Keindahan Air Terjun Coban Talun | WISESATRAVEL.COM

Keindahan Air Terjun Coban Talun

Kota wisata Batu-Malang memang salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi, beberapa diantaranya seperti Jatim Park I dan II, Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS), Selecta, Songgoriti, Sengkaling, Air Terjun Coban Rondo, Alun-alun Kota Batu dan masih banyak lagi. Selain banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi kota Batu-Malang juga mempunyai panorama alam yang indah serta berhawa sejuk sehingga tidak heran bila kota ini menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi kota-kota di sekitarnya seperti dari kota Surabaya, Gresik, Lamongan, Jombang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek dan kota-kota lainnya. Jarak yang relatif tidak jauh dari kota-kota tersebut membuat kota Batu sangat padat bila musim liburan telah tiba. Karena berbagai kalangan dari tua, muda, remaja dan terutama anak-anak berkeinginan menghabiskan waktu liburan di kota wisata Batu-Malang.

Satu lagi destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kota Batu-Malang yaitu Air Terjun Coban Talun, air terjun ini lebih tepatnya berada di desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Malang. Berjarak sekitar 15 km atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Malang dengan kondisi lalu lintas yang lancar. Lokasi air terjun Coban Talun dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan peribadi atau kendaraan unum. Bila menggunakan kendaraan umum, dari terminal bus Arjosari kota Malang sobat traveler bisa naik angkutan dengan kode AL (Arjosari-Landungsari) atau ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) menuju jurusan terminal Landungsari. Dari terminal ini sobat traveler bisa melanjutkan naik angkutan berwarna Ungu atau Pink menuju ke terminal Batu, selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang angkutan berwarna Orange jurusan Selecta-Coban Talun dan turun tepat di pintu masuk air terjun Coban Talun. Sesaat sebelum sampai di area pintu masuk air terjun perjalanan akan melintasi pemandangan yang menarik yaitu hamparan perkebunan apel milik masyarakat sekitar.

Air Terjun Coban Talun
Air Terjun Coban Talun menawarkan keindahan yang masih alami, dikelilingi oleh hutan pinus yang eksotis dan masih terbilang lebat. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun dari pintu masuk awal sobat traveler harus berjalan sekitar 30-60 menit perjalanan melintasi hutan pinus dan dua aliran sungai yang menjadi rute jalan menuju lokasi air terjun. Agar tetap aman selama perjalanan pihak pengelola wisata air terjun Coban Talun telah memberikan tanda-tanda arah menuju lokasi air terjun, namun pengunjung harus tetap berhati-hati terutama bila saat menyeberangi sungai, kita harus pintar dan jeli memilih pijakan karena bila tidak jeli bukan tidak mungkin kita terperosok kesungai dengan kedalaman selutut orang dewasa. Memasuki sepertiga perjalanan kita akan bertemu dengan percabangan, bila mengambil arah ke kanan kita akan dapat menyaksikan keindahan air terjun dari bagian atas air terjun namun bila memilih arah sebelah kiri kita akan sampai pada aliran air terjun dengan ketinggian mencapai 75 meter ini. Kedua rute dapat kita pergunakan dan kedua-duanya mempunyai sisi pandang air terjun yang mempesona. Keindahan akan semakin terlihat terutama bila cuaca sedang cerah butiran-butiran air ang tersapu angin menimbulkan efek pelangi yang indah, sungguh pemandangan yang mempesona dan eksotik yang bisa kita dapatkan. Tidak hanya itu hampir di semua lokasi sekitar air terjun Coban Talun terkena paparan dari efek pelangi sehingga menimbulkan pemandangan yang luar biasa indah. Namun bila cuaca sedang hujan semua pengunjung di sarankan untuk segera menunggalkan lokasi air terjun karena dikawatirkan akan timbul banjir atau longsor di sekitar area tersebut. 

Bagaimana sobat apa masih bingung dan galau memilih lokasi liburan anda, kunjungi saja Air Terjun Coban Talun salah satu keindahan dari destinasi wisata di kota Batu-Malang. Selamat berkunjung ke air terjun Coban Talun, selalu hat-hati dan tetap waspada dan jangan lupa bawa sampah anda kembali. Wisesa Travel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Keindahan Air Terjun Coban Talun"

Posting Komentar