Tips Traveling Dengan Sepeda Motor | WISESATRAVEL.COM

Tips Traveling Dengan Sepeda Motor

Ada sebagian orang yang menjadikan kegiatan traveling dengan motor sebagai gaya hidup, sah-sah saja sebenarnya melakukan kegiatan tersebut. Semua sarana transportasi baik transportasi udara dengan naik pesawat, transportasi laut naik kapal laut, atau transportasi darat menggunakan Bus, Kereta Api, Travel, atau bahkan naik sepeda motor dapat kita jadikan sebagai sarana untuk kegiatan traveling kita. Semuanya tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung kepada pengguna sarana transportasi tersebut menyikapinya. Bila menggunakan sepeda motor untuk sarana transportasi traveling selain lebih bisa menghemat biaya perjalanan, menggunakan sepeda motor bisa lebih efektif dan flesibel.  Namun ada berapa hal yang perlu kita ingat sebelum kita menggunakan sepeda motor sebagai sarana traveling, berikut beberapa tips traveling menggunakan sepeda motor :

1. Periksa Kondisi Motor

Memeriksa dan memastikan kondisi motor yang akan kita pakai melakukan traveling adalah satu hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Periksa kondisi tekanan angin pada ban, oli, ketegangan rantai. Lampu, dan rem dan lainnya apakah sudah dalam kondisi yang baik dan layak untuk menempuh perjalanan jauh. Jangan sekali-kali melakukan traveling dengan motor apabila kondisi kendaraan anda tidak normal atau tengah mengalami gangguan. Pastikan juga SIM dan kelengkapan surat lainnya demi keamanan dan kenyamanan anda berkendara.
 
2. Gunakan Pelindung Keselamatan


Tips Traveling Dengan Sepeda Motor
Saat anda sudah memilih motor sebagai sarana traveling, hal penting yang harus diperhatikan adalah keselamatan diri. Untuk itu bila mengendarai motor pergunakan helm standart  untuk keselamatan serta piranti pendukung lainnya seperti kaca mata, masker, jaket, sarung tangan, dan celana tebal, agar lebih aman dan nyaman dalam berkendara pergunakan sepatu yang nyaman dipakai. Bila diperlukan gunakan juga body protector, sebagai langkah antisipasi saat terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

 
3. Pahami Rute Perjalanan

Traveling dengan kendaraan bermotor dapat menjadi moment yang mengasikkan, berusahalah memahami rute menuju tempat wisata yang kita tuju. Tentukan rute berkendara teraman bagi anda dan teman seperjalanan, perhatikan juga jarak tempuh antara SPBU, ada tidaknya bengkel, tempat peristirahatan sementara atau mesin ATM di sepanjang perjalanan. Upayakan untuk tidak berkendara di jalan-jalan yang sepi terutama di waktu malam hari.

4. Memperkirakan Waktu Perjalanan

Melakukan traveling dengan motor selain mengetahui rute perjalanan teraman, juga harus memperkirakan waktu perjalanan. Dengan memperkirakan waktu perjalanan, kita juga akan bisa memperkirakan kapan harus beristirahat setelah berkendara jauh dan kapan harus melanjutkan perjalanan kembali. Hindari berkendara di malam hari, karena selain gelap jarak pandang kita lebih terbatas, sehingga sangat rawan bagi pengendara sepeda motor. Dan ada baiknya beristirahat ketika siang hari yang terik, karena panasnya aspal dan matahari bisa mengganggu konsentrasi dalam berkendara.

5. Hindari Membawa Banyak Barang

Agar berkendara dengan sepeda motor bisa lebih aman dan nyaman hindari untuk membawa barang bawaan yang berlebihan. Usahakan membawa barang yang memang diperlukan saja dan jumlahnya tidak berlebihan agar tidak menyulitkan anda selama perjalanan. Atau kalau memang barang tersebut benar-benar diperlukan anda bisa mengirimkannya dengan jasa pengiriman barang yang saat ini sangat banyak ditemukan

6. Pergi Dengan Teman Yang Bisa Mengendarai Motor

Bila anda memutuskan traveling menggunakan sepeda motor, usahakan untuk mengajak teman seperjalanan yang juga bisa mengendarai motor. Karena hal ini akan sangat berguna bila anda sedang lelah setelah berkendara jauh, dia bisa menggantikan anda membawa motor untuk melanjutkan perjalanan  dan berkendara menuju tempat yang ada tuju.

Menggunakan apapun sarana transportasi untuk mencapai tempat wisata yang kita inginkan bisa kita lakukan selama kita merasa aman dan nyaman menjalankannya, tetap berhati-hati dan selalu waspada. Wisesatravel Sahabat Perjalanan Anda.

2 Responses to "Tips Traveling Dengan Sepeda Motor"

  1. sangat inspiratif dan bermanfaat informasinya. hal sepele namun sangat berperan penting bagi pemahaman kita yang akan menjadi bikepcking-an......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Traveling dengan menggunakan motor memang menjadi moment yang mengasyikkan, asalkan kita benar-benar paham segala kelebihan dan kekurangannya. Terima telah berkunjung ke website kami, sukses selalu buat website Tempat Wisata Di Bandung

      Hapus