Berwisata di Museum Mpu Tantular | WISESATRAVEL.COM

Berwisata di Museum Mpu Tantular

Musim liburan akan segera tiba berbagai rencana tentu sudah anda miliki untuk mengisi dan menghabiskan masa liburan dengan keluarga tercinta dan orang-orang terkasih. Pergi ke tempat-tempat yang indah mengunjungi pantai, danau atau bahkan mendaki gunung yang tinggi. Bagi sobat traveler yang kurang beruntung karena tidak mempunyai dana atau waktu yang cukup untuk traveling keluar kota atau bahkan keluar negeri tidak perlu berkecil hati, karena liburan tidak harus pergi ke tempat-tempat yang jauh tetapi bisa juga mengunjungi destinasi wisata yang mungkin berada di sekitar tempat tinggal anda, bisa pergi ke kebun binatang, pantai yang dekat, atau mengunjungi museum di sekitar tempat tinggal anda. Berlibur mengunjungi museum bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan sekaligus murah meriah, disamping refresing anda juga bisa memperoleh pengetahuan tambahan ketika berkunjung ke museum.

Museum Mpu Tantular
Bagi sobat traveler yang tinggal di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan sekitarnya dapat berlibur dengan mengunjungi salah satu museum negeri yang ada di Sidoarjo yaitu Museum Negeri Mpu Tantular. Museum Negeri Mpu Tantular lebih tepatnya berada di jalan Buduran Kecamatan Buduran kota Sidoarjo. Museum ini diresmikan kembali pada tanggal 14 Mei 2014 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan propinsi Jawa Timur bapak Dr. H. Rasiyo, Msi. Museum Mpu Tantular berdiri di lahan seluas 3,28 hektar, dimana bangunannya tersusun dari beberapa bagian. Dengan bagian depan museum terdapat sebuah Joglo, dan bangunan-bangunan lainnya terdiri dari bangunan ruang Kepala Museum dan gedung Tata Usaha, Gedung Pameran Tetap yang diberi nama gedung Majapahit, gedung Perpustakaan, gedung Pameran Tuna Netra, Galeri Von Faber, Ruang Kerja Koleksi, Storage, gedung Preparasi, gedung Bimbingan Edukasi, Laboratorium Konservasi dan sebuah bangunan Mushola. Museum Mpu Tantular memiliki berbagai koleksi peninggalan masa lampau dari masa ke masa yang menjadi bagian keberadaan museum ini, beberapa koleksi yang menjadi andalan diantaranya Telpon Meja, Sepeda Kayu, Hiasan Garudeya, Surya Stambha, Shimponion, Durga Mahesasuramadhini, Sepeda Motor Uap, Sepeda Tinggi. 

Museum Negeri Mpu Tantular buka setiap hari mulai hari Selasa-Kamis pada pukul 08.00-15.00 WIB, hari Jum'at buka pukul 08.00-14.00 WIB, sedang hari Sabtu-Minggu buka mulai pukul 08.00-12.30 WIB, pada hari Senin pameran museum tutup namun operasional atau kantor museum masih tetap buka. Pada saat-saat tertentu seperti liburan sekolah dan libur hari-hari besar Museum Mpu Tantular akan mengalami lonjakan pengunjung perharinya. Untuk bisa masuk ke kawasan museum Mpu Tantular pengunjung dikenakan biaya atau tiket masuk yang relatif sangat murah, pengunjung dewasa perorangan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 4.000, anak-anak hanya dikenakan biaya masuk Rp. 3.000. Namun untuk tiket masuk rombongan minimal 10 orang, tiket masuk dewasa akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000, dan rombongan anak-anak hanya Rp. 2.000, sangat murah bukan. Pada dasarnya koleksi museum Mpu Tantular di bagi menjadi 2 bagian yakni koleksi museum indoor yang meliputi koleksi Zona Jaman Purba, Zona Peninggalan Hindu-Budha, Zona Jaman Islam, Zona Jaman Koloni, Zona Teknologi Modern dan Peraga IPTEK, serta Zona Kesenian. Dan yang kedua koleksi museum Outdoor yang merupakan koleksi yang berukuran besar dan terbuat dari logam, batu serta kayu, diantaranya Jangkar, Meriam, Jam Matahari, Goa Prasejarah, Patung Primitif dan lain sebagainya. 

Mengunjungi museum saat liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, selain berlibur dan merefreshkan pikiran juga dapat memperoleh pengetahuan dari sejarah berbagai barang-barang koleksi yang ada di dalam museum. Disamping sebagai tempat rekreasi museum juga bisa dipergunakan sebagai sarana edukasi bagi putra-putri kita semua. Bagaimana sobat traveler semua, masih bingung menghabiskan waktu liburan anda, kunjungi Museum Nasional Mpu Tantular saja! Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda

Sumber info : museum-mputantular.com

0 Response to "Berwisata di Museum Mpu Tantular"

Posting Komentar