Coban Rais Air Terjun Menawan dan Menantang | WISESATRAVEL.COM

Coban Rais Air Terjun Menawan dan Menantang

Bagi sobat-sobat traveler yang menggemari wisata alam yang masih menantang dan menguras adrenalin dapat mengunjungi satu lagi destinasi wisata alam yang berada di kota wisata Batu-Malang yaitu Wana Wisata Air Terjun dan Bumi Perkemahan Sumber Darmi. Wana Wisata Air Terjun dan Bumi Perkemahan Sumber Darmi labih tepatnya berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo Kota Batu Malang. Alam yang masih indah dan asri serta udara yang sejuk akan membawa sensasi tersendiri bagi sobat traveler dan semua pengunjung yang datang di Wana Wisata ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di area wisata ini diantaranya berkemah, atau mengelilingi semua area wisata dan menyusuri hutan yang masih alami dengan berbagai jenis pepohonan dan kicauan burung-burung hutan yang menjadikan suasana tenang dan damai. Serta menuju salah satu point view Wana Wisata ini yaitu air terjun Coban Rais, yang mempunyai air yang sangat jernih, dingin dan menyegarkan.

Air Terjun Coban Rais
Jalan yang akan kita lalui untuk bisa mencapai air terjun Coban Rais cukup melelahkan karena harus ditempuh dengan berjalan kaki, medan yang berbatu dan kadang-kadang melalui setapak yang menyempit akan menguras stamina kita. Namun udara yang sejuk dan hembusan angin gunung yang segar akan membuat kita mempunyai semangat kembali untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun Coban Rais. Beberapa kali jalan setapak yang kita tempuh juga akan melintasi sungai kecil yang merupakan aliran air dari Coban Rais. Sepanjang perjalanan kita akan ditemani kicauan burung hutan dan beberapa satwa lain seperti kupu-kupu yang masih banyak terdapat diarea wana wisata ini. Setelah menempuh perjalanan hampir satu atau satu setengah jam menerobos hutan dan pepohonan serta melintasi beberapa jalan setapak dengan aliran air dari Coban Rais, kelelahan dan kepenatan sepanjang perjalanan akan terbayarkan dengan menyaksikan air terjun Coban Rais yang indah dan menawan di hadapan kita. Air Terjun Coban Rais mempunyai ketinggian mencapai 20 meter dengan curahan dan terjunan air yang deras, namun sangat menyegarkan dan dingin. Sobat traveler dapat memuaskan diri dengan menikmati keindahan air terjun Coban Rais dengan berfoto dan bila berkenan bisa mandi dan berbasah-basah ria di air terjun ini. Bila sobat traveler beruntung akan dapat menyaksikan pelangi kecil yang kadang-kadang muncul di atas air terjun Coban Rais.

Setelah puas berbasah-basah dan berfoto-foto ria, sobat traveler dapat langsung kembali menuju lokasi awal dari perjalanan anda yaitu pintu masuk Wana Wisata atau di lokasi anda berkemah, namun kalau belum puas menjelajah area ini bisa mengunjungi Dam atau Tempat penampungan air yang merupakan bangunan peninggalan Belanda yang masih kokoh berdiri sampai sekarang. Lokasinya memang agak masuk kedalam hutan, dengan melewati jalan setapak yang berada di pinggiran tebing yang seperti goa karena hampir menutupi seluruh area setapak, jadi dari air terjun Coban Rais kita kembali melewati jalan setapak seperti saat kita menuju air terjun, sampai kita temukan sebuah belokan kecil di sebelah kiri jalan. Dari belokan tersebut kita terus masuk kedalam hutan, melewati setapak dan pinggiran sebuah tebing sampai di sebuah anak tangga yang terbuat dari besi namun sudah banyak yang berkarat karena termakan usia. Lokasi Dam berada di sebelah kiri sebelum tangga besi, Dam ini terbuat dari besi menyerupai sebuah kotak besar dengan pintu penutup yang bisa dibuka. Di dalamnya menampung air dengan debit yang lumayan besar. Namun mengunjungi tempat ini tidak disarankan bagi anda yang belum mengenal sama sekali daerah ini atau paling tidak mempunyai seorang guide atau pemandu orang sekitar karena rute dan medannya yang terlalu masuk ke hutan dan sangat beresiko.

Wana Wisata Air Terjun dan Bumi Perkemahan Sumber Darmi dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan roda dua atau kendaraan umum. Bila sobat traveler menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan roda dua dapat langsung mengarahkan kendaraan ke arah studio Batu TV yang berjarak kurang lebih 7 km dari kota Batu yang berada di desa Dresel. Namun bila menggunakan angkutan umum, sobat traveler dapat menumpang angkutan umum atau Mikrolet AL atau ADL dari terminal Arjosari kota Malang menuju terminal Ladung Sari. Dari terminal Ladung Sari dilanjutkan menumpang angkutan pedesaan jurusan Batu-lewat Oro-oro Ombo, dari desa ini bisa berjalan kaki bila anda mempunyai fisik yang prima atau menumpang ojek menuju pintu masuk Wana Wisata Air Terjun Coban Rais dan Bumi Perkemahan Sumber Darmi.

Keindahan alam di negara kita Indonesia memang sangat terkenal, tugas kita adalah terus menjaga dan melestarikan keindahan yang telah di titipkan Tuhan kepada kita, bukan hanya demi kita tetapi demi anak cucu kita agar mereka juga bangga menjadi bagian nusantara yang indah ini. Bravo Indonesia, Bravo Traveling!!



0 Response to "Coban Rais Air Terjun Menawan dan Menantang"

Posting Komentar