Hak- Hak Yang Perlu Diketahui Penumpang Saat Penerbangan Delay | WISESATRAVEL.COM

Hak- Hak Yang Perlu Diketahui Penumpang Saat Penerbangan Delay

Traveling dengan naik pesawat akan memberikan keuntungan kepada kita dari segi waktu, karena dengan naik pesawat perjalanan traveling kita menuju tempat wisata yang diinginkan akan lebih singkat, lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menggunakan sarana transportasi darat atau naik kapal laut. Namun semuanya tentu ada konsekuensinya, dalam dunia penerbangan delay atau penundaaan penerbangan sudah sering terjadi, dan hal ini yang mungkin anda hadapi bila menggunakan sarana penerbangan sebagai moda transportasi traveling. Setelah mengetahui tips mengatasi kebosanan saat penerbangan delay, ada baiknya anda juga mengetahui hak-hak penumpang jika terjadi delay penerbangan, karena hal ini sangat penting sebagai pengetahuan yang berhubungan dengan kompensasi atas kerugian waktu yang telah anda alami . Ada beberapa kompensasi yang wajib diberikan oleh pihak maskapai kepada penumpang bila terjadi delay penerbangan maskapainya, sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 25 Tahun 2008. Kompensasi atau hak-hak penumpang yang harus diberikan oleh maskapai saat terjadi delay yaitu :

Delay antara 30-90 menit
Hak-Hak Penumpang Saat Penerbangan Delay
Kompensasi pertama yang harus diberikan oleh maskapai adalah ketika ada delay penerbangan selama kurun waktu 30-90 menit, bila hal ini mengalami anda pihak maskapai mempunyai kewajiban memberikan kompensasi berupa makanan ringan dan minuman. Untuk itu pastikan memperoleh hak-hak anda saat mengalami delay selama kurun waktu tersebut, sebotol air mineral dan cemilan bisa bermanfaat bagi anda.

Delay antara 90-180 menit
Kompensasi kedua yang harus diberikan maskapai kepada penumpang adalah saat terjadi delay penerbangan atau keterlambatan penerbangan selama kurun waktu 90-180 menit. Bila hal ini menimpa anda, sesuai peraturan anda berhak mendapatkan kompensasi berupa makanan ringan, minuman, makan siang atau makan malam dan berhak meminta pemindahan ke jadwal penerbangan berikutnya dengan maskapai yang sama atau maskapai yang berbeda. Selain itu penumpang yang mengalami delay dalam kurun waktu ini juga berhak pindah ke penerbangan dengan jadwal yang berbeda.

Delay lebih dari 180 menit
Kompensasi terakhir yang wajib diberikan maskapai kepada penumpang bila terjadi delay penerbangan adalah ketika delay terjadi dengan kurun waktu lebih dari 180 menit. Jika hal ini menimpa anda maskapai berhak memberikan kompensasi berupa makanan ringan, minuman, makan siang, dan makan malam. Dan penumpang juga berhak untuk beralih ke jadwal penerbangan berikutnya atau pindah penerbangan ke maskapai lainnya. Namun bila Peralihan penerbangan tidak bisa dilakukan, anda berhak mendapatkan fasilitas akomodasi dan transportasi dari dan ke bandara, hal ini juga berlaku untuk pembatalan penerbangan dari pihak maskapai.

Bila delay dengan kurun waktu lebih dari 180 menit atau terjadi pembatalan penerbangan oleh maskapai, penumpang berhak untuk beralih penerbangan dengan maskapai yang sama atau maskapai lainnya, namun bila penumpang menolak kompensasi yang diberikan, maskapai berkewajiban mengembalikan sejumlah uang tiket yang telah dibayarkan oleh penumpang. Tetapi maskapai juga diperbolehkan mengambil tindakan-tindakan yang dianggap perlu, atau melaksanakan kebijakan lain yang lebih baik guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

0 Response to "Hak- Hak Yang Perlu Diketahui Penumpang Saat Penerbangan Delay"

Posting Komentar