Tips Mengatasi Hawa Dingin Di Gunung | WISESATRAVEL.COM

Tips Mengatasi Hawa Dingin Di Gunung

Menikmati liburan dengan berpetualang di alam bebas dan mendaki gunung adalah aktifitas yang lazim dilakukan oleh pencinta alam di manapun berada. Setelah mengetahui tips bagi pendaki pemula serta tips packing carier yang benar kini saatnya sobat traveler melakukan kegiatan yang sesungguhnya di alam bebas. Namun perlu diketahui bersama bahwa beraktifitas di alam bebas sangat membutuhkan perencanaan serta kesiapan yang baik, baik kesiapan fisik, mental, pengetahuan dasar pendakian maupun persiapan logistik yang menjadi kebutuhan dasar dalam melakukan aktifitas ini. Karena memang beraktifitas di alam sangat mengandung resiko bagi yang tidak memahaminya, cuaca yang bisa cepat berubah-ubah dari panas, tiba-tiba menjadi hujan, dan kemudian menjadi dingin menusuk tulang sangat berbahaya bagi yang tidak mengerti akan hal ini. Ada beberapa tips yang bisa kita jalankan agar kita terhindar dari hawa dingin saat melakukan aktifitas di alam atau melakukan pendakian di gunung, simak tipsnya berikut :

Tidak Mendirikan Tenda Di Tempat Terbuka
Mendirikan Tenda
Tenda merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus dibawah sobat traveler ketika melakukan aktifitas pendakian di gunung, di dalam tenda kita dapat berlindung dari panas dan dinginnya udara malam serta angin gunung, namun ada pertimbangan yang harus dijalankan untuk memilih lokasi mendirikan tenda salah satunya adalah tidak mendirikan tenda di tempat yang terbuka. Carilah tempat yang terlindung oleh pepohonan atau tidak berada langsung di dataran yang sangat terbuka karena angin gunung akan langsung menerpa tenda anda sehingga akan membuat udara semakin dingin.

Bawalah Sleeping Bag dan Jaket
Untuk mengurangi udara dingin saat sobat traveler melakukan aktifitas di alam bebas selain berada di dalam tenda, upayakan juga membawa perlengkapan lainnya yakni jaket dan sleeping bag. Sleeping Bag atau kantong tidur memang dirancang sedemikian rupa dengan bahan-bahan yang hangat untuk dipergunakan sebagai perlindungan diri dari dinginnya cuaca di gunung. Jadi usahakan bila anda melakukan aktifitas pendakian di gunung jangan terlupakan untuk membawa sleeping bag agar terhindar dari dinginnya suhu udara digunung sehingga anda bisa lebih nyaman beristirahat dan bisa melanjutkan perjalanan kembali di pagi hari.

Membuat Api Unggun
Dinginnya udara di gunung juga dapat dikurangi dengan membuat api unggun, selain mengurangi dinginnya udara malam di gunung api unggun juga berfungsi menjaga dan meminimalkan diri anda dari serangan binatang di hutan. Namun perlu dipahami membuat api unggun juga harus tetap mempertahankan prinsip-prinsip pelestarian alam, usahakan jangan pernah menebang pohon yang masih hijau dan segar, carilah ranting kayu yang telah kering dan tetap perhatikan juga kondisi api unggun yang telah anda buat dengan memberikan pembatas berupa batu atau apapun yang bisa menghalangi api menjalar. Jangan sampai hanya karena berkeinginan mengurangi dinginnya suhu di gunung anda malah mengakibatkan kebakaran hutan yang berada di gunung.

Saling Berbagi Panas Tubuh
Udara dingin yang menusuk tulang sedikit banyak dapat kita kurangi dengan berbagi panas tubuh antara teman atau sahabat dalam satu perjalanan. Kita bisa saling berdekatan dan bila kondisi memang memungkinkan kita bisa saling berpelukan. Karena dengan begitu udara disekitar tubuh kita akan menjadi lebih hangat sehingga kita bisa terhindar dari hipotermia atau kehilangan panas tubuh karena faktor kedinginan di gunung.

Demikian tips yang mungkin bisa berguna bagi sobat traveler untuk mengatasi dinginnya udara saat  melakukan aktifitas pendakian di gunung. Namun tetap perlu diingat bahwa melakukan aktifitas di alam bebas tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, anda harus mempunyai persiapan dan membawa perlengkapan standar untuk kegiatan pendakian karena bagaimanapun keselamatan tetap menjadi prioritas utama bagi siapapun yang menjalankan aktifitas ini. Selamat mendaki gunung berasama sahabat dan orang-orang terkasih, "jangan pernah membunuh apapun selain waktu, jangan pernah mengambil apapun selain foto, dan jangan pernah meninggalkan apapun selain jejak kaki" Lestari alamku, Lestari bumiku!!
 

0 Response to "Tips Mengatasi Hawa Dingin Di Gunung"

Posting Komentar