunrise Di Puncak Suroloyo

Traveling mengunjungi tempat-tempat yang indah merupakan kegiatan yang asyik untuk dilakukan, bagi sobat-sobat traveler pencinta keindahan alam, Indonesia sangat kaya dengan panorama alam yang bisa dikunjungi dan dinikmati. Selain Gunung Bromo, Semeru dan beberapa tempat lain ada satu lagi tempat yang indah yang bisa dikunjungi sobat traveler untuk menikmati panorma alam khususnya pada saat matahari terbit atau sunrise. Tempat yang indah untuk menikmati sunrise ini dinamakan puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo lebih tepatnya berada di Kulon Progo Yogyakarta, karena lokasinya diatas bukit dengan ketinggian mencapai 1.019 meter diatas permukaan air laut (mdpl) membuat tempat ini sangat ideal untuk menyaksikan panorama matahari terbit yang indah di pagi hari.

Legenda Puncak Suroloyo
Sebelum memulai perjalanan menuju puncak Suroloyo ada baiknya kita mengetahui legenda yang hidup di masyakat sekitar Puncak Suroloyo, berdasar kitab karangan Ngabehi Yasadipura seorang pujangga dari Keraton Surakarta, dahulu kala Raden Mas Rangsang putera mahkota kerajaan Mataram Islam mendapatkan sebuah petunjuk atau wangsit yang mengharuskan berjalan sejauh 40 km dari Kotagede untuk bisa menjadi penguasa tanah Jawa. Raden Mas Ransang menuruti  isi petunjuk atau wangsit tersebut, dan melakukan perjalanan hingga akhirnya kelelahan dan jatuh pingsan. Pada saat pingsan turunlah wangsit kedua yang memerintahkan Raden Mas Rangsang harus bertapa di puncak Suroloyo yang merupakan puncak tertinggi di pegunungan Menoreh. Dan sejak saat itu muncullah nama puncak Suroloyo, Raden Mas Rangsang sendiri mendapat gelar Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Puncak Suroloyo-images anisasf.wordpress.com
Untuk menuju puncak Suroloyo sobat traveler membutuhkan stamina yang prima, karena jalan menuju puncak sangat menguras tenaga, terdiri dari 286 anak tangga dengan tanjakan yang curam akan membuat kita benar-benar mengandalkan ketahanan fisik. Sarana transportasi yang kita gunakan hanya bisa mengantar sampai di area parkir, selanjutnya untuk menuju puncak Suroloyo yang merupakan salah satu puncak di pegunungan Menoreh, sobat traveler harus melanjutkan dengan berjalan kaki. Agar perjalanan lebih nyaman berupayalah untuk memilih sepatu atau sandal yang nyaman dipakai untuk berjalan kaki, jangan terlalu berat membawa beban karena perjalanan kita menuju puncak Suroloyo tergolong perjalanan yang sangat melelahkan. Selama perjalanan menuju puncak Suroloyo sah-sah saja sobat traveler berhenti sejenak untuk beristirahat, atau menikmati pemandangan dan meneguk minum sekedar melepas dahaga kita, bila sudah terkumpul lagi tenaga perjalanan panjang menuju puncak Suroloyo dapat kita lanjutkan kembali. 

Setelah bersusah payah menumpuh perjalanan dengan menaiki 286 anak tangga kita akan sampai di tempat yang kita inginkan, puncak Suroloyo. Dari atas puncak Suroloyo akan dapat kita saksikan panorama sunrise yang indah, empat puncak gunung lain yang mengelilingi puncak Suroloyo yaitu puncak gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu akan terlihat sangat jelas. Bila cuaca sedang cerah dari kejauhan akan dapat kita saksikan juga Candi Borobudur, lautan awan yang mengelilingi puncak Suroloyo serasa membuat kita berada di negeri atas awan, sungguh panorama yang indah dan mempesona. Selepas matahari terbit dan ketika matahari telah memancarkan sinarnya yang terang, sobat traveler dapat menyaksikan pemandangan alam yang indah di sekitar puncak Suroloyo, kicauan burung, capung dan kupu-kupu yang menjadi binatang khas pegunungan Menoreh seakan menyambut kehadiran kita. Sobat traveler dapat juga mengunjungi pertapaan Suroloyo berukuran 7m x 15m yang konon dipergunakan oleh Sultan Agung untuk Bertapa.  

Semua keindahan yang bisa kita saksikan dari puncak Suroloyo merupakan karunia dari Tuhan YME yang harus tetap kita jada kelesatariannya, bukan hanya demi kita namun demi anak cucu kita agar mereka juga bangga menjadi bagian Nusantara yang indah ini, lestari alamku, lesatri bumiku!

0 Response to "Menikmati Sunrise Di Puncak Suroloyo "

Posting Komentar