Mengunjungi Tugu Pahlawan Icon Lain Kota Surabaya | WISESATRAVEL.COM

Mengunjungi Tugu Pahlawan Icon Lain Kota Surabaya

Liburan atau melakukan traveling adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar kalangan baik tua, muda, remaja, terutama anak-anak. Dengan melakukan traveling tubuh terutama pikiran kita akan kembali refresh sehingga kita mempunyai semangat kembali untuk melanjutkan aktifitas di hari-hari berikutnya. Namun bila rencana liburan kita sudah memasuki bulan puasa, ada baiknya melakukan beberapa tips liburan saat berpuasa. Salah satunya adalah lebih memilih liburan di dalam ruangan misalnya mengunjungi museum atau wisata di aquarium yang sifatnya tidak membutuhkan ketahanan fisik yang berlebihan seperti saat mengunjungi obyek wisata alam. Bagi sobat traveler yang berdomisili di Surabaya, alternatif mengisi liburan saat memasuki bulan puasa dapat dilakukan dengan mengunjungi beberapa obyek wisata indoor seperti mengunjungi museum Kapal Selam atau Tugu Pahlawan yang juga merupakan salah satu Icon Kota Surabaya.

Museum Tugu Pahlawan Icon Lain Kota Surabaya
Surabaya adalah ibukota propinsi Jawa Timur yang dikenal sebagai Kota Pahlawan, karena sejarah yang mencatat bahwa telah terjadi pertempuran yang hebat antara arek-arek Suroboyo melawan tentara Sekutu dan Belanda yang hendak kembali menjajah Indonesia. Monumen Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati Pertempuran 10 November 1945 dimana telah terjadi pertempuran yang hebat yang mengakibatkan banyak pejuang kita gugur dalam pertempuran yang berlangsung sangat sengit tersebut. Monumen ini di bangun diatas lahan seluas 1,3 hektar yang secara administratif masuk dalam wilayah Kelurahan Alun-Alun Contong, dibangun dengan tinggi 41,15 meter berbentuk seperti lingga atau paku terbalik. Bagian tubuh monumen Tugu Pahlawan menyerupai lengkungan-lengkungan (Canalures) yang berjumlah 10 lengkungan, yang terbagi dalam 11 ruas. Tinggi, ruas dan Lengkungan (Canalures) yang dibangun mengandung arti makna tanggal terjadinya pertempuran yaitu 10, bulan 11, tahun 1945. Pembangunan Monumen Tugu pahlawan diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pada tanggal 10 November 1952.

Selain mengunjungi lokasi Tugu Pahlawan sobat traveler juga dapat mengunjungi museum yang letaknya berada di bawah tanah dengan kedalaman 7 meter yang masih berada di area lahan Tugu Pahawan. Museum ini juga dibangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang ikut berjuang pada Pertempuran 10 November, di dalam museum terdapat juga koleksi senjata-senjata yang dipergunakan dalam pertempuran, dan berbagai kenangan serta diagframa pertempuran 10 November 1945. Koleksi lainnya adalah koleksi foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati film documenter Pertempuran 10 November 1945 yang biasa di putar dan di pertontontan setiap akhir pekan. Monumen Tugu Pahlawan lebih tepatnya berada di tengah-tengah kota yaitu di Jalan Pahlawan dan berdekatan dengan kantor Gubernur Jawa Timur.

Mengunjungi Tugu Pahlawan selain sebagai sarana rekreasi juga bisa dipergunakan sebagai sarana edukasi khususnya bagi putra-putri dan anak-anak kita agar mereka juga mengetahui sejarah panjang perjuangan bangsa kita untuk memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan, Tugu Pahlawan adalah saksi bisu perjuangan bangsa kita yang harus kita pelihara dan kita lestarikan keberadaannya. Selamat mengunjungi Tugu Pahlawan dan nikmati segala sensasinya, Wisesa Travel Sahabat Perjalanan Anda.


0 Response to "Mengunjungi Tugu Pahlawan Icon Lain Kota Surabaya"

Posting Komentar