Mendaki Gunung..Olahraga Ekstrem yang Semakin Diminati | WISESATRAVEL.COM

Mendaki Gunung..Olahraga Ekstrem yang Semakin Diminati

Hiking atau mendaki gunung adalah aktifitas atau olahraga outdoor yang sangat menantang sekaligus menyenangkan untuk dilakukan. Berbagai kalangan mulai remaja, muda-mudi, orang tua bahkan anak-anak sangat menggemari olahraga ini. Terbukti dengan semakin banyaknya peminat olahraga ini dan semakin banyaknya yang melakukan aktifitas mendaki terutama di musim-musim liburan sekolah atau di weekend hari Sabtu-Minggu. Ada beberapa gunung bagi pendaki pemula di Jawa Timur yang bisa dijadikan semacam ajang pemanasan atau uji coba bagi yang baru menekuni olahraga mendaki diantaranya gunung Penanggungan, Arjuno, Welirang dan Gunung Lawu di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.
 
Mendaki Gunung Olahraga Ekstrem Yang Semakin Diminati
Namun perlu diingat mendaki gunung adalah olahraga yang sangat mengandung resiko, jadi jangan pernah sekali-kali melakukan aktifitas ini tanpa ada persiapan yang matang, baik dari segi fisik, mental maupun peralatan standart mendaki karena keselamatan adalah prioritas utama bagi semua orang yang melakukan aktifitas outdoor mendaki gunung. Bila sobat traveler baru pertama atau baru menekuni olah raga mendaki gunung ada baiknya melakukan aktifitas ini bersama-sama dengan teman, sahabat atau senior yang sudah terbiasa melakukan pendakian sebelumnya. Karena semua menyangkut keselamatan diri dan meminimalkan resiko cedera atau tersesat saat melakukan aktifitas mendaki gunung. Bila semua persiapan baik fisik, mental, pemahaman terhadap teknik dasar pendakian maupun mempersiapkan peralatan standart mendaki telah anda lakukan dengan baik dan benar kini saatnya untuk melakukan aktifitas outdoor yang sebenarnya. Sobat traveler khususnya yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya dapat memilih gunung Penanggungan dengan ketinggian 1.265 mdpl, gunung Arjuno dengan ketinggian 3.339 mdpl atau Welirang dengan tinggi 3.156 mdpl sebagai ajang pemanasan atau sebagai tujuan awal pendakian pertama anda, karena disamping medan yang lebih mudah ditempuh, dari segi biaya pendakian ke tiga gunung ini relative masih lebih terjangkau di bandingkan ke gunung-gunung lain.

Untuk mencapai lokasi awal atau pos perijinan pendakian gunung Arjuno-Welirang atau gunung Penanggungan sobat traveler dari Surabaya dapat menuju terminal bus Bungurasih, dan kemudian mencari bus dengan rute Surabaya ke Malang, dan turun di terminal Pandaan. Dari terminal bus Pandaan berganti angkutan pedesaan L-300 menuju jurusan Tretes dan turun tepat di depan pos perijinan. Namun bila berkeinginan ke gunung Penanggungan dari terminal Pandaan dilanjutkan memilih angkutan pedesaan jurusan ke Trawas. Alternatif lain bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan roda dua langsung menuju lokasi perijinan untuk mulai melakukan aktifitas hiking yang sebenarnya. Pada hari Sabtu-minggu dan hari-hari libur lokasi perijinan akan di padati banyak pendaki yang akan melakukan aktifitas pendakian, jadi bila ini adalah aktifitas anda yang pertama akan lebih baik mendaki gunung Arjuno-Welirang atau gunung Penanggungan di hari libur dan weekend. Selain banyak teman seperjalanan, anda akan meminimalkan resiko tersesat saat mendaki.

Semakin populernya olah raga mendaki gunung seringkali membuat kita bertanya, apa sih sebenarnya keuntungan atau manfaat dari mendaki gunung, bila anda menginginkan jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan mancoba mendaki gunung, dan nikmati sensasinya di jamin anda akan ketagihan melakukan aktifitas ini :) . Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan aktifitas mendaki gunung adalah mendapatkan kebugaran dan daya tahan tubuh yang lebih prima, disamping itu akan melatih kita dalam membuat keputusan yang benar dan di saat yang tepat, karena saat mendaki kita bisa jadi di hadapkan kepada situasi yang mengharuskan kita mengambil keputusan yang tepat dan di saat yang tepat yang menyangkut keselamatan diri, atau teman seperjalanan kita. Manfaat lainnya tentu saja kita dapat melihat dan mengagumi karunia Tuhan dengan menyaksikan secara langsung hasil karya ciptaNYA berupa pemandangan dan panorama yang indah dari ketinggian sebuah gunung yang tidak semua orang bisa menyaksikannya. Masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari aktifitas mendaki gunung, namun yang paling terpenting dari aktifitas ini adalah selalu memprioritaskan keselamatan diri, teman seperjalanan atau siapapun yang melakukan aktifitas mendaki gunung, jangan pernah memaksakan diri mencapai satu tempat tertentu atau puncak gunung bila kondisi fisik atau cuaca sudah tidak memungkinkan meskipun puncak hanya berjarak beberapa meter lagi karena akan berakibat sangat fatal bahkan nyawa bisa menjadi taruhannya. Selamat memulai aktifitas mendaki anda, 

“Jangan pernah membunuh apapun selain waktu, Jangan pernah meninggalkan apapun selain jejak kaki dan Jangan pernah mengambil apapun selain foto”

4 Responses to "Mendaki Gunung..Olahraga Ekstrem yang Semakin Diminati"

  1. Terima kasih mas Wawan Setiawan telah berkunjung ke website kami, salam kenal juga dari kami Wisesa Travel..Semoga sukses selalu mas Wawan dengan website indospot.com nya

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Informasi nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak CHRIS YANTI, terima kasih juga telah berkenan mengunjungi website kami. Sukses selalu buat mbak CHRIS YANTI :)

      Hapus