Mendaki Gunung Saat Pergantian Tahun | WISESATRAVEL.COM

Mendaki Gunung Saat Pergantian Tahun

Momen liburan akhir tahun akan segera tiba, berbagai rencana tentu sudah dipersiapkan sobat traveler untuk menyambut pergantian tahun. Mungkin ada yang berencana mengunjungi Bali, Yogyakarta, kota wisata Batu-Malang atau mengunjungi destinasi wisata lainnya. Bagi yang gemar berpetualang dan mendaki gunung liburan akhir tahun sudah pasti direncanakan untuk menikmati malam pergantian tahun di puncak-puncak gunung yang tinggi. Ya memang masa liburan akhir tahun sering dimanfaatkan oleh para pencinta alam dan penggiat alam bebas untuk melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari dan menikmati malam pergantian tahun baru serta menyaksikan sinar mentari pertama yang muncul di awal tahun di sebuah gunung. Sehingga pada musim ini kunjungan hampir di semua gunung-gunung di Indonesia mengalami peningkatan dengan drastis. Berbagai aktifis pencinta alam dan penggiat alam bebas mulai remaja, dewasa, orang tua bahkan anak-anak berkeinginan menikmati malam pergantian tahun di puncak gunung yang tinggi. 

Namun sobat traveler dan para pencinta alam serta penggiat alam bebas yang berencana menghabiskan malam pergantian tahun di gunung, harus bersabar dan berbagi, karena pada momen seperti ini sudah dapat dipastikan gunung-gunung terutama gunung yang sering menjadi tujuan pendakian seperti gunung Semeru, Bromo, Arjuno, Welirang, Penanggungan, Lawu di Jawa Timur, gunung Lawu, Merbabu, Slamet, Merapi, Sindoro, Sumbing di Jawa Tengah, gunung Gede Pangrango, Cerme, Salak, Papandayan di Jawa Barat akan sangat ramai dipenuhi para pendaki yang berkeinginan sama yaitu untuk menikmati malam tahun baru di puncak gunung-gunung tersebut. Banyaknya pendaki yang berkunjung sebenarnya membawa keuntungan juga bagi diri kita salah satunya adalah meminimalkan resiko tersesat di gunung, akan tetapi segala persiapan untuk mendaki gunung tetap harus diutamakan. Jangan sampai karena banyak teman dan banyak kenalan kita mengesampingkan segala hal yang berkenaan dengan olah raga ekstrem ini, terutama kesiapan fisik, mental dan logistik yang menjadi modal dasar kita untuk melakukan kegiatan outdoor. Karena bagaimanapun juga keselamatan adalah yang paling utama dalam menjalankan aktifitas mendaki gunung.

Kop-kopan Gunung Arjuno-Welirang

Bagi sobat traveler dan pendaki gunung di wilayah Surabaya dan sekitarnya pusat kunjungan pada liburan akhir tahun akan terjadi di beberapa gunung seperti gunung Arjuno dan Welirang, Penanggungan, Semeru dan gunung Lawu. Gunung Arjuno dan Welirang merupakan gunung yang terdekat dari kota ini, sehingga setiap pergantian tahun, kedua gunung yang mempunyai jalur pendakian yang sama ini akan dipenuhi oleh para pencinta alam yang berniat menghabiskan malam pergantian tahun di ketinggian. Selain dekat, biaya untuk mengunjungi dan mendaki gunung Arjuno dan Welirang relatif lebih terjangkau di bandingkan dengan mengunjungi gunung-gunung lain di Jawa Timur. Sarana transportasinya juga sangat mudah bahkan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua, sehingga tidak heran akan terjadi peningkatan pengunjung dengan drastis pada setiap pergantian tahun.

Menikmati alam yang indah bersama sahabat dan orang-orang terkasih, menantikan pergantian tahun serta menunggu sinar mentari pertama di awal tahun dari ketinggian gunung memang membawa sensasi tersendiri bagi yang menjalankannya, terutama bagi para pencinta alam. Terbukti setiap  pergantian tahun gunung-gunung dimanapun selalu saja dipenuhi dengan para pencinta alam dan pendaki gunung. Perjalanan yang melelahkan dan penuh perjuangan seakan tergantikan dengan menikmati panorama sunrise awal tahun dari ketinggian. Selamat datang tahun baru, harapan baru, dan tentunya semangat yang baru. Tetap waspada, selalu berhati-hati dan jangan pernah lupa membawa sampah anda turun kembali ke bawah, karena gunung bukan tempat sampah. Lestari gunungku, lestari juga alamku.


0 Response to "Mendaki Gunung Saat Pergantian Tahun "

Posting Komentar