Pesona Wisata Alam Ujung Kulon | WISESATRAVEL.COM

Pesona Wisata Alam Ujung Kulon

Indonesia masih menyimpan segudang destinasi wisata yang indah sebagai alternative bagi para traveler dalam negeri maupun mancanegara yang belum mempunyai rencana tempat wisata mana yang harus dikunjungi saat musim liburan tiba. Wisata alam Ujung Kulon bisa direkomendasikan sebagai tujuan wisata berikutnya, Ujung Kulon dapat dikatakan sebagai perwakilan ekosistem hutan hujan tropis di dataran rendah yang wilayahnya masih luas dan masih tersisa di kawasan Banten dan Jawa Barat. Ujung Kulon dikenal memiliki banyak sekali ekosistem yang langkah, namun di kawasan ini telah dikelompokkan menjadi tiga bagian besar yaitu ekosistem daratan, ekosistem rawa, dan ekosistem perairan laut. Keanekaragaman ekosistem yang berada di Taman Nasional Ujung Kulon seringkali dijadikan sebagai objek penelitian bahkan beberapa diantaranya berasal dari beberapa institusi di berbagai negara. Taman Nasional Ujung Kulon mulai diperkenalkan kepada khalayak umum sejak tahun 1820 oleh seorang ahli botani dari negeri Belanda.

Pesona Wisata Alam Ujung Kulon
Selain dikenal mempunyai keanekaragaman ekosistem, Ujung Kulon juga mempunyai keindahan yang menawan di pesisir pantainya sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata bagi anda penggemar keindahan alam. Tidak hanya itu saja, Taman Nasional Ujung Kulon telah menjadi sarana yang lengkap sebagai wisata sejarah dan wisata pendidikan. Banyak sekali spot-spot yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon, diantaranya Pantai Kelejetan, Tamanjaya dan Cibiuk, serta Cibandawoh. Bila sobat traveler mempunyai banyak waktu dan biaya yang mencukupi bisa mengeksplore seluruh keindahan di Taman Nasional Ujung Kulon, dijamin anda akan terpuaskan dengan berbagai keindahan dan panorama alam di kawasan Ujung Kulon ini. 

Berbagai aktifitas bisa dilakukan bila sobat traveler berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon, beberapa diantaranya yaitu Hiking di Karang Copong, Pulau Peucang yang merupakan salah satu tujuan utama bila anda berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Karang Copong adalah sebuah karang mati besar yang mempunyai lubang (copong) dan berada di Pulau Peucang bagian utara, hiking ini biasa dilakukan dengan menggunakan trail yang dipandu oleh petugas Taman Nasional Ujung Kulon berawal dari dermaga pulau Peucang di Timur, selanjutnya masuk kedalam dataran rendah hutan hujan tropis dan keluar di karang Copong. Perjalanan menempuh waktu kurang lebih 50 menit, dan selama perjalanan anda akan dapat menyaksikan berbagai vegetasi yang masih alami dan dalam kondisi masih baik, diantaranya pohon-pohon ficus dan Kiara yang besar. Tidak hanya itu anda akan dapat melihat berbagai satwa liar yang masih terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon seperti babi hutan, rusa, monyet, burung hantu, tonggeret serta burung merak yang mempunyai bulu-bulu yang indah. Sesampai di Karang Copong sobat traveler bisa menyaksikan panorama sunset yang indah dengan berlatar belakang lautan yang luas yang seakan tidak ada batas, sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Aktifitas berikutnya yang bisa dilakukan sobat traveler saat berada di Ujung Kulon adalah bersenorkling dan Diving, lokasinya berada di Ciharashas, Pulau Panaitan yang masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Di area ini para pengunjung dapat melakukan snorkeling dan diving mengamati berbagai biota laut yang cantik dan terumbu karang yang indah, namun untuk mencapai tempat ini dibutuhkan sedikit perjuangan, karena sobat traveler akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam dengan menggunakan speed boat atau menggunakan kapal biasa yang mempunyai waktu tempuh lebih lama sekitar 4-6 jam perjalanan. Namun semuanya akan terbayarkan jika anda sudah sampai di Ciharashas, keindahan biota laut dan terumbu karang yang masih alami akan memanjakan mata anda saat bersorkling atau diving diarea ini.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu tempat dengan keindahan alam di bumi nusantara ini, yang harus tetap kita jaga bersama kelestariannya. Berusahalah menjadi pengunjung dan traveler yang bijak, dengan tetap menjaga kelestarian setiap tempat yang kita kunjungi dan tidak membuang sampah yang kita bawa sembarangan. Selamat berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon dan nikmati keindahan serta panorama alamnya. Wisesatravel Sahabt Perjalanan Anda.

0 Response to "Pesona Wisata Alam Ujung Kulon"

Posting Komentar