Piknik Tipis-Tipis Ke Air Terjun Kakek Bodo | WISESATRAVEL.COM

Piknik Tipis-Tipis Ke Air Terjun Kakek Bodo

Mengakhiri masa liburan akhir tahun yang panjang tidak ada salahnya kita menghabiskan waktu untuk mengunjungi satu destinasi wisata yang ada di dekat tempat tinggal kita. Kali ini tim Wisesatravel memilih mengunjungi wana wisata air terjun Kakek Bodo yang berada di wilayah Tretes Prigen. Air terjun Kakek Bodo lebih tepatnya berada di desa Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan propinsi Jawa Timur. Air terjun ini memiliki akses yang sangat mudah bisa di tempuh dengan menggunakan berbagai sarana transportasi seperti kendaraan pribadi, roda dua atau kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum sobat traveler dari Surabaya bisa memilih bus jurusan Surabaya ke Malang, dan turun di terminal Pandaan. Dari terminal Pandaan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan jenis L-300 menuju daerah Tretes dan turun sekitar 50 meter dari pintu masuk utama atau pintu masuk ke 2 wisata air terjun Kakek Bodo Tretes. 

Air Terjun Kakek Bodo
Air terjun Kakek Bodo berada di ketinggian 850 mdpl dan masuk dalam wilayah kawasan hutan lindung RPH, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) di lereng gunung Welirang. Air Terjun Kakek Bodo mempunyai terjunan setinggi 40 meter dengan pemandangan alam disekitar yang masih hijau dan asri. Kedatangan tim Wisesatravel kali ini disambut dengan suasana mendung yang menggelayut, namun cuaca mendung tetap tidak menghalangi keinginan kami untuk mengunjungi air terjun Kakek Bodo, ya sekedar merefresh hati dan pikiran setelah sekian lama beraktifitas. Pengunjung wisata air terjun Kakek Bodo saat ini juga sangat ramai karena memang hari Minggu tanggal 3 Januari 2016 adalah hari libur terakhir bagi yang telah menikmati liburan akhir tahun. Setelah membeli tiket masuk dewasa dengan harga Rp. 12.500 untuk waktu weekend, kami pun mulai menjejakkan kaki memasuki kawasan air terjun Kakek Bodo. Sekitar 5-10 meter memasuki kawasan air terjun dapat kita lihat wahana kolam renang, namun untuk bisa menggunakan wahana kolam renang pengunjung kembali dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Perjalanan kita lanjutkan kembali untuk menuju air terjun Kakek Bodo, jalur setapak yang telah tertata rapi dengan pepohonan yang hijau di sekitarnya membuat perjalanan menuju air terjun tidak terasa, meskipun jalur setapaknya turun naik dan berkelok seperti pada umumnya jalur di pegunungan. Sepanjang perjalanan menuju air terjun banyak sekali penjual makanan dan minuman menawarkan dagangannya kepada pengunjung. Banyak juga fasilitas MCK yang bisa kita temui di sepanjang jalan, terdapat juga sarana bermain untuk anak-anak seperti bandulan, dan beberapa sarana ketangkasan lainnya. Ada juga Gazebo dan tempat beristirahat bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar.

Mendekati area air terjun akan kita temui sebuah bangunan namun dalam kondisi kosong milik Perhutani yang mungkin difungsikan sebagai kontrol dan pengawasan bagi pengunjung di kawasan air terjun. Karena beberapa kejadian terutama pada saat musim hujan banyak pengunjung yang tetap bermain di bawah air terjun atau di sepanjang aliran air terjun sehingga sangat membahayakan jiwa karena saat musim hujan kondisi di bawah air terjun sering terjadi banjir dan rawan sekali longsor. Untuk itu dibutuhkan pengawasan dari petugas yang berwenang agar semua pengunjung terhindar dari musibah yang bisa merugikan dirinya maupun keluarga. Suasana di sekitar air terjun sangat ramai, berbagai aktifitas dilakukan pengunjung air terjun ini mulai bermain air, befoto selfi, atau sekedar bercengkrama bersama keluarga. Setelah beberapa saat menikmati keindahan air terjun dengan panorama hijau di sekitarnya, tubuh terutama hati dan pikiran kembali menjadi fresh, suasana alam yang tenang, gemuruh air terjun, serta pepohonan yang hijau seakan memberikan kekuatan kepada kita untuk memulai aktifitas di tahun yang baru ini. Namun cuaca yang gerimis dan mendung yang semakin tebal membuat kami harus merelakan keindahan alam yang hijau ini untuk kembali menuju kota tercinta Surabaya. Sampai jumpa kembali air terjun Kakek Bodo, tempatmu yang indah membuat kami akan kembali lagi suatu saat nanti.


0 Response to "Piknik Tipis-Tipis Ke Air Terjun Kakek Bodo"

Posting Komentar