Air Terjun Sekuti Tempat Menantang untuk Dikunjungi | WISESATRAVEL.COM

Air Terjun Sekuti Tempat Menantang untuk Dikunjungi

Keindahan alam di Jawa Timur memang sangat beragam, ada banyak air terjun yang akan membuat kita takjub dan terpesona bila kita mengunjunginya, entah itu karena keindahannya atau karena medan yang akan kita lalui untuk melihat dan menyaksikan air terjun tersebut sangat menantang. Bila sobat Wisesatravel lebih menyukai hal yang berbau petualangan dan lebih menantang dapat mencoba untuk mengunjungi air terjun Sekuti, air terjun ini masih berada di kawasan Prigen Pasuruan. Karena medan untuk mengunjungi air terjun Sekuti masih tergolong riskan dan berbahaya, keberadaannya masih belum dibuka untuk umum, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengunjunginya bila kita memang berniat. Namun yang perlu diingat keselamatan adalah yang paling utama, bila memang kondisi dan cuaca tidak memungkinkan, misalnya sedang hujan lebat, jangan pernah memaksakan diri untuk tetap mengunjungi air terjun Sekuti karena sangat berbahaya. Sebenarnya akses sebelum masuk ke areal air terjun Sekuti bisa di capai dengan mudah, bisa dengan kendaraan roda dua, atau kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum dari Surabaya kita bisa naik bus antar kota dalam propinsi jurusan Surabaya ke Malang, turun di terminal Pandaan, dari sini kita melanjutkan dengan naik angkutan pedesaan L-300 jurusan Tretes, dan meminta sopir menurunkan di lokasi awal untuk menuju air terjun Sekuti, mereka biasa memberikan patokan vila Sekuti yang tepat berada di sebuah kelokan jalan menuju arah Tretes. Sedang bila menggunakan motor, anda bisa langsung menuju lokasi awal sebelum menuju air terjun Sekuti dan menitipkan motor kepada Satpam setempat yang tentunya dengan biaya tertentu, untuk selanjutnya mulai melakukan perjalanan yang menantang.

Air Terjun Sekuti-images jejalan.com
Lokasi awal yang kita temui adalah beberapa villa dan sebuah kebun milik warga setempat, dan sungai kecil yang mengalir dari air Terjun Sekuti. Bila bertujuan mengunjungi air terjun Sekuti kita harus menyusuri sungai kecil ini hingga tiba di air terjun. Medan yang akan kita lalui selama perjalanan berbatu alam dan batu sungai yang licin karena terus terkena air sepanjang waktu. Setelah kurang lebih 15-20 menit kita berjalan sungai yang kita lalui sedikit mengecil, di kiri dan kanan kita akan melihat tebing yang tinggi dan terjal. Suasana akan sedikit gelap karena kita seperti melewati sebuah lorong, hampir sama bila kita mengunjungi air terjun Madakaripura di Probolinggo. Ada tanjakan yang sedikit terjal yang akan kita lalui sebelum benar-benar sampai di air terjun Sekuti, setelah berjalan kurang lebih 30-45 menit kita akan sampai di air terjun Sekuti. Suasana yang tenang dan hening akan kita dapati bila kita berkunjung ke air terjun ini, karena memang jarang sekali ada pengunjung. Hanya suara kemericik air dan terjunan air yang kita dengar, begitu tenang dan lengang. Nikmati keindahan dan panorama air terjun Sekuti, bila dirasa cukup puas anda harus segera kembali, apalagi kalau cuaca sudah mulai mendung karena melalui jalan dan menyusuri sungai untuk kembali atau menuju air terjun Sekuti sangat berbahaya bila kita berjalan di saat hujan.

Menikmati dan mengunjungi tempat-tempat yang indah memang sangat menyenangkan, akan tetapi keselamatan adalah yang paling utama meskipun anda adalah penggila petualangan. Air terjun Sekuti hanya salah satu tempat menantang yang bisa kita kunjungi, meskipun ada beberapa tempat lain yang lebih indah dan lebih menantang untuk dikunjungi. Selamat berpetualang di air terjun Sekuti, tetaplah berhati-hati dan nikmati sensasinya. :)

5 Responses to "Air Terjun Sekuti Tempat Menantang untuk Dikunjungi"

  1. wah Indonesia juga punya air terjun berbahaya yaa?? penasaran pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba gan, namun musim hujan begini susah mendapat ijinnya karana rawan sekali ada kiriman longsor dari atas. Badeway terima kasih sudah berkunjung ke website kami..Sukses selalu buat agan REFAN EVAN.

      Hapus
  2. itu ancer2 nya kelokan sebelah mana?

    BalasHapus
  3. ancer2 kelokan itu mananya pertigaan tretes-trawas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ancer-ancernya sebelum pertigaan Tretes Trawas mas..ada pos kecil sebelah kanan jalan. Ada petunjuk namun kecil karena memang air terjun Sekuti masih belum di buka untuk umum, untuk lebih jelas bisa bertanya warga sekitar. Terima kasih sudah berkunjung, sukses selalu buat agan LUCKY ADI PUTRA

      Hapus