Pesona Air Terjun Madakaripura | WISESATRAVEL.COM

Pesona Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Mengunjungi Gunung Bromo yang terkenal dengan keindahan alamnya, tidak akan lengkap bila kita juga tidak mengunjungi air terjun Madakaripura. Air terjun Madakaripura masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berada di sebelah utara gunung Bromo tepatnya di desa Sapih kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Air terjun Madakaripura mempunyai ketinggian lebih kurang 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa, dan bisa dikatakan sebagai air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-gura di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Pemandangan yang menakjubkan dan udara yang dingin dan bersih bisa kita nikmati bila kita berkunjung ke air terjun ini, namun untuk menuju air terjun Madakaripura medan yang akan kita lalui cukup menantang, karena pusat air terjun ini berada di sebuah ceruk, dan sebelum sampai ke ceruk ini kita harus berjalan melalui tebing-tebing tinggi yang juga mengucurkan air dari atas, sehingga jalan setapak berbatu yang kita lalui menjadi licin.

Pesona Air Terjun Madakaripura
 
Perjalanan yang dibutuhkan dari pintu masuk kawasan air terjun menuju air terjun Madakaripura sekitar 30 menit, disepanjang perjalanan kita akan disuguhi berbagai fenomena alam yang indah, seperti tebing-terbing tinggi, dan butiran-butiran air yang turun dari atas tebing yang sering membentuk seperti kabut. Namun perjalanan yang sedikit menantang dan menegangkan ini akan terbayarkan bila kita sampai di air terjun Madakaripura, pemandangan yang indah di sekitar air terjun akan membuat kita kagum dan takjub.

Berada di kedalaman lembah dan bentuknya yang menyerupai tabung yang dikelilingi tebing sangat tinggi, membuat air terjun Madakaripura terlihat megah. Di sekitar air terjun Madakaripura yang mempunyai kedalaman sekitar 7 meter ini juga terdapat sebuah goa, yang menurut cerita turun-temurun merupakan tempat Maha Patih Gajah Mada mendapatkan semua kesaktiannya, dan juga merupakan tempat terakhir Patih Gajah Mada bermeditasi yang akhirnya menghilang secara mistis, sehingga pada hari-hari tertentu tempat ini sering dikunjungi suku Tengger untuk melakukan ritual tertentu. Bila baru berkunjung ke air terjun ini ada baiknya menggunakan jasa guide yang biasa menawarkan diri untuk mengantar ke air terjun, karena memang ada beberapa sungai yang berarus deras di sepanjang jalan menuju air terjun

Ketika kita berkunjung ke air terjun Madakaripura, tidak perlu takut kelaparan karena di sekitar kawasan ini terdapat warung-warung yang menjual beberapa makanan kecil dan minuman. Ada juga persewaan payung atau para penjual tas plastik yang menawarkan barang dagangannya agar barang barang bawaan anda tidak basah waktu mengunjungi air terjun.Terdapat juga kamar mandi yang dapat kita pergunakan untuk sekedar berganti pakaian setelah kita berbasah-basahan di air terjun atau bisa juga kita pergunakan berbilas dan mandi.

Keindahan alam di air terjun Madakaripura merupakan anugerah Tuhan yang harus tetap kita jaga kelestariannya, bukan demi kita tetapi demi anak cucu kita. Selamat berkunjung ke air terjun Madakaripura, jangan pernah meninggalkan apaun selain jejak, jangan mengambil apapun selain foto, dan jangan membunuh apapun selain waktu. Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

0 Response to "Pesona Air Terjun Madakaripura"

Posting Komentar