Wisata Alam Air Terjun Kakek Bodo | WISESATRAVEL.COM

Wisata Alam Air Terjun Kakek Bodo

Mengunjungi wisata alam yang indah tentunya akan membuat refresh kembali diri kita terutama pikiran kita setelah melakukan rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Satu lagi obyek wisata alam yang menyuguhkan keindahan dan panorama yang alami, air terjun Kakek Bodo. Air terjun Kakek Bodo terletak di Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan Propinsi Jawa Timur. Air terjun ini berada di ketinggian 850 mdpl dan mempunyai ketinggian terjunan sekitar 40 m, dan berada di kawasan hutan lindung RPH, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pasuruan di lereng gunung Welirang. Wana Wisata air terjun Kakek Bodo mempunyai akses jalan yang baik, dapat di jangkau oleh segala kendaraan, mulai roda dua, kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bila anda menggunakan kendaraan umum dari kota Surabaya atau Malang bisa naik bus antar kota dalam Propinsi jurusan Malang bila anda berangkat dari Surabaya dan jurusan Surabaya bila anda berangkat dari Malang, turun di terminal Pandaan, dari terminal Pandaan ganti atau oper lagi dengan angkutan pedesaan colt atau L-300 jurusan Tretes-Prigen, turun di pintu masuk Wana Wisata Air Terjun Kakek Bodo. Untuk bisa masuk kawasan wisata air terjun Kakek Bodo pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000,- dan biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp. 4.000,-. Dari pintu masuk wisata air terjun, anda berjalan melalui setapak yang telah tertata rapi menuju air terjun. Sepanjang jalan yang kita lalui akan kita lihat pepohonan yang rindang dan sejuk, sehingga kita seakan berjalan di tengah hutan. Dalam area ini juga terdapat kolam renang dan wahana permainan bagi anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit dan beberapa wahana permainan ketangkasan. Terdapat juga warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman, serta ada fasilitas kamar mandi dan Mushola. Masih di kawasan wisata air terjun Kakek Bodo juga terdapat area untuk anda yang menyukai menginap dan berkemah di alam bebas.

Suasana Air Terjun Kakek Bodo
Nama Kakek Bodo konon diambil dari sebutan seorang kakek yang bodoh (bodo), penduduk setempat mengisahkan dahulu kala ada seorang kakek yang menjadi pembantu keluarga Belanda, dia seorang yang jujur dan saleh. Karena keinginannya untuk menyepi dan mensucikan diri meninggalkan masalah keduniawian mengakibatkan keluarga Belanda yang diikutinya menyebutnya sebagai Kakek yang bodoh (kakek Bodo). Namun berkat ketulusan hati dan keiklasan hatinya meninggalkan keduniawian dengan bertapa, Kakek Bodo memiliki kesaktian dan kelebihan untuk membantu penduduk setempat yang meminta pertolongan kepadanya. Di kisahkan Kakek Bodo juga meninggal di tempat pertapaannya, dan sampai sekarang makam Kakek Bodo masih dikeramatkan oleh penduduk setempat, dan pada saat-saat tertentu masih banyak dikunjungi oleh para penziarah dari berbagai daerah dan para pejabat serta pembesar negara.

Air Terjun Kakek Bodo terlihat gagah dan kokoh, dikelilingi pepohonan, tebing dan bebatuan besar disekitarnya, disaat tertentu banyak juga kera-kera hutan yang turun di sekitar air terjun. Sungguh pemandangan dan panorama yang indah, terjunan dan bias air yang terkena sinar matahari tampak seperti membentuk warna-warna yang indah bila cuaca sedang cerah, kita juga dapat bermain air atau bahkan mandi dibawah air terjun bila cuaca juga sedang bersahabat. Di area air terjun Kakek Bodo sebenarnya masih terdapat air terjun lagi yaitu air terjun Alap-Alap, namun karena lokasi dan letaknya yang sulit dijangkau menyebabkan air terjun ini masih belum dibuka untuk umum, hanya kalangan tertentu saja seperti pencinta alam, atau penggiat alam bebas yang terbiasa mengunjungi air terjun Alap-Alap. Menyaksikan keindahan dan berbasah-basah di air terjun seakan-akan melepaskan lelah dan letih kita setelah melakukan aktifitas sehari-hari yang padat. Alam Indonesia selalu memberikan suguhan panorama yang indah, membuat setiap orang yang menyaksikannya berdecak kagum, kagum akan keindahan alam kita tercinta Indonesia. Untuk itu mari bersama-sama menjaga keutuhan dan kelestarian alam kita, bukan untuk kita saja, tetapi demi anak cucu kita, agar mereka selalu bangga menjadi bagian nusantara Indonesia. Selamat mengunjungi wisata alam kita, saksikan dan nikmati apa yang ada di alam Indonesia.

0 Response to "Wisata Alam Air Terjun Kakek Bodo"

Posting Komentar